tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Deretan 5 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Industri perfilman Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan mulai dari segi cerita, pengambilan gambar, hingga aktor dan aktrisnya. Pilihan genre-nya juga sangat beragam. Mulai dari romantis, horor, action, sampai komedi juga ada. Deretan film Indonesia terbaik di bawah wajib banget ditonton, minimal satu kali seumur hidup! Film apa sajakah itu? Langsung saja simak rekomendasinya berikut ini.

Daftar Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

film indonesia terbaik

Berikut ini ada beberapa rekomendasi film Indonesia terbaik sepanjang masa yang menarik untuk disimak. 

1. Petualangan Sherina

Film Indonesia yang satu ini rilis pada tahun 2000. Petualangan Sherina merupakan sebuah film komedi petualangan musikal yang disutradarai oleh Riri Riza. Berkisah tentang Sherina, gadis kecil yang biasanya energik, namun tengah murung ketika mengetahui keluarganya pindah dari Jakarta ke Bandung. Sherina harus meninggalkan teman-teman tersayangnya dan pergi ke tempat yang baru.

Pada hari pertama di sekolah barunya, Sherina sudah menjadi korban dari pengganggu yang bernama Sadam, yaitu seorang bocah nakal yang suka menindas. Meskipun hubungan awal mereka buruk, namun Sherina mendengarkan nasihat ibunya agar ia bisa lebih memahami keadaan. Pada saat Sherina sekeluarga mengunjungi tempat keluarga Sadam, mereka akhirnya menjalin persahabatan. Hingga dalam petualangan yang mendebarkan dan mengasyikkan, mereka harus bekerja sama saat menghadapi sekelompok penjahat yang dipimpin oleh Pak Raden. Melalui adegan musikal serta performa para aktor cilik, Petualangan Sherina ini menjadi film klasik yang cocok ditonton bersama keluarga.

2. Ada Apa Dengan Cinta? 

Film Indonesia terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Ada Apa dengan Cinta? yang rilis di tahun 2002. Meski secara cerita dan sinematografi film yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo ini masih terkesan sederhana, namun film inilah yang menjadi titik awal bangkitnya industri perfilman Indonesia yang sudah lama mati suri. Bukan hanya berhasil melambungkan nama Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra, namun Ada Apa dengan Cinta? juga memiliki deretan soundtrack yang masih seru untuk didengar hingga saat ini. Tak heran, jika karya Melly Goeslaw dan Anto Hoed ini berhasil mendapatkan banyak sekali penghargaan di masanya. Mulai dari Lagu Terbaik Anugerah Musik Indonesia 2002, Tata Musik Terbaik Festival Film Indonesia 2002, dan Musik Terpuji Festival Film Bandung 2002.

Film ini bercerita tentang kehidupan Cinta (Dian Sastrowardoyo) yang nyaris sempurna. Berprestasi di sekolah, punya sahabat yang baik dan kompak, hingga seorang pacar yang tampan dan jago basket. Tapi, kehidupan Cinta berubah drastis saat posisinya sebagai penulis puisi terbaik tergeser oleh Rangga (Nicholas Saputra). Cinta lantas tak terima dan berjanji untuk merebut posisi itu kembali.

3. Laskar Pelangi

Di urutan selanjutnya, ada film Laskar Pelangi. Diadaptasi dari novel populer yang terinspirasi dari kehidupan Andrea Hirata, Laskar Pelangi ini adalah film karya Riri Riza yang rilis pada 25 September 2008. Film Laskar Pelangi ini mengisahkan perjuangan siswa dan guru pada tahun 1970-an di SD Muhammadiyah yang terletak di Pulau Belitung, Sumatera. Pada awalnya, sekolah itu hampir tutup karena memiliki kurang dari 10 siswa. Ikal adalah satu dari sepuluh siswa tersebut, di mana ia dan teman-teman sekelasnya berasal dari keluarga kurang mampu dan keadaan sekolah mereka sangat memprihatinkan. Tetapi, para siswa dan guru tidak pernah putus asa.

Kegigihan para siswa membuat Bu Mus, guru di sekolah itu, memberikan mereka julukan “Laskar Pelangi”. Film ini juga menampilkan momen-momen lucu dan inspiratif, terutama pesan yang disampaikan mengenai isu pendidikan di daerah terpencil Indonesia. 

4. Ayat-ayat Cinta

Film religi yang diadaptasi dari novel best-seller karangan Habiburrahman El Shirazy ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright dan Carissa Putri. Berlatar di Mesir, Fahri (Fedi Nuril) yang sedang berusaha untuk menggapai gelar masternya di Al-Azhar adalah laki-laki yang taat dan lurus. Ia tidak mengenal pacaran sebelum menikah, dan tidak memiliki banyak teman perempuan. Kisah ini menceritakan tentang Fahri yang tengah berusaha mengejar dan menjaga cinta sejatinya ditengah segala permasalahan dan juga tuduhan yang diberikan padanya. 

5. Habibie & Ainun

Film Indonesia terbaik sepanjang masa lainnya adalah Habibie & Ainun yang rilis di tahun 2012. Film Indonesia yang satu ini mengangkat kisah cinta Presiden Republik Indonesia ke-3, BJ Habibie dan istrinya, yaitu Ainun. Lewat film ini, Reza Rahadian berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2013, dan Bunga Citra Lestari juga meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terpuji Festival Film Bandung 2013.

Habibie & Ainun mengisahkan tentang perjalanan cinta Bacharuddin Jusuf Habibie (Reza Rahadian) dan Ainun Habibie (Bunga Citra Lestari), di mana Habibie saat itu masih bersekolah di Jerman. Habibie membawa serta Ainun untuk hidup bersamanya di Jerman setelah menikah. Kejeniusan Habibie dalam bidang teknologi pesawat pada akhirnya terdengar hingga ke Indonesia. Presiden Indonesia saat itu, yaitu Soeharto memanggilnya pulang untuk membuat industri pesawat sendiri di dalam negeri.

Baca juga: Cara Memperpanjang Kartu Smartfren Selama 1 Tahun Penuh

Selain kelima judul film Indonesia seperti yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali judul film Indonesia terbaik yang tak kalah populer. Sebagai bentuk apresiasi terhadap karya lokal, mulai sekarang pilih tontonan rekomendasi film Indonesia, yuk!  Dan jangan lupa tonton di layanan digital resmi yang tersedia.

Agar nonton film lebih puas, pastikan provider internet yang kamu pilih adalah provider terbaik seperti Smartfren! Internetan pakai Smartfren, dijamin kamu tidak akan khawatir boros kuota. Smartfren juga menjamin jangkauan 4G di hampir semua lokasi. Tunggu apa lagi? Langsung cek dan pilih paket Smartfren mana yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhanmu!

Berita Lainnya

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty