tag-loc
Download mySF app and get more of the WOW prizes!
DOWNLOAD

5 Cara Dapatkan Uang dari Livestream Gaming

Bermain game sekarang ini bukan sekadar sebuah hobi untuk menghilangkan penat belaka. Tren live streaming dari bermain game yang berlangsung beberapa tahun terakhir nyatanya bisa menghasilkan uang tambahan. Kapan lagi bisa melakukan hobi gaming sekaligus mendapatkan uang?

Nah, tertarik untuk mencobanya? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Cara Mendapatkan Uang Tambahan dari Live Streaming Game

Dalam beberapa tahun terakhir banyak bermunculan platform streaming yang bisa dimanfaatkan orang-orang untuk menyiarkan game streaming. Mulai dari YouTube, Twitch, Facebook Gaming, Mixer, dan yang lainnya. Selain berbagi keseruan bermain game, para influencer gaming di seluruh dunia juga melakukan monetisasi lewat live stream yang mereka lakukan.

Berikut ini adalah cara yang dilakukan para influencer gaming di luar sana untuk menghasilkan uang dari hobi bermain game mereka.

1. Tips Donasi

Donasi adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi jika kamu sudah memiliki penonton yang loyal dan bisa berinteraksi dengan baik. Percaya atau tidak, banyak penonton yang rela untuk berdonasi agar para influencer gaming ini tetap melakukan live stream. Donasi menjadi salah satu bentuk dukungan nyata dari para penonton.

Beberapa platform live stream bahkan punya fitur tersendiri untuk kegiatan donasi ini. YouTube memiliki fitur Super Chat yang bisa memuat chat dari penonton tampil di bagian atas kolom agar bisa lebih terlihat. Facebook punya fitur Stars yang memungkinkan penonton untuk memberikan Stars kepada influencer yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang.

2. Biaya Berlangganan

Jika penghasilan dari donasi hanya datang saat live stream, ada juga revenue stream yang bisa kamu dapatkan secara rutin lewat biaya berlangganan. Bagi beberapa orang, menonton orang bermain game itu sudah seperti hiburan tersendiri. Oleh karena itu, beberapa platform streaming akhirnya menyediakan fitur berlangganan.

Namun, jika ingin mengaktifkan fitur ini, channel gaming tersebut harus memenuhi kualifikasi atau sudah menjadi rekanan dari platform. YouTube, Twitch, Facebook Gaming, dan Mixer telah memiliki fitur ini dan masing-masing punya persyaratan yang kurang lebih mirip.

Dengan fitur ini, influencer gaming bisa membuat konten khusus yang hanya bisa dinikmati oleh para pelanggan. Hal ini nyatanya menjadi cara yang cukup jitu bagi influencer gaming untuk menarik para penonton setianya untuk berlangganan.

3. Iklan

Sudah bukan rahasia lagi jika pendapatan melalui iklan adalah salah satu backbone dari para content creator di luar sana. Begitu juga halnya dengan para influencer gaming. Namun, tidak semua platform punya fitur iklan di dalamnya. Sebut saja Dlive atau Mixer yang memang tidak dilengkapi dengan fitur iklan.

YouTube, Facebook Live, dan Twitch memiliki fitur iklan yang bervariasi di dalamnya. Mulai dari pre-roll, mid-roll, sampai in-stream ads. Bagi para penonton mungkin kehadiran iklan ini akan sedikit mengganggu. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan tersendiri tentang bagaimana iklan bisa masuk di dalam live stream tanpa harus mengganggu kenyamanan penonton.

4. Donasi melalui Pihak Ketiga

Selain menggunakan tipe donasi yang telah disediakan platform streaming, ada pula cara donasi yang menggunakan jasa pihak ketiga. Hal ini biasa dilakukan oleh mereka yang tidak tertarik untuk bergabung menjadi rekanan dari platform. Hal ini juga dilakukan agar para content creator ini bisa dengan bebas memilih medium untuk live stream dan tidak bergantung pada satu platform saja.

Saat ini sudah tersedia banyak pilihan platform donasi yang menggunakan jasa pihak ketiga. Misalnya Streamlabs yang telah terintegrasi dengan YouTube, Twitch, Facebook, dan yang lainnya. Ada juga Saweria yang menggunakan link atau QR Code untuk memudahkan penonton berdonasi mendukung influencer andalan mereka.

5. Kerja Sama dengan Brand atau Sponsor

Terakhir, bagi para content creator yang sudah punya banyak penonton dan berpengaruh kuat, pendapatan terbesar biasanya datang dari kerja sama dengan brand atau sponsor. Contoh paling populer adalah saat Ninja, salah satu influencer gaming, dibayar sekitar 1 juta USD untuk bermain Apex Legends pada tahun 2019.

Bentuk kerja sama dengan brand ini pun bisa bermacam-macam. Mulai dari menyebut nama mereka saat live stream, memperkenalkan produk, sampai mengulas produknya saat bermain game.

Nah, itulah lima cara  untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bermain game. Hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap konsisten membuat konten dan jangan lupa untuk terus berinteraksi dengan penonton. Dua hal itu bisa menjadi trik jitu untuk mendapatkan tingkat engagement tinggi dan penonton yang loyal. Bicara soal loyalitas, jangan lewatkan kesempatan istimewa yang ditawarkan smartfren lewat program khusus konsumennya, Treasure Hunt. Kamu bisa menikmati game petualangan seru dengan hadiah harian yang menarik. Semakin sering kamu top up game dengan pulsa smartfren, semakin besar kesempatan mendapatkan hadiah keren. Cobain yuk!

Other Articles

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty