tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Mengenal Perbedaan Prabayar dan Pascabayar Serta Tips Memilihnya

Di era serba teknologi seperti sekarang ini, hampir seluruh aktivitas kita bisa ditangani langsung melalui smartphone. Mulai dari komunikasi hingga melakukan pembayaran. Kartu perdana menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah smartphone. Smartphone kita tidak dapat berfungsi dengan maksimal tanpa adanya kehadiran kartu prabayar atau pascabayar, meskipun kehadiran wifi seolah menggantikan setengah dari peran kedua kartu ini. Walaupun begitu, kartu perdana prabayar maupun pascabayar tetap dibutuhkan oleh setiap pengguna smartphone. Tahukah kamu apa perbedaan kartu prabayar dan pascabayar? 

Kartu prabayar dan pascabayar rupanya memiliki penggemarnya masing-masing, dengan segala perbedaan kartu prabayar dan pascabayar beserta manfaat dan kerugiannya. Kartu prabayar dan pascabayar sama-sama memberikan benefit, tapi juga memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan. Kira-kira yang mana yang paling cocok untuk kamu gunakan?

Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Perbedaan kartu prabayar dan pascabayar dapat dilihat dari namanya itu sendiri. “Pra” yang ada pada kartu “prabayar” berarti “sebelum”, sedangkan “pasca” pada kartu “pascabayar” artinya “sesudah”. Hal ini menunjukkan bahwa kartu prabayar memiliki mekanisme pembayaran sebelum pengguna memakai pulsa ataupun data internet. Sedangkan kartu pascabayar memiliki mekanisme pembayaran setelah pengguna memanfaatkan pulsa serta data internet. Oleh karena itu, untuk kartu prabayar, kamu harus lebih dulu membeli pulsa dan data, sebelum menikmati fasilitas komunikasi. Hal ini membuat kamu bisa memanfaat pulsa dan data yang tersedia sesuai dengan kuota yang kamu miliki.

Sementara untuk kartu pascabayar, biasanya kamu akan memiliki tanggal tetap di mana kamu harus membayar tagihan komunikasimu. Kamu cenderung bebas untuk menggunakan pulsa dan data internet yang sedang aktif. Nantinya kamu tinggal membayar tagihan pulsa dan data yang sudah kamu pakai selama satu bulan penuh. Selain perbedaan kartu prabayar dan pascabayar, kedua kartu ini pun memiliki manfaat dan kerugian masing-masing. Mari simak satu per satu! 

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Prabayar

Berikut ini adalah beberapa kelebihan serta kerugian dari kartu prabayar:

Kelebihan Kartu Prabayar

Kamu bisa mengisi pulsa dan data internet kapan saja dengan nominal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kartu prabayar ini cenderung lebih simple dan praktis, sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin direpotkan untuk membayar tagihan setiap bulan. Pendaftaran kartu prabayar cenderung mudah, kamu hanya perlu menyiapkan NIK dan nomor Kartu Keluarga. Daftarkan kedua nomor ini dan kamu bisa secara langsung menikmati layanan kartu prabayar yang kamu miliki.

Kekurangan Kartu Prabayar

Biasanya, harga paket pulsa dan data internet prabayar cenderung lebih mahal jika dihitung dan dikalkulasikan secara akumulatif dibandingkan dengan kartu pascabayar. Para pengguna prabayar biasanya tidak punya kesempatan untuk memilih sendiri nomor ponselnya. Selain itu, informasi atau notifikasi mengenai jumlah pemakaian dan pulsa biasanya tidak ada.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Pascabayar

Berikut ini adalah beberapa kelebihan serta kerugian dari kartu pascabayar:

Kelebihan Kartu Pascabayar

Sebagai pengguna kartu pascabayar, kamu bisa mengatur sendiri batas penggunaan pulsa dan data. Jika penggunaan melewati batasnya, maka penggunaan bisa dihentikan. Penggunaan lebih transparan dan bisa dicek kapan saja, selain itu kamu juga dapat memilih sendiri nomor ponsel sesuai dengan keinginan. Jaringan untuk layanan pascabayar dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan layanan prabayar. Secara akumulatif, harga paket juga lebih murah dibandingkan dengan layanan prabayar.

Kerugian Kartu Pascabayar

Ada banyak kasus di mana pengguna kartu pascabayar mengeluhkan telepon ataupun SMS masuk dari berbagai instansi seperti bank dan asuransi. Proses pendaftarannya jauh lebih rumit dengan syarat-syarat tertentu.

Baca juga: 5 Cara Praktis Mengetahui Kecepatan Koneksi Internet di Rumah

Kartu prabayar dan pascabayar memang memiliki fungsi yang sama sebagai alat satuan perhitungan telepon. Yang membedakan dari keduanya adalah proses kerja pulsa dan segi pembayarannya. Perbedaan kartu prabayar dan pascabayar bukanlah suatu penghalang. Kamu dapat menentukan jenis kartu mana saja yang paling cocok untuk kebutuhan komunikasi. 

Kartu Pascabayar Smartfren

Provider Smartfren juga menyediakan jenis kartu Smartfren Pascabayar (postpaid) yang memberikan berbagai keuntungan lebih bagi kamu. Terdapat banyak pilihan paket Smart U dan Smart U+ ketika kamu pertama kali mengaktifkan nomor Pascabayar. Jika kamu ternyata tidak memiliki paket, maka kamu akan dikenakan tarif dasar yang murah dengan perhitungan per detik. Memangnya, apa keuntungan yang bisa didapatkan atau diperoleh dengan berlangganan kartu Smartfren Pascabayar? Ketika kamu memilih paket Smartfren pascabayar Smart U, maka kamu akan ditawarkan kelengkapan layanan mulai dari telepon domestik, internasional, SMS dan tentunya akses internet. Selain itu juga dilengkapi dengan beragam konten digital termasuk Instant Messaging dan Social Media. Paket ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menambah kuota internet, kuota bicara dan kuota SMS yang bisa kapanpun kamu butuhkan.

Untuk kelancaran berkomunikasi, pastikan jaringan internet kamu lancar! Layanan dari Smartfren tentu saja bisa diandalkan dalam hal ini. Ada banyak pilihan paket internet yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Cek informasi selengkapnya, di sini!

Berita Lainnya

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty