tag-loc
Download mySF app and get more of the WOW prizes!
DOWNLOAD

5 Tips Memilih Provider Internet yang Cepat dan Murah

provider internet

Hampir semua sektor kehidupan, seperti pendidikan, kedokteran, perbankan, apalagi perdagangan yang tidak mungkin bisa beroperasi jika jaringan internet terputus. Bahkan saking besarnya pengaruh internet, kini dapat dikatakan bahwa kebutuhan dasar manusia sudah bukan hanya sandang, pangan, dan papan saja, tapi ditambah “data internet”. Jika dulu sumber daya paling urgent dalam menjalankan bisnis adalah listrik. Lain halnya dengan saat ini, yang perlahan-lahan beralih ke akses internet. Contohnya, suatu lembaga swasta maupun pemerintahan, jika provider internet yang digunakan down, sudah pasti operasionalnya langsung lumpuh.

Nah, salah satu perkara penting yang mesti disikapi dengan baik adalah bagaimana memilih provider internet yang bisa diandalkan? Hal ini sangat penting karena jika semua bisnis maupun segala hal bergantung kepada koneksi internet, urusan memilih provider internet pun bukan lagi urusan sepele. Setuju, kan?

Untuk bisa mendapatkan layanan internet dari provider yang tepat, kamu memang harus rajin-rajin mencari informasi terkait hal tersebut. Biasanya ada banyak sekali sumber informasi yang tersedia di internet mengenai ulasan suatu provider terkait kecepatan dari layanan internet yang diberikan. Supaya lebih mudah, kamu bisa cek beberapa tips memilih provider internet di bawah ini!

Tips Memilih Provider Internet yang Tepat

Berikut ini adalah tips singkat memilih provider internet untuk solusi kebutuhan rumah atau kantor. Perhatikan beberapa faktor berikut ini, ya!

1. Availability (ketersediaan jaringan)

Poin yang pertama, mau sebagus apapun reputasi suatu provider, kalau layanannya tidak ada di tempat kamu, tentu saja kamu tidak bisa berlangganan. Maka dari itu, carilah provider yang memiliki coverage paling luas. Cakupan paling luas ini biasanya mencerminkan pengalaman dan kekuatan finansial perusahan itu. Sebab, membangun jaringan internet di semua titik membutuhkan kemampuan keuangan yang kuat, serta pengalaman after sales yang sudah proven. Jangan memilih provider yang hanya punya coverage kecil, kecuali terpaksa deh!

2. Reliability (keandalan)

Jika jaringan sudah ada, hal penting berikutnya yang juga harus dipertimbangkan adalah keandalan layanannya. Mengingat ini menyangkut hidup-mati sebuah bisnis, maka pilihlah provider yang mampu menyediakan layanan yang andal, yang stabil, dan tidak gampang mati. Provider yang baik adalah provider yang memiliki redundant network. Artinya, jika salah satu link internetnya putus, maka masih ada link lain yang bisa digunakan untuk “rerouting“.

3. After Sales (purnajual)

Semua layanan yang baik juga harus menyertakan layanan purnajual. Hal ini bertujuan untuk membantu pelanggan menyelesaikan masalah yang dialaminya selama menggunakan layanan, baik itu masalah pembayaran atau mungkin gangguan. Maka dari itu, carilah provider yang memiliki saluran layanan after sales 24 jam baik via telepon maupun media sosial atau bahkan lewat apps, ya.

4. Price (harga)

Ingat, bukan berarti harus harga yang murah yang menjadi pertimbangan. Namun, lebih ke harga yang “affordable“, yang artinya harga yang tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal, tetapi dengan benefit yang berlimpah. Terkadang, ada provider yang menawarkan biaya terlalu murah, tetapi mengorbankan kualitas. Nah, sebagai pengguna internet, sudah saatnya kamu tidak memasukkan unsur “yang paling murah” sebagai pertimbangan utama.

5. Pertimbangkan untuk menggunakan modem

Jika kamu ingin menggunakan internet di rumah agar bisa disambungkan ke beberapa perangkat, sebaiknya kamu membeli dari provider yang juga menyediakan modem. Dengan begitu, kecepatan yang didapatkan akan lebih baik daripada jika kamu harus melakukan tethering setiap hari. Kemudian, cek juga kualitas modem yang disediakan provider tersebut dan pastikan juga bukan barang murahan. Biasanya, modem dari provider langsung akan dijual sedikit lebih mahal, namun lebih awet digunakan dan menjamin sinyal kencang dalam waktu yang lama.

Baca juga: 5 Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android yang Perlu Dikuasai

Tentunya, memilih provider internet baik untuk kebutuhan bisnis maupun untuk di rumah tidak boleh sembarang pilih. Selain beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti yang telah disebutkan di atas, kamu juga harus menentukan kebutuhan internet harian. Kamu bisa menuliskan daftar aktivitas yang akan kamu lakukan sehari-hari, misalnya bermain game online, online meeting, Streaming Movie, dan lain sebagainya. Semakin berat penggunaan harianmu, maka itu artinya kamu membutuhkan kecepatan internet yang lebih kencang. Selalu pilih provider internet yang menyediakan fitur sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, seperti Smartfren.

Pastikan jaringan internet di rumah kamu lancar dengan mengandalkan layanan dari Smartfren. Dengan dukungan jaringan 4G LTE yang luas dan kuat, berselancar di internet menggunakan layanan internet Smartfren sangatlah memuaskan. Ada banyak sekali pilihan paket internet yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Langsung saja cek informasi selengkapnya, di sini! Bagi kamu yang baru pertama menggunakan Smartfren, kamu bisa membeli kartu perdana Smartfren 4G GSM+ dan kamu akan mendapatkan banyak bonus kuota internet. Penawaran yang sangat menggiurkan, bukan?

Other Articles

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty