5 Cara Praktis Mengetahui Kecepatan Koneksi Internet di Rumah

Pandemi mengharuskan kita melakukan hampir semua aktivitas dari rumah. Dari urusan pekerjaan hingga proses belajar anak-anak, semuanya membutuhkan internet yang stabil dan lancar. Nah, kamu tak boleh abai untuk selalu cek kecepatan internet di rumah.

Cara Cek Kecepatan Internet Yang Ada Di Rumah

Untuk mengetahui apakah koneksi internet kamu bisa diandalkan atau tidak, kamu harus bisa mengecek kecepatan internet yang digunakan di rumah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kecepatan internet ini. Berikut ini adalah cara mengecek kecepatan internet di rumah yang bisa kamu coba.

Persiapan Sebelum Mengecek Kecepatan Internet

Sebelum mengecek kecepatan internet, ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu agar hasilnya nanti lebih akurat. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Restart modem atau router

Modem atau router adalah perangkat utama yang bertugas menyalurkan koneksi internet, baik melalui kabel LAN ataupun jaringan Wi-Fi. Melakukan restart pada kedua perangkat ini berfungsi untuk memulihkan kembali jaringan internet di dalamnya menjadi ke posisi awal.

2. Restart komputer atau laptop

Saat ingin melakukan pengecekan internet di rumah melalui komputer atau laptop, sebaiknya restart terlebih dahulu kedua perangkat tersebut. Kondisi komputer atau laptop yang kurang prima, seperti overheat dan yang lainnya, bisa mempengaruhi kinerja koneksi internet yang diterima.

3. Jangan terlalu banyak membuka program

Saat melakukan pengecekan, jangan terlalu banyak membuka program. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan beberapa program yang menggunakan koneksi internet tanpa kamu sadari. Misalnya, pengaturan sinkronisasi data secara otomatis ke jaringan cloud.

4. Membersihkan cache pada perangkat

Cache memang berguna untuk memudahkan kamu saat berselancar di internet. Namun, cache yang jumlahnya terlampau banyak juga bisa mempengaruhi kecepatan internet yang digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membersihkan cache ini pada peramban yang paling sering digunakan.

Cara Cek Kecepatan Internet

Untuk mengetahui seberapa besar kecepatan internet yang digunakan, kamu bisa menggunakan bantuan dari beberapa situs atau aplikasi khusus. Berikut ini adalah rekomendasinya.

1. Speedtest.net

Situs yang dikembangkan oleh Ookla ini telah lama dikenal sebagai situs yang digunakan untuk mengecek kecepatan sekaligus stabilitas koneksi internet. Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu tinggal mengunjungi situs atau mengunduh aplikasinya. Setelah itu, kamu tinggal mengklik tombol ‘GO’ yang ada di tengah-tengah layar.

Speedtest secara otomatis akan menampilkan informasi seputar koneksi internet yang sedang digunakan, besaran ping, dan kecepatan download dan upload-nya. Kamu hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk mengetahui informasi-informasi tersebut.

2. Meter.net

Situs kedua yang bisa digunakan adalah Meter.net. Cara kerjanya mirip dengan Speedtest, hanya saja Meter.net ini tidak memiliki aplikasi sehingga kamu cukup menjalankannya lewat peramban.

Proses pengecekannya pun hanya membutuhkan beberapa detik saja. Setelah menekan tombol ‘START’, situs ini akan menampilkan informasi berupa kecepatan download-upload dan besaran ping-nya.

3. Speed Smart

Berbeda dengan situs pengecekan kecepatan internet lainnya, Speed Smart dinilai lebih akurat oleh beberapa pihak karena menggunakan basis HTML5 saat menjalankannya.

Speed Smart membutuhkan waktu sekitar 40 detik untuk menampilkan informasi berupa hasil ping, kecepatan download dan upload, jaringan yang digunakan, sampai informasi seputar IP dan server-nya.

4. Bandwidth Place

Cara lain untuk mengetahui kecepatan koneksi internet adalah dengan menggunakan layanan bandwidth place yang diluncurkan sejak tahun 2002 ini. Pada layanan ini, kamu bisa mengetahui lokasi server yang digunakan sehingga pengguna bisa memilih lokasi yang sesuai.

Kamu tinggal mengklik tombol “START” untuk bisa langsung mengetahui kecepatan download dan upload, besaran ping, dan pendeteksian jenis provider yang digunakan.

5. Fast.com

Terakhir, adalah dengan menggunakan situs Fast.com yang dimiliki Netflix. Layanan ini diklaim Netflix sebagai layanan bebas iklan serta memiliki tampilan antarmuka yang mudah dipahami.

Pengguna hanya tinggal mengunjungi situsnya dan membiarkan sistem dari mereka untuk bekerja sendiri mengkalkulasikan kecepatan internet tanpa harus melakukan aksi apapun. Kelima situs tersebut bisa digunakan secara gratis oleh kamu dan tidak dikenakan batasan penggunaan setiap harinya.Itulah cara cek kecepatan internet di rumah. Memiliki jaringan internet yang cepat di rumah sangat dibutuhkan untuk mendukung segala macam aktivitas. Salah satu layanan internet yang bisa diandalkan adalah smartfren. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui nomor smartfren yang sedang digunakan bisa melakukannya dengan beberapa cara. Pertama adalah dengan menggunakan layanan SMS ke 995 dengan mengetik kata “INFO.” Kedua adalah dengan menggunakan metode dial up dengan mengetik *995# lalu menekan tombol Ok/Yes. Nomor smartfren pun akan langsung muncul di tampilan layar.

Berita Lainnya

© Copyright 2021 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty