tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Mengulik Apa Saja Faktor yang Bisa Mempengaruhi Kecepatan Internet

Apa sih yang dimaksud dengan kecepatan internet? Kecepatan akses internet merupakan kecepatan dalam mengirim data saat menggunakan jaringan internet. Kecepatan akses yang dimaksud merupakan banyaknya bit data dari satu komputer ke komputer lain yang dipindahkan. Satuannya adalah Bit Per Second atau bps. Itu artinya, kecepatan akses dihitung setiap detik saat data atau file dipindahkan dari server ke komputer atau sebaliknya. Kecepatan akses juga dapat dihitung dari jumlah data yang dikirimkan dalam satuan waktu atau detik. Misalnya, kalau kamu mengirimkan data sebesar 1 kb per detik, maka sama saja kamu telah mengirimkan data sebesar 1000 byte. Karena 1 byte sama dengan 8 bit, maka data yang dikirimkan tersebut sama dengan sebesar 8000 bit atau bisa ditulis dengan 8 kbps (kilo bit per second). Kemudian, kecepatan akses internet yang lebih besar bisa menggunakan satuan Mbps (megabit per second) yang berarti 1000 kbps.

Tahukah kamu, bahwa kecepatan akses itu terbagi menjadi dua yaitu upstream dan downstream. Lantas, apa perbedaan di antara keduanya? Kecepatan akses upstream adalah kecepatan dalam mengirimkan data dari komputer ke server. Sedangkan kecepatan downstream adalah kecepatan dalam mengambil data dari server ke komputer. Saat kamu melakukan browsing, kamu pasti masuk ke menu search engine atau sebagainya. Nah, kegiatan tersebut termasuk kecepatan downstream internet.

Tapi kenyataannya, kecepatan internet tidak selalu stabil. Terkadang cepat, tapi dalam situasi tertentu juga kadang menjadi lambat. Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi kecepatan internet? 

1. Perangkat Komputer

Komputer tentunya sangat berperan dalam cepat atau tidaknya akses internet yang didapat, karena di dalamnya terdapat perangkat keras yang mempengaruhi. Di antaranya adalah RAM, prosesor, dan harddisk yang berperan pada proses kerja komputer. Jika salah satunya saja memiliki kecepatan rendah, maka kecepatan akses pada internet juga akan menjadi rendah.

2. Modem

Salah satu faktor utama yang bisa mempengaruhi kecepatan akses pada internet adalah modem. Kecepatan modem biasanya bervariasi, tapi yang paling banyak digunakan adalah yang berkecepatan 56 Kbps. Perlu diketahui, bahwa semakin cepat kecepatan modem tersebut, maka akan semakin cepat pula kecepatan akses yang didapat.

3. Besar Bandwidth

Bandwidth adalah luas cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi, yang biasanya diukur dengan satuan Hertz. Semakin besar bandwidth yang disediakan oleh ISP, maka kecepatan internet juga akan menjadi semakin cepat.

4. Jaringan Komunikasi yang Digunakan

Dalam mengakses internet, ada beberapa layanan yang tersedia, seperti satelit, GPRS, CDMA, dan line telephone. Masing-masing layanan tersebut menawarkan kecepatan yang beragam. Kecepatan yang terendah adalah menggunakan line telephone.

5. Jumlah Pengguna yang Mengakses Internet secara Bersamaan

Faktor lain yang dapat mempengaruhi kecepatan internet adalah jumlah pengguna yang mengakses internet dalam waktu yang bersamaan. Biasanya, penurunan kecepatan tersebut terjadi pada jam-jam tertentu, yaitu dalam rentang waktu antara pukul 08.00-15.00 WIB. Pasalnya jam-jam tersebut merupakan jam tersibuk. Jadi, jika tidak mendesak, kamu bisa menunda untuk mengakses internet setelah jam tersebut. Dijamin, kecepatannya akan jauh lebih cepat, dan berselancar di dunia maya akan semakin menyenangkan.

6. Kondisi Website

Faktor yang mempengaruhi kecepatan internet berikutnya adalah website yang dituju. Mungkin kamu pernah mengunjungi sebuah situs yang loading-nya sangat lama, dan kamu berpikir bahwa akses internet dalam perangkat kamu sangat lambat. Padahal ini bisa saja terjadi karena pengunjung website yang sedang dituju sedang dipenuhi pengunjung. Hal ini dapat menyebabkan pembatasan kecepatan maksimum yang boleh diakses oleh pengguna. Tujuannya adalah untuk mengurangi beban kerja hardware server dan beberapa alasan non teknis lainnya.

7. Lokasi

Lokasi di mana kamu berada juga bisa mempengaruhi kecepatan akses internet, lho. Pasalnya, ada beberapa tempat yang support dengan akses internet 3G dan belum support dengan akses internet 4G. Dan ada juga yang sebaliknya. Bahkan di daerah tertentu ada yang hanya support satu jenis kartu telepon saja, sementara untuk kartu telepon yang lainnya sinyalnya bertanda x yang artinya tidak ditemukan sinyal di sana. Jika sinyal di lokasi yang kamu tempati sekarang jarang putus, berarti sinyal kamu masih bagus dan kuat.

8. Penggunaan Aplikasi

Banyak aplikasi browser yang dapat digunakan untuk mengakses internet, seperti Mozilla Firefox, Chrome, Opera, dan lain sebagainya. Biasanya browser lama yang belum di update akan mempengaruhi kecepatan internet. Maka dari itu, silahkan update browser ke versi terbaru supaya akses internet lebih cepat.

9. Cache yang menumpuk

Jangan lupa untuk membersihkan cache atau riwayat dalam kunjungan situs di internet. File sampah yang terus menerus terpendam akan membebani kerja jaringan internet yang membuat koneksi internetmu semakin lambat.

Baca juga: 4 Cara Mudah Cek Masa Aktif dan Kuota Smartfren

Itulah cara cek kecepatan internet yang bisa dipraktekkan dengan mudah. Memiliki jaringan internet yang cepat di rumah memang sangat dibutuhkan untuk mendukung segala macam aktivitas. Nah, salah satu layanan internet yang bisa diandalkan adalah Smartfren. Kamu bisa pilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan. Cek pilihan paket internet Smartfren di sini!

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty