tag-loc
Download mySF app and get more of the WOW prizes!
DOWNLOAD

5 Tips Agar Mencapai Financial Freedom Sedini Mungkin

Ingin mencapai financial freedom sedini mungkin? Bagaimana caranya? Secara umum, financial freedom atau kebebasan finansial dapat diartikan jika seseorang memiliki cukup tabungan, investasi, dan uang tunai untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkan untuk jangka waktu yang lama. Namun sayangnya, banyak orang yang gagal mencapai financial freedom karena satu dan lain hal. Alih-alih merengkuh kebebasan finansial, mereka justru dibebani dengan bertambahnya utang, besarnya pengeluaran, serta masalah lain yang dapat menghalangi mencapai tujuan mereka. 

Manfaat utama dari financial freedom adalah kamu mampu memenuhi kebutuhan dalam hidup dan tidak perlu bingung secara keuangan. Kamu juga akan tetap mendapatkan penghasilan secara aman meskipun sedang tidak bekerja sekalipun. Manfaat ini akan sangat dirasakan ketika sudah tidak lagi mampu bekerja atau dalam keadaan sakit. Kamu tetap mendapatkan hasil sehingga bisa benar-benar istirahat dan menikmati hidup tanpa terbebani dengan masalah keuangan. 

Sederhananya, ketika kamu mampu mencapai financial freedom maka kamu tidak perlu memaksa diri sendiri untuk bekerja terus menerus. Kamu bisa mengistirahatkan badan dan pensiun kapan saja tanpa harus menunggu tua. Menariknya lagi, ketika kamu ingin liburan maka tinggal berangkat saja tanpa harus khawatir kehabisan uang. Bahkan saat tidur sekalipun jika sudah memiliki banyak aset produktif, maka kamu akan mendapatkan penghasilan. Manfaat inilah yang menjadi incaran para kaum milenial sehingga mereka berusaha mencari berbagai cara agar mampu mewujudkan mimpi tersebut. Termasuk merubah kebiasaan hidup supaya mampu mengumpulkan banyak aset produktif di usia muda.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan secara disiplin jika kamu ingin segera mencapai kebebasan finansial. Simak tipsnya di bawah ini! 

Tips Mencapai Financial Freedom

financial freedom

Untuk mencapai financial freedom tentunya tidak mudah. Kamu harus bisa mengelola keuangan dengan bijak sejak usia muda. Pendapatan yang kamu terima harus dikelola dengan baik, dan tidak boleh dihabiskan. Uang tersebut harus dialokasikan untuk investasi, menabung, modal usaha, atau lainnya yang bisa menghasilkan uang.

1. Memahami kondisi keuangan saat ini

Hal dasar yang harus dilakukan untuk mencapai financial freedom adalah kamu harus memahami kondisi keuanganmu saat ini. Kenali kondisi keuangan saat ini, apakah pendapatan yang kamu peroleh sudah bisa mencukupi semua kebutuhan atau belum. Jika pendapatanmu masih belum cukup karena biaya hidup yang dikeluarkan terlalu banyak, maka kamu harus melakukan evaluasi atau koreksi. Jika ada pengeluaran yang tidak terlalu penting, maka bisa dihapus supaya tidak terlalu boros, sehingga uangnya bisa digunakan untuk hal lainnya seperti menabung dan investasi.

2. Tentukan tujuan

Setelah kamu melakukan evaluasi pada kondisi keuangan saat ini, langkah selanjutnya adalah kamu perlu untuk membuat tujuan jangka panjang. Kamu sendiri yang harus membuat tujuan keuangan karena tujuan keuangan setiap orang berbeda-beda. Membuat tujuan keuangan ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa membantu memberikan motivasi dan menunjukkan arah ke mana harus melangkah. Jika kamu tidak memiliki tujuan keuangan, pasti kamu akan mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan sehingga financial freedom tidak tercapai.

3. Membuat anggaran

Membuat anggaran rumah tangga bulanan merupakan cara terbaik untuk menjamin bahwa semua tagihan dibayar dan tabungan berjalan sesuai dengan rencana. Cara ini juga merupakan rutinitas yang memperkuat tujuan kamu dan mendukung tekad melawan godaan untuk berbelanja secara berlebihan.

4. Segera lunasi utang

Perlu dipahami, bahwa memiliki banyak utang akan mempersulit kamu dalam mencapai financial freedom. Kondisi ini disebabkan karena pembayaran utang akan dimasukkan ke dalam penghitungan anggaran bulanan atau pengeluaran bulanan. Maka dari itu, pertimbangkan untuk melunasi semua utang yang kamu miliki. Mulailah dari utang dengan bunga yang tertinggi terlebih dahulu. Mulai melunasi utang yang jumlahnya cukup banyak, maka kamu akan menjadi terbantu dalam membentuk pondasi yang kuat. Pondasi yang kuat juga akan membantu kamu untuk membangun kondisi finansial yang lebih baik lagi.

5. Mulai berinvestasi

Seiring berjalannya waktu, nilai uang yang kamu miliki bisa berkurang karena adanya pengaruh dari inflasi. Maka dari itu, salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah dengan mulai berinvestasi. Banyaknya investasi yang dimiliki memungkinkan kamu untuk mencapai financial freedom. Ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa dipilih, mulai dari investasi emas, deposito, saham, obligasi, reksa dana, hingga properti. Tapi sebelum menentukan pilihan, kamu perlu mempelajari masing-masing instrumen investasi tersebut, ya! Tentukan juga kamu akan mengambil instrumen investasi jangka pendek atau jangka panjang.

Baca juga: Efektif! 5 Tips Menabung Ini Cocok untuk Anak Muda

Financial freedom adalah masa depan yang harus kamu capai untuk kehidupan yang lebih sejahtera. Tidak ada kata terlambat, kamu harus mulai mengatur keuangan dari sekarang dengan menabung dan investasi untuk mendapatkan imbal hasil lebih. Mulai dulu dengan mencari informasi sebanyak mungkin dan belajar bagaimana cara investasi yang tepat untuk pemula. Ada banyak sekali tips dan trik seputar investasi yang bisa kamu pelajari secara cuma-cuma di internet. Tapi, pastikan kamu menemukan sumber yang terpercaya, ya!

Tapi ingat, kamu tidak akan leluasa internetan kalau kuota internetmu terbatas. Untuk itu, segera aktifkan paket internet dari Smartfren! Banyak jenis paket internet yang ditawarkan, yang tentunya bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Cek info selengkapnya di sini!

Other Articles

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty