tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Efektif! 5 Tips Menabung Ini Cocok untuk Anak Muda

Supaya hasil kerja setiap bulan tidak habis begitu saja, kamu perlu pandai-pandai dalam menyisihkan pendapatan untuk ditabung. Tapi, membiasakan diri agar mampu disiplin untuk menabung secara rutin, tidak semudah membalik telapak tangan. Kenyataannya, ada banyak yang gagal menjalankan kebiasaan keuangan yang baik ini, khususnya para anak muda yang cenderung masih suka foya-foya. Untuk memudahkan, kamu harus tahu tips menabung yang tepat!

Memangnya, kenapa sih kita perlu menabung? Karena menabung itu banyak manfaatnya. Menabung pada dasarnya adalah menyisihkan sebagian pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan yang ada di masa depan, baik kebutuhan yang tak terduga maupun yang terduga. Memiliki tabungan juga akan menempatkanmu selangkah lebih maju ke zona aman finansial.

Lantas, bagaimana tips menabung yang efektif untuk anak muda? Langsung saja cek ulasan selengkapnya di bawah ini sampai habis. 

Tips Menabung untuk Anak Muda

tips menabung

1. Tambah pemasukan, kurangi pengeluaran

Tips menabung yang pertama adalah, coba dimulai dari membiasakan diri untuk menambah pemasukan dan meredam angka pengeluaran. Sekarang ini, apalagi dengan dukungan teknologi informasi yang cepat sekali perkembangannya, kamu bisa lho memanfaatkan keahlian untuk menciptakan sumber pendapatan sampingan. Jadi, cobalah untuk menjual keahlian kamu sebagai seorang freelancer, baik itu di bidang desain grafis, pemrograman, tulisan hingga terjemahan, digital marketing, atau lainnya.

Ada banyak sekali marketplace yang mempertemukan klien dengan freelance. Jadi jangan ragu untuk mendaftar di marketplace tersebut untuk menemukan klien pertama kamu sekarang! Atau, kamu juga bisa mendapatkan pendapatan sampingan dari iklan di blog. Kamu bisa membuat sebuah blog kemudian isi dengan konten yang menarik agar ramai dikunjungi. Selain itu, kamu juga bisa menulis ebook atau produk digital lainnya kemudian dijual di blog tersebut.

Sementara di sisi lain, kurangi terus pengeluaran kamu. Misalnya jika frekuensi kamu menonton film di bioskop selama ini seminggu sekali, maka sebaiknya dikurangi menjadi sebulan sekali. Atau, kalau biasanya kamu makan siang di resto atau di kafe setiap hari, maka kurangi menjadi dua kali seminggu dan sebagainya. Transportasi juga demikian, cari yang paling murah dan tetap sesuai dengan kamu.

2. Buat skala prioritas dalam mengalokasikan uang

Tips menabung selanjutnya, coba urutkan tujuan penggunaan uang kamu dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya. Karena tujuanmu adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan kamu untuk ditabung. Misalnya, tabungan dan investasi memiliki prioritas yang lebih tinggi daripada kewajiban membayar cicilan dan pengeluaran atas kebutuhan lainnya. Dengan mengikuti skema ini, maka tidak ada lagi alasan untuk tidak menabung atau berinvestasi karena uangnya tidak mencukupi.

3. Investasi sedikit demi sedikit

Kalau sudah ada uang yang bisa ditabung, maka coba sisihkan juga sedikit demi sedikit untuk diinvestasikan. Kenapa perlu diinvestasikan? Perlu diketahui bahwa menabung memang membawa untung karena bisa dijadikan sebagai dana darurat, di mana begitu kamu butuh, kamu bisa menarik uang kapan saja dari tabungan. Selain itu, menabung juga bisa membantu kamu memenuhi setiap kebutuhan sesuai nominalnya. Tapi, jika hanya bergantung pada tabungan saja, maka uang kamu malah berkurang nilainya sedikit demi sedikit. Jadi, kamu perlu mulai investasi sedikit demi sedikit.

Investasi penting karena nilai uang kamu tidak akan berkurang, tapi malah bertambah seiring berjalannya waktu, terutama karena adanya efek compounding. Kalau kamu memiliki cukup uang setiap bulannya, maka sebaiknya tidak perlu ragu untuk berinvestasi setiap bulan. Apalagi sekarang, sudah ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari reksa dana, deposito, hingga saham. Tapi, kamu harus cari tahu info seputar investasi sebanyak mungkin, ya!

4. Hindari menggunakan kartu kredit

Dalam banyak hal, memang harus diakui bahwa kartu kredit itu memudahkan, terutama lebih efisien ketika hendak memenuhi suatu kebutuhan. Hanya saja, jika tujuan kamu benar-benar untuk menabung, maka cobalah untuk menghindari penggunaan kartu kredit. Secara psikologis, uang yang tidak dilihat jumlahnya memang lebih mudah untuk direlakan. Itu artinya, menggunakan kartu kredit karena uangnya secara fisik tidak terlihat cenderung mempengaruhi kamu untuk menjadi lebih boros. Dan pada akhirnya, meningkatkan penggunaan kartu kredit sama artinya dengan menambah jumlah utang dan justru memberatkan tagihan. Yang ada bukannya menambah jumlah tabungan, tapi kamu malah bisa bokek karena tagihan terus membengkak.

5. Hindari berhutang!

Selain utang kartu kredit, sekarang ini akses pinjaman juga ada banyak sekali, apalagi karena internet sudah sangat mudah untuk diakses. Tapi ingat, semakin mudah mengakses pinjaman, itu artinya akan semakin lebar  lubang hutang, apalagi jika hanya digunakan untuk tujuan yang kurang produktif. Misalnya, kamu mengajukan pinjaman cepat untuk membeli gadget terbaru. Gadget tidak bisa dijadikan sebuah aset yang menghasilkan karena tidak secara langsung bisa menghasilkan uang untuk kamu, dan jika dijual nilainya akan terus turun. Nah, bagaimana bisa menabung kalau kamu sendiri menggali lubang hutang semakin dalam dengan mengajukan pinjaman untuk hal-hal yang kurang produktif semacam ini?

Kalau kamu tetap memutuskan untuk mengajukan pinjaman, pastikan kamu menggunakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang produktif seperti pinjaman modal bisnis. Pastikan kamu memikirkan dan mempertimbangkan lagi, apakah tujuan kamu mengajukan pinjaman benar-benar untuk kebutuhan yang produktif? Jika tidak, sebaiknya jangan ajukan!

Baca juga: Aplikasi Pengatur Keuangan: Cara Terbaik Mengatur Keuangan ala Millennials

Dengan mempraktekkan tips menabung di atas, maka keuangan bisa terkelola lebih sehat dan peluang kamu mewujudkan kesejahteraan finansial di masa depan akan menjadi lebih besar. Dalam rangka mengurangi pengeluaran untuk mempraktekkan salah satu tips menabung, kamu harus pintar memanfaatkan promo untuk membeli berbagai kebutuhan. Misalnya untuk urusan pulsa dan paket data internet.

Tak perlu khawatir, karena Smartfren hadir untuk menjadi sahabat terbaikmu. Kamu bisa pilih paket Unlimited, Kuota Nonstop, Gokil Max, dan masih banyak lagi dengan harga terjangkau. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan saja! Menariknya lagi, Smartfren juga memberikan berbagai macam bonus, baik untuk pengguna baru maupun pelanggan setianya, lho. Tunggu apa lagi, yuk pelajari lebih lanjut soal penawaran menarik dari Smartfren!

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty