tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Jaringan Internet: Pengertian, Fungsi, hingga Perkembangannya

Bisa dibilang bahwa manusia saat ini tidak bisa lepas dari internet. Internet memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, yang berguna untuk mempermudah dalam berkomunikasi, mencari sebuah informasi, dan masih banyak lainnya. Dapat dilihat, bahwa hampir semua aspek pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari telah mengandalkan internet. Dan sudah bukan trik rahasia lagi untuk mencari segala solusi dan jawaban di internet. Ketika kamu mencari resep makanan, mencari berita, bahkan ketika memesan barang ataupun produk tertentu, internet selalu dapat diandalkan. Tidak jarang pula, teknologi canggih yang satu ini memisahkan seseorang dengan orang-orang lain di sekitarnya. Sebagai pengguna internet, sudahkan kamu mengetahui tentang jaringan internet? 

Apa itu Jaringan Internet?

Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia. Singkatan dari Interconnected Network ini memungkinkan kamu untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja. Selain itu, ada juga yang mendefinisikan internet sebagai International Network, di mana semua tipe dan jenis komputer yang ada di seluruh dunia bisa terhubung dengan memakai tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lain sebagainya. Bisa dikatakan, internet merupakan konsep jaringan yang sangat luas dan bisa digunakan secara internasional. Selain itu, internet juga melibatkan berbagai jenis komputer dan topologi jaringan yang berbeda-beda. 

Untuk mengatur dan mengintegrasi serta mengkomunikasikan jaringan, adalah dengan menggunakan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP) yang merupakan protokol pertukaran paket (Switching Communication Protocol) yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah jaringan internet (internetworking) berarti cara atau prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya.

Apa Fungsi Internet?

Pada dasarnya, jaringan internet memiliki beberapa fungsi penting yang sangat dibutuhkan oleh manusia, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai media komunikasi

Salah satu bukti begitu masifnya penggunaan internet sebagai media komunikasi adalah munculnya berbagai situs media sosial, aplikasi chatting, dan lainnya yang bisa semakin memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi.

2. Sebagai media untuk akses informasi

Era internet bisa dikatakan juga dengan era keterbukaan, yang artinya kehadiran internet akan membuat orang-orang lebih mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. Bisa dikatakan apapun informasi yang ingin dicari, maka bisa dengan mudah didapatkan melalui jaringan internet.

3. Sebagai media bertukar sumber daya

Ada banyak sekali orang yang ingin berbagi sumber daya ataupun data pada orang lain di seluruh dunia. Dan hal semacam ini bisa dengan mudah dilakukan melalui internet. Beberapa data atau sumber daya yang sering dibagikan di internet di antaranya adalah jurnal, karya tulis, makalah, video, foto, desain, dan lain sebagainya.

4. Sebagai media untuk akses berita

Dengan semakin banyaknya situs berita online ataupun media online, tentunya berbagai peristiwa terbaru bisa dengan mudah diketahui.

Bagaimana Sejarah Perkembangan Internet?

Tahukah kamu, bahwa internet pertama kali muncul pada tahun 1969 dengan bentuk sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA? ARPA (Advanced Research Projects Agency) membangun jaringan internet pertama kali yang kemudian diberi nama ARPANET. ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya jaringan internet yang dikenal saat ini.

Kemudian di tahun 1980-an, barulah internet mulai digunakan oleh kalangan terbatas dan menjalankan fungsinya dengan menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat. Protokol standar dari TCP/IP mulai dipublikasikan ke publik di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai digunakan di tahun 1984. Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan pada tahun 1986. NSFNET inilah yang mulai menggantikan peran ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional pada banyak negara pun akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET tersebut.

ARPANET memang telah diturunkan pada tahun 1990, namun internet hasil pengembangannya itu sendiri tetap berkembang terus-menerus hingga sekarang ini. Jika dulu, informasi yang dapat dimiliki lewat internet hanya informasi yang berbasis teks. Pada tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yang dikenal sebagai WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan lagi oleh CERN. Kemudian di tahun 1993, InterNIC didirikan agar bisa melayani pendaftaran nama domain dari publik. Lalu sekitar tahun 1994, internet masuk ke Indonesia. Pada waktu itu, jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan nama Paguyuban Network.

Bagaimana Internet di Masa Depan?

Banyak yang memprediksi jika kebutuhan terhadap internet di masa depan akan satu level dengan kebutuhan terhadap listrik. Internet akan semakin mudah diakses oleh siapa saja, tidak memerlukan banyak perangkat, serta keberadaannya sangat vital. Selain itu, di masa depan diprediksi juga jika berbagai alat telekomunikasi mulai menggunakan internet sebagai sarana. 

Baca juga: Daftar Kuota Entertainment Smartfren Beserta Fasilitas Menariknya

Smartfren selalu menghadirkan pilihan paket internet yang sangat menarik untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan. Ada banyak sekali paket yang ditawarkan oleh Smartfren yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan!

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty