tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Kalau Ingin Jadi Penulis Nyentrik, Wajib Tahu Tips Menulis Kreatif Ini!

Di antara banyaknya tips menulis kreatif yang ada, sebenarnya jam terbang dan latihan lah yang paling penting. Pasalnya, menjadi penulis nyentrik tidak hanya sekali menulis lantas langsung bisa menyajikan tulisan yang kreatif dan menarik. Menulis kreatif dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan menulis yang melampaui aturan baku kepenulisan. Meskipun kesannya bebas, tapi tetap saja secara teknis kamu harus berada di jalur yang benar, yaitu ejaan yang tepat serta diksi yang tidak rancu. 

Contoh tulisan kreatif di antaranya adalah cerpen, puisi, naskah drama, novel, lirik lagu, artikel populer, dan lain sebagainya. Jika dilihat dari deretan contoh tulisan kreatif tersebut, menulis kreatif lebih dekat pada wilayah sastra dan fiksi. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan karya nonfiksi juga bisa dikategorikan sebagai karya tulis kreatif, lho

Dalam tips menulis kreatif, salah cara untuk menjadi penulis nyentrik itu syaratnya adalah memiliki ide original. Keoriginalan inilah yang akan menjadi indikasi bahwa pesan tulisan yang akan disampaikan juga berbeda. Tips menulis kreatif yang tidak kalah penting adalah kemampuan dalam memilih bahasa. Penggunaan bahasa dalam tulisan dapat disesuaikan berdasarkan kepentingan dan keperluan. Supaya informasinya tidak setengah-setengah, mari kita bahas tips menulis kreatif satu per satu. Simak artikel ini sampai habis, ya

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

tips menulis kreatif

Salah satu tips menulis kreatif yang utama adalah menjadi pembaca kreatif dan melakukan riset tulisan. Tak dipungkiri, membaca bisa menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh penulis kreatif. Membaca akan menjadi kunci utama penulis untuk menghasilkan tulisan yang kreatif. Ciri pembaca kreatif di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mampu membuat ringkasan, kerangka bacaan, resensi, dan lainnya dari hasil bacaan.
  • Mampu menganalisis bacaan dan menerapkan hasil bacaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan membaca, kamu juga akan melakukan proses riset sebagai salah satu proses pengamatan yang dilakukan dengan tekun dan sistematis. Riset tulisan ini bertujuan untuk melihat gambaran secara nyata sebelum memulai menulis cerita fiksi maupun non fiksi. Meskipun menulis kreatif banyak menekankan imajinasi di dalamnya, namun penulis tetap membutuhkan riset. Riset ini akan sangat berguna untuk memberikan referensi dan secara tidak langsung akan membantu penulis menentukan dan mengembangkan ide. 

Berpikir Kreatif, Gali Ide yang Mendalam

Tips menulis kreatif selanjutnya adalah berpikir kreatif. Ide merupakan gagasan yang dihasilkan dari sebuah pemikiran, pengalaman, atau pengamatan penulis. Jika sebagai penulis kamu kekurangan ide untuk membuat tulisan, maka cari inspirasi lainnya dengan banyak mengumpulkan segala bacaan sebagai referensi. Selain itu, inspirasi juga bisa didapatkan ketika melakukan hal yang menyenangkan. Misalnya jalan-jalan, pergi liburan, mengikuti acara komunitas, menghadiri konser, atau lainnya yang bisa membangun imajinasi.

Buat Judul Menarik yang Clickbait

tips menulis kreatif

Judul merupakan rangkaian kata yang dipakai untuk melabeli suatu tulisan. Judul ini bisa merepresentasikan apa yang ada di dalam tulisan. Selain itu, judul juga termasuk kunci dari sebuah karya sastra, seperti cerita, drama, novel ataupun jenis tulisan lainnya. Jangan sesekali menyepelekan judul tulisanmu, ya! Pasalnya, peran judul menjadi sangat penting dalam proses menulis kreatif. Sebagai penulis, kamu harus bisa menentukan atau memilih judul yang menarik untuk memancing pembaca sejak awal melihat judulnya.

Pakai Gaya Bahasa Perumpamaan

Perumpamaan atau metafora merupakan pemakaian kata atau kelompok kata yang bukan arti sebenarnya. Gaya bahasa metafora ini digunakan dengan melihat persamaan atau perbandingan dari kata yang sebelumnya akan digunakan. Metafora ini bisa menjadi cara terbaik untuk mulai menulis kreatif, lho. Namun perlu diingat, hindari penggunaan gaya bahasa metafora yang berlebihan karena malah akan terkesan klise.

Jangan Lupa Koreksi Tulisan! 

Setelah selesai menulis, pastikan kamu melakukan pemeriksaan dan membaca ulang tulisanmu. Lihatlah, apakah sudah tepat alur, sudut pandang, dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk mengganti dan membuang kata atau kalimat yang sekiranya kurang tepat. Pasalnya, tulisan kreatif yang baik adalah tulisan yang setelah selesai dibuat draft pertama, dibaca berulang-ulang, lalu diperbaiki hingga menghasilkan tulisan yang sempurna. Jadi, pastikan kamu mengoreksi tulisan sebelum sampai ke tangan pembaya, ya!

Baca juga: 7 Tips Kerja di Perusahaan Startup

Perlu diingat, bahwa beberapa bentuk karya tulis memang hanya membutuhkan teknik penulisan dasar. Tapi, beberapa karya sastra lainnya juga membutuhkan keahlian menulis kreatif. Menulis kreatif bukanlah hal yang mudah, berbeda dengan teknik penulisan dasar. Jika kamu seorang penulis pemula, semoga tips menulis kreatif yang telah disebutkan di atas bisa membantu, ya

Jika semangat menulis sudah menggebu-gebu, jangan lupa dukung dengan pemilihan layanan internet yang tepat, seperti Smartfren. Pilihan paket internet Smartfren sangat beragam yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Banyak pilihan paket internet non-stop dan jumlah kuotanya melimpah. Cara mengaktifkannya pun juga sangat mudah. Langsung saja ketik *123# lalu tekan ikon call. Coba sekarang deh

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty