tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

5 Cara Membuat Website Gratis yang Mudah Dipraktekkan Pemula

Mungkin saat ini kamu sedang bertanya-tanya, apakah ada cara membuat website gratis yang mudah dipraktekkan untuk pemula? Jawabannya adalah, bisa! Sekarang ini sudah ada teknologi yang dinamakan CMS (Content Management System). Dengan CMS ini, maka semua orang dapat mempraktekkan cara membuat website gratis dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa cara membuat website gratis untuk pemula yang bisa disimak satu per satu.

Apa itu CMS?

Content Management System atau CMS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan, memanipulasi, dan mengubah isi dari suatu situs website. Kamu tidak perlu repot untuk memikirkan bagaimana suatu website dibuat, atau bagaimana kode-kode pemrograman dapat dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah website. Tapi, yang harus kamu pikirkan hanyalah konten dari website. Misalnya, kamu ingin membuat website pribadi, maka kamu harus memikirkan website apa yang ingin dibuat, menu yang ada, serta beberapa gambar yang harus ditampilkan. Begitu halnya dengan membuat toko online, maka cobalah pikirkan barang apa yang ingin dijual, harga produk, tampilan produk, metode pembayaran, cara kirim barang, spesifikasi produk, dan seterusnya. Intinya, kekuatan website ada di dalam konten. Untuk membuat website gratis ada berbagai cara. Ulasan selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

Cara Membuat Website Gratis

cara membuat website gratis

1. Tentukan website yang ingin dibuat

Cara membuat website gratis yang pertama adalah menentukan website yang ingin dibuat. Apakah website pribadi, perusahaan, toko online, atau portfolio. Website pribadi adalah website yang digunakan untuk personal atau individual, di mana website jenis ini biasanya berupa blog yang bertema cerita pribadi, pengalaman dan pengetahuan penulis. Kalau website perusahaan adalah sistem informasi perusahaan kepada pelanggan atau client untuk mengetahui produk atau layanan pada suatu perusahaan tertentu. Website perusahaan ini biasanya memiliki sistem tersendiri untuk karyawan, jadi hanya karyawan yang bisa masuk ke dalam sistem tersebut.

Lalu ada website toko online, yang merupakan website yang digunakan oleh penjual produk atau jasa untuk memasarkan produk atau jasanya dengan media website. Saat ini sudah ada banyak orang yang beralih dari berjualan offline menjadi jualan online. Selain bisa menjual produk melalui marketplace, pemilik bisnis juga bisa melakukan pemasaran lebih mudah dengan menggunakan media website untuk memperbanyak pembeli. Sedangkan website portfolio biasanya dipakai oleh para freelancer yang memiliki skill atau kemampuan dalam suatu bidang untuk menampilkan hasil karyanya. Banyak sekali jenis-jenis freelance yang menggunakan website gratis untuk menampilkan hasil karyanya, di antaranya seperti desain web, programer, type desainer, grafik designer, dan masih banyak lagi.

2. Pilih CMS yang tepat

Perlu diketahui, bahwa ada ratusan CMS yang dapat kamu pilih. Agar lebih jelas, kamu bisa masuk ke cPanel Hosting, kemudian lihat di bagian Softaculous Apps Installer. Di sana ada banyak sekali CMS yang dapat digunakan baik untuk kepentingan blog, toko online, ecommerce, website elearning, bahkan website diskusi. 

Salah satu CMS yang terkenal untuk membuat blog dan website adalah WordPress. Kamu bisa membuat website gratis menggunakan WordPress ini. Sedangkan untuk toko online, salah satu CMS yang terkenal adalah Prestashop. Untuk keduanya, cara buat website gratis sangat mudah kok

Cara buat website gratis berbasis WordPress

WordPress adalah CMS yang sudah berupa website. Untuk itu, kamu tidak perlu membuat website dari awal dan tidak perlu mengerti bahasa pemrograman website. Dari segi pengelolaan juga terbilang sangat mudah, kamu bisa melakukan kustomisasi tema sesuai keinginan. Ada banyak sekali tema yang bisa dipilih dari mulai berbayar hingga gratis. Sedangkan dari segi security, kamu juga tidak perlu repot karena Tim WordPress yang mengurus semuanya. Dan, dengan WordPress kamu bisa membuat website gratis.

Bagi kamu yang ingin menjatuhkan pilihan pada WordPress, ada banyak cara membuat website gratis. Kamu bisa instalasi manual, menggunakan Softaculous Apps Installer, serta menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia.

  • Buka cPanel
  • Instalasi CMS WordPress melalui Softaculous Apps Installer.
  • Pilih domain yang ingin di install wordpress, lalu masukan username dan password website kamu.
  • Pilih email yang akan didaftarkan untuk notifikasi, lalu pilih bahasa website kamu.
  • Klik centang jika ingin memakai classic editor, lalu klik Install .
  • Website kamu sudah jadi, dan tinggal mengatur tampilan saja.

3. Ganti tema dan pasang plugin WordPress

Setelah berhasil membuat website dengan WordPress, tips selanjutnya adalah mempercantik tampilan website. Segala kemudahan telah ditawarkan oleh WordPress, kamu dapat mempercantik tampilan dengan beberapa tema dan plugin yang ada. Silakan pilih tema gratis ataupun berbayar sesuai dengan kebutuhan, dan ada juga bermacam-macam plugin yang dapat kamu pilih. Untuk mempermudah kustomisasi tampilan, kamu dapat memasang Elementor Page Builder di WordPress.

4. Pastikan keamanan website

Supaya website WordPress aman, pastikan kamu memasang plugin pilihan seperti All in One WP Security & Firewall ataupun WordFence. Selain itu, DomaiNesia juga sudah dilengkapi dengan Anti-virus dan Anti-Malware untuk menanggulangi peretasan. Untuk mencegah serangan DDOS, kamu juga dapat menggunakan CloudFlare. 

5. Saatnya optimasi website!

Perlu diketahui bahwa website butuh optimasi. Optimasi akan membuat website bisa berjalan lebih optimal, baik dari sisi kecepatan maupun ranking di mesin pencari. Lantas, bagaimana cara melakukan optimasi website?

  • Optimasi kecepatan. Semakin cepat waktu loading website, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk mendapat uang. Untuk menghindari loading lama pada website, kamu perlu melakukan beberapa hal, di antaranya adalah pilih format gambar yang tepat, sesuaikan ukuran gambar, install Litespeed Cache, dan lainnya.
  • Optimasi SEO. Selain belajar cara membuat website gratis, kamu juga perlu tahu cara melakukan optimasi SEO. Pasalnya, optimasi SEO ini dapat memudahkan website kamu dalam mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian. Sehingga ketika seseorang mencari kata kunci berkaitan dengan bisnis kamu, maka website kamu bisa tampil di urutan paling awal. 

Baca juga: Tips Mengakses Facebook Gratis dari Smartfren

Bagaimana, cara membuat website gratis cukup mudah, kan? Itu tadi panduan untuk membuat website gratis dan mudah untuk pemula yang bisa dicoba. Membuat website tentu saja membutuhkan jaringan internet terbaik dengan koneksi yang cepat dan lancar. Kamu bisa percayakan pada layanan Smartfren. Smartfren menawarkan jangkauan full 4G di mana saja. Smartfren, adalah pilihan pas untuk internetan dengan kuota besar kapan pun dan dimana pun.

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty