tag-loc
Download mySF app and get more of the WOW prizes!
DOWNLOAD

Wajib Eksekusi! 5 Resep Menu Buka Puasa yang Praktis dan Sehat

Pada awal bulan Ramadan, kamu biasanya masih bersemangat untuk menghadirkan variasi menu buka puasa untuk keluarga. Namun, menjelang minggu kedua dan ketiga, bahkan terakhir, biasanya kamu sudah mulai bingung ingin berbuka puasa dengan menu apa karena mulai bosan dan kehabisan ide. Nah, untuk menginspirasi kamu dalam mencari ide menu buka puasa yang menarik, berikut ini ada beberapa rekomendasikan resep menu buka puasa yang sederhana dan praktis untuk dicoba.

Resep Menu Buka Puasa yang Sederhana dan Sehat

menu buka puasa

Bulan Ramadan tidak menjadi alasan untuk melupakan pola hidup sehat, kan. Saat berbuka puasa, kamu dianjurkan untuk menyantap hidangan yang manis terlebih dahulu agar tubuh mendapatkan kalori cukup dan gula darah kembali naik. Setelah itu, barulah bisa menyantap hidangan lain yang lebih bervariasi. Menu yang beragam menjadi solusi tepat agar kamu tidak mudah bosan dengan makanan untuk berbuka.

Berikut ini adalah rekomendasi resep menu buka puasa yang sederhana dan mudah disajikan.

1. Jus buah

Seruan “berbukalah dengan yang manis” memang ada benarnya jika dikaitkan dengan kondisi fisik ketika berpuasa.  Rasa manis akan memberikan asupan kalori yang mencukupi saat berbuka puasa. Supaya pola hidup sehat selama Ramadan tetap berjalan dengan baik, maka pilihlah menu berbuka dengan rasa manis yang menyehatkan.

Kamu bisa membuat jus dari beraneka macam buah tanpa tambahan gula. Supaya tidak bosan, kamu juga bisa mengombinasikan dua sampai tiga macam buah sekaligus saat mengonsumsinya saat berbuka. 

2. Aneka omelet

Telur menjadi makanan yang lezat untuk dinikmati saat berbuka puasa. Alih-alih membuatnya sebagai telur dadar saja, cobalah untuk membuat olahan telur lainnya berupa omelet. Menariknya, omelet ini bisa disajikan sebagai menu ringan atau lauk dengan nasi saat buka puasa, lho. Keunggulan lainnya dari omelet ini adalah kamu bisa mengganti isiannya supaya tidak mudah bosan. Kamu bisa mengisinya dengan aneka sayuran, jamur, daging cincang, sosis, daging asap, hingga tambahan beberapa potongan keju.

Cara membuatnya sangat praktis dan cepat. Kamu hanya membutuhkan wajan anti lengket berukuran besar, spatula, dan minyak goreng. Sisanya tinggal bergantung pada kreativitas kamu dalam mengolah omeletnya. Berani bereksplorasi dengan menu omelet ini?

3. Roti panggang

Santapan yang biasanya menjadi sajian sarapan ini juga cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa. Selain praktis, kamu juga bisa mengatur isiannya agar sesuai dengan nilai gizi yang diinginkan. Kamu tentu tidak mau pola hidup sehat selama Ramadan jadi terganggu, bukan? Dengan roti panggang ini, kamu bisa membuat hidangan yang manis ataupun savory. Kalau sedang ingin menikmati rasa manis, maka kamu bisa menambahkan meses cokelat, selai buah, atau hanya menambahkan gula dan mentega saja. Sedangkan jika ingin merasakan yang gurih, kamu bisa membuat grilled cheese dengan tambahan daging asap dan irisan jamur di dalamnya. Semuanya bisa jadi pilihanmu jika ingin menikmati resep menu buka puasa yang sederhana selama Ramadan.

4. Aneka salad

Menu berbuka biasanya identik dengan yang sajian gorengan. Nah, untuk menyeimbangkannya kamu bisa memasukkan aneka salad di dalam menu berbuka puasa. Cobalah untuk membuat bermacam-macam menu tersebut, mulai dari salad sayur, salad buah atau bahkan kombinasi dari keduanya. Aneka sayuran dan buah tentu bisa mendukung pola hidup sehatmu selama Ramadan. Salad tentunya akan lebih nikmat dengan paduan dressing favorit. Kamu bisa memilih saus wijen, thousand island, mayo, madu dan yang lainnya untuk paduan dressing-nya. 

5. Gado-gado campur

Jika salad adalah menu internasional, maka gado-gado menjadi sajian lokal berisi aneka sayuran yang sederhana dan praktis untuk dibuat. Perpaduan antara sayuran segar pilihan dan bumbu kacang yang gurih dan pedas pastinya bisa membuat lidah tak berhenti bergoyang saat berbuka puasa. Uniknya, tidak ada standar yang resmi soal sayur seperti apa yang harus ada di dalam gado-gado. Jadi, kamu bisa memasukkan segala macam jenis sayur favorit ke dalam menu ini. Sebagai tambahan lauk, kamu bisa menambahkan telur rebus dan tempe goreng untuk melengkapinya.

Baca juga: Daftar HP Gaming Spek Dewa, Cocok untuk Game Berat

Nah, bagaimana dengan resep menu buka puasa sederhana dan praktis yang ada di atas? Kamu tertarik untuk mencobanya? Bicara soal hal yang praktis namun berdaya maksimal, mau tak mau langsung teringat dengan paket internet dari Smartfren. Bayangkan saja, kamu bisa menikmati kuota internet melimpah, dengan koneksi yang stabil, dan tentunya dengan harga yang relatif murah. Penasaran, kan? Yuk, jangan lewatkan penawaran terbaik dari Smartfren.

Sambil internetan, kamu juga bisa dapat berbagai reward menarik dari Smartfren. Lebih enaknya lagi, hadiahnya bisa kamu pilih sendiri, lho. Langsung saja cek informasi selengkapnya seputar pilihan paket internet Smartfren sekarang!

Other Articles

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty