tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

11 Tips Foto Produk dengan HP untuk Bisnis Online di Rumah

Ada beberapa tips foto produk profesional dengan HP yang perlu diperhatikan demi dapatkan hasil berkualitas. Apalagi buat Kamu yang punya bisnis online, perlu banget menguasai banyak trik foto. Ingin tahu cara membuatnya? Yuk, simak 11 tips foto produk profesional dengan HP untuk jualan online berikut ini.

11 tips foto produk profesional dengan ponsel

1. Siapkan Ruangan atau Tempat

Pilihlah ruangan yang cukup luas untuk menempatkan produk dan juga background foto yang akan digunakan. Jika memungkinkan, gunakanlah tempat yang dekat dengan pintu atau jendela untuk mendapatkan cahaya natural saat memotret.

2. Pasang Background Foto

Agar hasil foto berfokus pada satu objek atau produk yang ingin Kamu jual, pastikan untuk gunakan latar belakang berwarna putih atau abu-abu. Pasanglah background sebagai alas yang menutupi bagian belakang dan bawah dari sebuah produk.

3. Siapkan Pencahayaan

Gunakanlah cahaya alami jika memungkinkan. Jika Kamu melakukan pemotretan di dalam ruangan, siapkanlah lighting set. Isi bayangan dan ciptakan pencahayaan yang merata di semua sisi.

4. Setel Setting Kamera Ponsel

Pastikan fitur kamera ponsel diatur untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik. Di sini Kamu juga bisa memasang garis kisi, mengatur ketepatan ISO, white balance, serta eksposur sesuai dengan keinginan atau diaktifkan dengan mode auto.

5. Ambil Foto dalam Berbagai Angle

Ketika set foto dan kamera sudah siap, ini saatnya untuk memotret. Ambillah tampilan produkmu dari beberapa sudut yang berbeda. Pastikan foto yang dihasilkan menyoroti fitur utama produk.

6. Atur Fokus Kamera

Jika tangkapan di layar terlihat kurang tajam, coba ketuklah layar untuk mengunci fokus kamera secara manual pada objek foto.

7. Hindari Penggunaan Fitur Zoom

Gambar yang dihasilkan ketika menggunakan fitur zoom akan terlihat pecah dan kurang bagus kualitasnya. Sebaiknya, mendekatlah pada objek jika membutuhkan hasil foto close-up.

8. Gunakan Model sebagai Gambaran Penggunaan Produk

Dengan adanya model menggunakan produkmu, hal ini dapat menambahkan gambaran bagi calon pembeli seperti apa tampilan produk ketika digunakan oleh seseorang.

9. Siapkan Tripod Ponsel Jika Diperlukan

Kalau tanganmu sering bergetar (tremor) ketika memotret, cobalah gunakan tripod ponsel. Tripod dapat mengurangi guncangan kamera dan membantu Kamu mengatur sudut dan gaya foto untuk lini produkmu.

10. Tambahkan Ekstra Properti Jika Diperlukan

Agar tampilan produkmu lebih menonjol, Kamu bisa bebas menambahkan properti sesuai dengan tema yang Kamu tentukan.

11. Gunakan Editing Tools

Setelah selesai memotret, editlah tampilan fotomu menggunakan aplikasi editing untuk mengatur tingkat kecerahan, kontras, sorotan/bayangan, saturasi, dan juga ketajaman foto. Hindari penggunaan filter dan oversaturation agar tampilan produk pada foto tetap terlihat nyata, tidak dibuat-buat.

Itulah tadi tips foto produk profesional dengan HP untuk jualan online. Nah, kalau Kamu aktif berjualan secara digital di beragam ecommerce dan sosial media, pastikan jaringan internet Kamu cepat dan tanpa henti, ya. Layanan paket internet smartfren bisa banget diandalkan untuk kecepatan internet dan kuota yang nggak boros.

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty