7 Rekomendasi Channel Memasak yang Praktis di YouTube

Memasak sebenarnya bukanlah bakat, tapi sebuah keahlian yang harus diasah terus menerus. Ada begitu banyak channel di YouTube yang tampilkan cara memasak dengan langkah-langkah mudah untuk dilakukan. Kamu bisa dapatkan rekomendasi menu menarik yang bisa langsung  diaplikasikan selama bulan Ramadan.

Nah, daripada jajan terus-terusan untuk sahur dan buka puasa, ada baiknya kamu belajar meracik sendiri untuk menu makanmu. Coba deh, cek rekomendasi channel masak di YouTube untuk dapatkan beragam menu menarik yang bisa dicoba selama Ramadan seperti di bawah ini.

Rekomendasi Channel Masak di YouTube selama Ramadan

Siapa yang suka lihat konten memasak di YouTube terus bergumam dalam hati, “Kok gampang ya buatnya?” Percayalah, deh, kamu bukan satu-satunya orang yang merasa demikian. Masak bisa terlihat mudah saat kamu melakukannya secara konsisten dan terus berlatih. Untuk membantu kamu, berikut ini ada beberapa rekomendasi channel masak terbaik di YouTube.

1. Untuk Para Pemula

Bagi para pemula, sebenarnya ada beberapa channel yang bisa kamu tonton. Kamu bisa memulainya dengan Babish Culinary Universe. Channel yang dikelola oleh Andrew Rea ini menampilkan resep-resep makanan yang muncul di film, televisi, dan video games. Pada episode tertentu, mereka bahkan punya program Basic with Babies yang menampilkan konten-konten seputar pengetahuan dasar memasak.

Dari ranah lokal, Rasamasa menjadi channel terbaik bagi para pemula untuk belajar masak. Selain banyak menampilkan makanan khas Indonesia, mereka juga membuat konten  tips dan trik yang praktis, seperti merebus telur, cara memasak jamur biar renyah, atau kiat hilangkan aroma paru sapi.

2. Makanan Nostalgia

Percaya atau tidak, makanan menjadi salah satu hal yang paling mudah meresap diingatan manusia. Oleh karena itu, terkadang kita bisa mudah rindu terhadap sebuah masakan tertentu. Nah, buat kamu yang mencari makanan nostalgia tapi kesulitan saat mencarinya, kenapa tidak membuatnya sendiri?

Channel Dapur Dina di YouTube menghadirkan banyak resep makanan nostalgia yang akan membawa ingatan kamu ke masa kecil. Mulai dari hidangan manis seperti cenil dan bubur sumsum, sampai hidangan yang gurih seperti sempol atau aneka olahan tempe. Rasanya menyenangkan sekali bukan kalau berbuka puasa dengan comfort food yang punya nuansa nostalgia di dalamnya?

3. Makanan Pencuci Mulut

Setelah menu utama, tak lengkap rasanya jika tidak menutupnya dengan hidangan pencuci mulut. Nah, untuk membuat ini kamu bisa menconteknya dari How To Cook That yang banyak menghadirkan resep dessert berupa kue manis. Cocok banget nih, buat kamu yang mencari hidangan manis alternatif untuk berbuka puasa.

Kue yang ditampilkan di sini sangat menggugah selera karena punya bentuk dan warna yang unik. Cara membuatnya pun diperlihatkan secara mendetail dengan kecepatan berbicara yang cenderung pelan sehingga mudah disimak.

4. Spesialis Sambal

“Nggak ada sambal, nggak makan,” begitu biasanya anekdot yang sering didengar tentang kebiasaan orang Indonesia terkait makanan. Saat berbuka puasa pun, kehadiran sambal menjadi wajib hukumnya. Apa jadinya kalau gorengan atau lontong tidak ditemani sambal kacang?

Buat yang membutuhkan variasi sambal sebagai menu pelengkap hidangan, kamu bisa menonton channel “Masak TV” di YouTube selama Ramadan. Mereka sering hadirkan berbagai macam resep sambal, seperti sambal cakalang, sambal ubi, sambal pete cumi basah, sambal belimbing wuluh, dan yang lainnya. Selain sambal, mereka juga suka membagikan resep minuman-minuman unik seperti sekoteng boba, wedang uwuh milktea, atau jamu buat diet.

5. Makanan Kekinian

Ingin mencoba makanan kekinian? “Tasty” bisa jadi channel Youtube andalan buat kamu yang ingin bisa terampil membuat makanan yang lagi tren. Teknik pengambilan gambar yang atraktif, penjelasan singkat, dan suguhan menu variatif, membuat channel ini begitu populer di internet.

Selain “Tasty”, kamu juga bisa melihat “Endeus.tv “yang mirip-mirip dengan “Tasty”. Hanya saja di channel ini kamu juga bisa menemukan resep-resep makanan lokal yang tak kalah menariknya untuk dicoba.

6. Makanan Ringan

Saat berbuka puasa, beberapa dari kamu mungkin suka makan hidangan ringan terlebih dahulu sebelum lanjut ke hidangan utama. Nah, daripada cuma menyantap gorengan seperti bakwan atau tempe selama sebulan penuh, lebih baik tonton channel “Enny Tangerang” biar kamu dapat inspirasi makanan ringan yang variatif.

Kamu bisa melihat resep aneka camilan dari singkong, pisang, roti, sampai sosis yang cocok untuk dijadikan makanan ringan saat berbuka. Selain itu, kamu juga bisa menjajal aneka resep baking untuk kue-kue yang lembut dan enak.

7. Clean Eating

Puasa bisa kamu jadikan momen untuk hidup lebih sehat. Tak ada salahnya untuk mencoba menu makanan sehat (clean eating) yang sedang populer saat ini. Jika biasanya menu clean eating bisa didapatkan di katering sehat dengan harga lumayan mahal, kini saatnya kamu bikin sendiri di rumah.

Kamu bisa tonton channel masak Youtube seperti “Clean Eating Kitchen” atau “Downshiftology” untuk menu-menu makanan bebas gluten. Selain itu, kamu juga bisa melihat “Mind Over Much” yang menampilkan resep-resep plant-based dan paleo-friendly untuk kamu yang ingin mulai lebih banyak makan sayuran.

Kamu juga bisa membuat makanan clean eating yang terlihat lezat dan menggiurkan dari “Fit Men Cook”, seperti salmon and chips yang bebas gluten atau nasi goreng rendah kalori.

Nah, itu dia channel masak Youtube yang bisa kamu tonton selama Ramadan. Semua rekomendasi channel di atas menampilkan cara masak yang menghibur sekaligus praktis diterapkan bagi mereka yang baru pertama kali masuk dapur sekalipun.

Kalau kamu suka hal-hal yang praktis, produk eSIM dari smarfren bisa jadi opsi telekomunikasi yang tepat. Ini adalah layanan provider pertama di Indonesia yang terhubung dengan ponsel tanpa kehadiran SIM card fisik. Selain lebih praktis, kamu bisa menikmati koneksi terbaik dengan fitur dua SIM sekaligus. Seru kan? Jangan lewatkan inovasi menarik dari smartfren ini.

Berita Lainnya

© Copyright 2021 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty