tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Pengertian Intermittent Fasting dan Ide Menunya Selama 30 Hari, Lengkap!

Intermittent fasting atau yang biasa disingkat IF adalah diet yang menerapkan pembagian waktu antara periode puasa dan periode makan. Diet jenis ini adalah metode untuk mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu. Namun di antara waktu tersebut, kamu masih dapat mengonsumsi minuman.

Dibandingkan dengan istilah “diet” yang biasanya merujuk pada pengurangan atau pembatasan makan, metode intermittent fasting cenderung lebih mengatur kebiasaan makan. IF ini tidak mengatur makanan apa yang harus dikurangi atau dikonsumsi, tetapi soal kapan kamu makan dan kapan harus berhenti makan alias “puasa”. Pola intermittent fasting yang paling populer adalah puasa 16 jam, makan 8 jam. 

Apa sih manfaat intermittent fasting?

Pada dasarnya, berpuasa memiliki peran yang baik dalam kesehatan, lebih-lebih cara berpuasa sudah dikenal sejak lama untuk bertahan hidup. Pola makan kamu sehari-hari mungkin tidak beraturan karena sering makan di luar waktu makan atau melewatkan waktu makan. Dengan menjalani intermittent fasting, maka kamu dapat memperbaiki atau membentuk perilaku makan yang lebih sehat. Metode ini juga akan melatih ketahanan tubuh agar tetap dapat menjalankan fungsinya walaupun sedang tidak mengonsumsi makanan dalam periode tertentu.

Selain itu, intermittent fasting juga membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dan kolesterol karena tubuh melakukan pembakaran lemak lebih efektif saat berpuasa, bahkan juga mampu membuat hormon insulin lebih sensitif terhadap makanan. Dengan begitu, tubuh akan terbantu untuk melakukan peremajaan serta perbaikan, sehingga dapat meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Diet puasa juga turut membuat respons tubuh dalam melawan atau mencegah kerusakan organ.

Bagaimana cara menjalani intermittent fasting?

intermittent fasting

Intermittent fasting memiliki peraturan yang cukup bervariasi untuk mengurangi konsumsi makanan. Pada umumnya, metode ini hanya menentukan dalam satu minggu, kapan saja waktu untuk berpuasa. Perlu diingat, kamu cukup berpuasa makan saja. Selama periode tersebut, kamu diharuskan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit atau tidak makan sama sekali. Terdapat berbagai cara jitu untuk melakukan intermittent fasting. Di bawah ini adalah beberapa metode yang paling populer yang bisa kamu praktekkan. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

  1. The 16/8 method, yaitu membagi 16 jam waktu berpuasa dan 8 jam waktu mengonsumsi makanan. Contohnya, kamu boleh makan dari jam 1 siang sampai jam 9 malam, lalu dilanjutkan berpuasa hingga 16 jam ke depan.
  2. Eat-Stop-Eat, yaitu kamu harus tidak mengonsumsi makanan selama 24 jam dalam beberapa hari per minggu. Misalnya kamu berhenti mengonsumsi makanan dari waktu makan malam hingga makan malam berikutnya, lalu dilanjutkan dengan setelah satu hari tidak berpuasa. Menghentikan makan selama 24 jam mungkin terdengar sangat sulit, tapi kamu bisa memulai metode ini secara bertahap alias tidak perlu memulai langsung 24 jam.
  3. The 5:2 Diet, dilakukan dengan cara mengurangi jumlah konsumsi hingga 25% dari jumlah normal, sekitar 500 – 600 kalori per hari atau setara dengan satu kali porsi makan. Metode ini bisa dilakukan dalam dua hari per minggu namun tidak berurutan, dan kamu masih dapat mengonsumsi makanan secara normal pada lima hari dalam seminggu.

Selain beberapa metode yang telah disebutkan di atas, intermittent fasting juga dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sesuai dengan kemampuan kamu sendiri. Adaptasi juga sangat diperlukan untuk menjalankannya secara konsisten.

Inspirasi Menu Intermittent Fasting 30 Hari

Sekali lagi, intermittent fasting tidak membatasi apa saja yang bisa kamu konsumsi selama diet. Hanya saja, kalau mau diet ini sukses, tentunya kamu tidak boleh makan dan ngemil sembarangan, ya! Pada awalnya, metode intermittent fasting mungkin dapat membuat kamu kelaparan dan merasa stres karena belum terbiasa dengan pola makan yang baru. Rasa lapar juga akan menurunkan performa aktivitas jika kamu tidak mencukupi kebutuhan nutrisi saat periode makan. Efek samping lainnya seperti sakit kepala dan perubahan jam tidur juga bisa terjadi pada saat kamu memulai melakukan metode ini. Tapi kabar baiknya, efek ini bersifat sementara sampai tubuh beradaptasi dan kamu menemukan metode yang sesuai.

Kalau mau coba program diet ini, langsung saja cek inspirasi menu untuk diet IF selama 30 hari berikut ini. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Channel Memasak yang Praktis di YouTube

Kamu bisa mencari resepnya di internet dengan mengandalkan layanan dari Smartfren. Kamu bisa dapatkan resep menu-menu di atas dan ikuti tutorial masaknya di YouTube dengan koneksi internet yang stabil dan anti putus-putus dari Smartfren. Pakai smartfren, internet lancar, diet pun sukses! Apalagi kalau kamu internetan menggunakan paket Unlimited Nonstop dari Smartfren. Apa sih yang dimaksud dengan paket Unlimited? Paket Unlimited adalah paket internet dari Smartfren yang memberikan layanan akses internet Unlimited di semua aplikasi dan berlaku di semua jaringan Smartfren, serta ada tambahan benefit Unlimited Nelpon ke Sesama Smartfren. Dengan paket Unlimited ini, kamu bisa mendapatkan banyak bonus dan tentunya koneksinya stabil!

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty