tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Tidak Ingin Salah Pilih Laptop Gaming, Gunakan 5 Tips Ini!

Sebagian orang mungkin sulit untuk memilih laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya ada banyak sekali pertimbangan yang harus diperhatikan saat memilih laptop gaming. Beragam fitur dan banyaknya jenis komponen kadang membuat bingung ketika memilih laptop ini. Laptop gaming memang menjadi perangkat komputasi idaman sebagian besar orang, karena punya performa yang jauh lebih tinggi dari pada laptop biasa. 

Supaya tidak salah dalam memilih laptop gaming, kamu harus memerhatikan beberapa tips di bawah ini.

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

Berikut ini adalah panduan alias tips membeli laptop gaming terbaik dengan harga terjangkau seperti dilansir dari laman medcom.id. Simak satu per satu, dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

1. Tentukan game yang ingin dimainkan

Perlu dipahami, bahwa setiap game yang dirilis oleh publisher selalu dilengkapi dengan informasi spesifikasi perangkat yang dibutuhkan. Nah, seharusnya kamu bisa membuat daftar game yang ingin dimainkan saat sudah memiliki laptop gaming. Selain itu, kamu mungkin juga ingin mengandalkan laptop gaming untuk pekerjaan desain atau kreasi konten. Jadi, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu spesifikasi yang dibutuhkan oleh software untuk kegiatan tersebut.

2. Fokus pada spesifikasi prosesor dan kartu grafis

Prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU) merupakan dua komponen yang paling penting dalam laptop gaming. Bisa dikatakan, kamu boleh mengabaikan soal desain dan bobot atau bodi ramping. Pasalnya, performa perangkat akan bergantung pada dua komponen tersebut, bukan pada desain. Berbeda dari kapasitas RAM dan storage yang bisa ditambah atau upgrade, prosesor dan kartu grafis sudah melekat langsung dan tidak bisa diganti. Jadi, sebaiknya kamu memilih prosesor atau kartu grafis yang termasuk cukup baru meskipun bukan yang paling tinggi.

Hal ini akan membuat spesifikasi atau performa laptop masih relevan atau kuat untuk jajaran game satu tahun ke depan, bahkan hingga dua tahun yang akan datang meskipun belum tentu akan bermain di kualitas grafis rata kanan (ultra). 

3. Perhatikan spesifikasi layar

Jangan sampai kamu membeli laptop dengan dapur pacu mumpuni, namun spesifikasi layarnya biasa saja. Hal ini cukup berpengaruh terhadap kenyamanan pada saat bermain game, maupun saat mengerjakan desain dan sejenisnya. Kalau kamu fokus menggunakannya untuk bermain game, maka sangat disarankan untuk memilih laptop yang memiliki spesifikasi layar minimal resolusi 1080p (FHD) dan refresh rate minimal 90Hz. Sedangkan di atas spesifikasi tersebut memang lebih bagus, tapi biasanya masuk ke dalam kelas laptop gaming high-end.

Bagi kamu yang membutuhkan laptop gaming untuk pekerjaan konten kreatif, maka kamu bisa mencari layar dengan dukungan fitur grafis seperti PANTONE Validated atau sejenisnya, termasuk AMD FreeSync atau Nvidia G-Sync.

4. Fitur upgrade kapasitas RAM dan storage

Jangan lupa cek terlebih dulu ketersediaan fitur upgrade kapasitas RAM dan storage di laptop gaming yang akan dibeli. Jika dana sangat terbatas, maka kamu bisa memilih RAM 8GB dan selanjutnya bisa membeli komponen RAM tambahan dengan harga yang terjangkau. Hal ini juga berlaku pada kapasitas storage, ya! Ada banyak sekali pilihan storage dengan merek yang menawarkan harga terjangkau tapi kapasitas besar, kok. Jika memungkinkan, kamu bisa memilih yang menggunakan M.2 PCIe NVMe SSD karena performanya jauh lebih kencang dibandingkan SATA SSD maupun HDD.

5. Tidak perlu melihat klaim daya tahan baterai

Laptop gaming memiliki performa yang pasti jauh lebih tinggi dari laptop biasa. Jadi, sebenarnya kamu tidak perlu pusing memikirkan daya tahan baterainya karena performa kencang laptop gaming hanya hadir saat terhubung ke sumber daya listrik. Perlu diketahui, bahwa sebagian besar laptop gaming biasanya memiliki daya tahan baterai paling lama untuk durasi penggunaan selama dua jam atau hampir tiga jam. Jadi, kamu tidak perlu pusing membandingkan klaim daya tahan baterai dari setiap produsen laptop.

Rekomendasi Laptop Gaming Rp10 Jutaan

laptop gaming

Rekomendasi laptop gaming harga Rp10 jutaan memang sering dicari oleh para gamer pemula. Saat ini ada beberapa seri laptop di range harga Rp10 jutaan yang bisa kita bidik. Dari segi spesifikasi juga sudah mencukupi untuk memainkan game dengan lancar. Penasaran?

1. Lenovo Legion Y520

Laptop gaming harga Rp10 jutaan terbaik yang pertama adalah Lenovo Legion Y520. Dari segi spesifikasi, kamu sudah bisa mengandalkan laptop ini untuk bermain game berat dengan lancar. Spesifikasi Lenovo Legion Y520 adalah sebagai berikut:

  • CPU: Intel Core i7-7700HQ (dual-core, 6 MB cache, upto 3,8 GHz)
  • GPU: Nvidia GeForce GTX 1050 Ti (4 GB GDDR5 RAM); Intel HD Graphics 630
  • Layar: 15,6 inch FHD (1920 x 1080) IPS (LED backlit, anti-glare)
  • Storage: 256 GB SSD (M.2 PCIe); 2 TB HDD
  • RAM: 16 GB DDR4 (2400 MHz, PC4-2400, SODIMM)
  • Berat: 2,4 Kg
  • Harga: Rp10 jutaan

2. DELL Inspiron 15-5577-7300HQ

Selanjutnya ada DELL Inspiron 15-5577-7300HQ yang juga hadir dengan layar sedang berukuran 15,6 inci, dan memiliki desain yang terlihat solid namun tidak terlalu menonjol untuk tampilan gaming-nya. Spesifikasi DELL Inspiron 15-5577-7300HQ adalah sebagai berikut:

  • CPU: Intel Core i5 7300HQ 2,8 Ghz upto 3,8 Ghz
  • GPU: NVidia GTX1050M 4GB
  • Layar: 15.6 inch FHD
  • Storage: 1 TB HDD
  • RAM: 8 GB DDR4 RAM
  • Berat: 2,56 Kg
  • Harga: Rp10 jutaan

3. HP Pavilion 15 Core i5-8300HQ

HP Pavilion 15 Core i5-8300HQ juga menjadi salah satu laptop gaming Rp10 jutaan yang direkomendasikan. Laptop dari HP ini hadir dengan tampilan yang cukup unik dengan adanya backlit berwarna hijau menyala pada keyboard-nya. Secara keseluruhan desain laptop ini cukup ramping dan tipis namun tetap terlihat kokoh. Spesifikasi HP Pavilion 15 Core i5-8300HQ adalah sebagai berikut:

  • CPU: Intel Core i5-8300H (2,3 GHz upto 4,0 GHz, 8 MB cache, 4 cores)
  • GPU: NVIDIA GeForce GTX 1050 (4 GB GDDR5 dedicated)
  • Layar: 15,6 inch diagonal FHD SVA anti-glare micro-edge WLED-backlit (1920 x 1080)
  • Storage: 1 TB 5400 rpm SATA + 16GB INTEL OPTANE
  • RAM: 8 GB DDR4-2400 SDRAM (1 x 8 GB)
  • Berat: 2,2 Kg
  • Harga: Rp10 jutaan

Baca juga: Selain Kualitas, 8 Tips Memilih Laptop Gaming Ini Juga Penting

Kalau sudah menentukan pilihan akan membeli laptop gaming yang mana, selanjutnya kamu perlu memilih layanan internet yang paling tepat. Tak perlu bingung, sudah pasti Smartfren solusinya. Main game online tidak akan terhambat dengan mengandalkan Smartfren. Buktikan saja!

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty