tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Anak Kecanduan Gadget? Coba 7 Tips Ini untuk Mengatasinya!

anak kecanduan gadget

Banyak orang tua yang kebingungan mencari cara supaya bisa mengatasi anak kecanduan gadget. Apakah kamu adalah salah satunya? Sebenarnya ada banyak cara yang efektif untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Kamu perlu mencobanya satu per satu, hingga akhirnya menemukan cara yang paling tepat. Meskipun penggunaan gadget itu berguna, namun gadget juga bisa berdampak buruk pada perkembangan atau kesehatan anak. Paparan sinar biru dari layar misalnya dapat merusak kondisi mata.

Melansir laman Sutardja Center for Entrepreneurship and Technology, kecanduan gadget dapat dialami oleh siapa saja tanpa mengenal usia, jenis kelamin, maupun ras. Kecanduan gadget yang terjadi di usia anak-anak dapat menghambat proses tumbuh kembangnya dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental.  Lantas, bagaimana cara menghadapi anak kecanduan gadget? Tips-tips berikut ini semoga bisa membantu kamu, ya! 

Cara Terbaik Mencegah Anak Kecanduan Gadget

anak kecanduan gadget

Menarik paksa gadget sambil memarahi anak sebenarnya bukan langkah yang bijak untuk mengatasi anak kecanduan gadget. Lebih baik, lakukan pembatasan dengan cara yang lebih ramah agar anak tahu bahwa yang dilakukannya tidak benar. Berikut ini beberapa cara mencegah kecanduan gadget pada anak yang perlu diperhatikan:

1. Berikan contoh yang baik

Anak adalah cerminan dari orang tuanya. Jadi, berikanlah contoh yang baik untuk anak yang selalu mengamati orang tuanya. Jika tidak ingin anak kecanduan gadget, maka pastikan kamu sebagai orang tua juga membatasi penggunaan smartphone, tablet, dan laptop setiap harinya. Kamu bisa membuat peraturan untuk diri sendiri dalam penggunaan gadget. Misalnya, gunakan gadget hanya pada jam kerja setiap harinya. Jangan ragu untuk mengganti interaksi bersama gadget dengan aktivitas lainnya, seperti membaca buku. Siapa tahu aktivitas tersebut justru  bisa membuat anak tertarik untuk ikut mencobanya.

2. Berikan pengawasan

Memberikan gadget pada anak begitu saja mungkin akan membuat anak bebas dalam mengeksplorasi banyak hal. Namun sayangnya, hal itu justru akan membuatnya lupa waktu hingga akhirnya jadi kecanduan. Maka dari itu, sebagai orang tua kamu perlu turut mengawasi penggunaannya. Mulailah dengan menentukan hal-hal apa saja yang bisa diakses oleh anak. Berikan juga aktivitas unik yang bisa dilakukan dengan gadget, supaya anak memiliki pengetahuan lebih baik. Kamu juga bisa memberikan akses YouTube Kids supaya semua konten sudah terfilter dengan baik. Jangan lupa untuk, batasi penggunaannya hingga sekitar 45-60 menit per hari.

3. Buat komunikasi yang baik

Sebagai orang tua, kamu pun harus membangun komunikasi yang baik dengan anak. Selalu sisihkan waktu bersama dengan anak untuk membicarakan banyak hal. Sisipkan topik tentang gadget di dalamnya. Kamu bisa memberi tahu manfaat dari gadget, khususnya yang berhubungan dengan kesenangan anak. Namun, pastikan juga kamu memberi tahu sisi buruk dari kecanduan gadget. Cara ini dinilai akan lebih diterima oleh anak ketimbang bersikap keras kepadanya.

4. Tetapkan wilayah bebas gadget

Wilayah bebas gadget merupakan tempat-tempat di rumah yang dilarang untuk menggunakan gadget apa pun. Wilayah yang perlu kamu jaga adalah kamar tidur, ruang keluarga, dan meja makan. Dengan begitu, penggunaan gadget pun jadi sangat terbatas di rumah. Namun perlu diingat, bahwa kamu juga harus menaati peraturan ini. Jadi, orang tua dan anggota keluarga lain yang ada di rumah tidak boleh menggunakan gadget di wilayah tersebut.

5. Bersikap tegas

Melarang anak untuk memegang gadget biasanya akan membuat anak menjadi tantrum. Namun sayangnya, banyak orang tua yang tidak ingin berhadapan dengan situasi ini dan merasa kasihan dengan anak yang menangis. Jika berhadapan dengan situasi itu, maka kamu benar-benar harus tegas dalam mengambil keputusan. Anak melakukan hal tersebut memang untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, yaitu gadget. Percayalah, tangisan dan rengekan akan mereda dalam beberapa waktu. Kamu hanya perlu meminta anak untuk mematuhi peraturan tentang gadget yang sudah dibuat dan disepakati.

6. Alihkan perhatiannya dengan mainan lain

Cara ini memang butuh usaha dari pihak orang tua. Anak-anak yang sudah kecanduan gadget akan merasa mainan yang lain tidak lebih menarik. Jadi, sebagai orang tua kamu perlu membuat permainan lain lebih menarik untuk dimainkan. Untuk anak di bawah tahun, kamu bisa memilih balok susun atau permainan peran. Sementara untuk anak yang sudah lebih besar bisa diajak bermain slime atau permainan merakit yang lebih rumit. Permainan tersebut akan membuatnya lupa dengan gadget.

7. Perbanyak waktu dengan anak

Cara yang terbaik untuk menghilangkan kecanduan gadget pada anak adalah meluangkan waktu bersamanya. Selama masa pandemi seperti sekarang ini, sebagai orang tua kamu tentu akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Cobalah manfaatkan kesempatan ini untuk melakukan kegiatan bersama. Kamu bisa melakukan olahraga bersama sambil berjemur di pagi hari. Jangan lupa sisihkan juga waktu untuk makan bersama dengan anak pada siang hari dan malam hari. Jika harus bekerja, maka cobalah atur waktu istirahat sekitar 30-45 menit untuk bermain bersama anak lagi.

Baca juga: Daftar HP Gaming Spek Dewa, Cocok untuk Game Berat

Nah, itulah cara mengatasi anak kecanduan gadget yang bisa kamu terapkan. Kamu tetap bisa menghabiskan waktu dengan anak sambil menonton video dari gadget, kok. Untuk melakukannya, kamu bisa mengandalkan layanan dari Smartfren yang punya jaringan kuat untuk streaming video. Sambil internetan, kamu juga bisa dapat berbagai reward menarik dari Smartfren. Lebih enaknya lagi, hadiahnya pun bisa kamu pilih sendiri! Cek informasi selengkapnya seputar pilihan paket internet Smartfren sekarang juga!

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty