tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

5 Resep Olahan Daging Sapi untuk Masak di Rumah

Aneka olahan daging sapi sederhana bisa jadi menu hidangan saat work from home. Selain mudah dibuat, resep ini juga bisa menjadi pilihan untuk mengisi luang.

Apa saja sih, resepnya dan bagaimana cara membuatnya? Simak yuk, 5 menu olahan daging sapi sederhana yang bisa dibuat di rumah berikut ini.

1. Thai Beef Salad

Salad Thailand dengan topping daging sapi nan empuk ini memiliki cita rasa yang luar biasa. Bumbui daging sapi dengan garam dan merica. Panaskan setengah minyak dalam wajan, tambahkan setengah bawang putih dan serai.

Lalu setengah daging sapi dan masak selama sekitar 3 sampai 4 menit atau sampai kecoklatan dan empuk. Sisihkan di atas piring. Ulangi proses dengan sisa minyak, bawang putih, serai, dan daging sapi.

Untuk membuat saus, kocok air jeruk nipis, saus cabai manis, kecap ikan, dan gula dalam mangkuk. Dalam mangkuk besar lainnya, masukkan campuran selada, wortel, dan ketumbar.

Campurkan setengah dari saus dengan daging sapi di wajan dan percikkan sisa saus di atas salad, aduk hingga melapisi. Sajikan salad dengan bagian atas dibubuhkan dengan daging sapi.

2. Tahu Kukus dengan Daging Sapi

Resep sehat nggak harus bercita rasa hambar. Sajian ini juga mudah dibuat, lho. Siapkan mangkuk dan campur bahan garam, gula kelapa, ngo hiong, minyak wijen, dan air. Aduk rata.

Siapkan wajan, panaskan minyak kelapa lalu tumis daging giling hingga terurai. Setelah terurai, angkat dan sisihkan. Serta piring (tahan panas), tata bahan: tahu, daging giling yang sudah ditumis, bawang putih, bombay, daun bawang, dan saus.

Selanjutnya kukus dengan api besar + 10 menit. Setelah matang, angkat. Sajikan dengan taburan daun bawang dan biji wijen.

3. Korean Beef Bowl

Resep ini versi twist dari hidangan tradisional Korea, Bulgogi. Kamu bisa mengganti sirloin dengan daging giling. Siapkan mangkuk kecil, aduk gula merah, kecap, minyak wijen, bubuk paprika merah, dan jahe.

Panaskan minyak sayur dalam wajan besar di atas api sedang. Tambahkan bawang putih dan tumis. Aduk sampai harum, sekitar 1 menit. Tambahkan daging giling dan masak hingga kecokelatan, sekitar 3-5 menit. Pastikan daging sapi hancur saat dimasak; mengeringkan lemak berlebih.

Aduk campuran kecap dan bawang hijau sampai tercampur rata, biarkan mendidih sampai panas, sekitar 2 menit. Sajikan segera. Hiasi dengan daun bawang dan biji wijen.

4. Bakmi Goreng Daging Bumbu Aceh

Hidangan khas dalam negeri dengan rempah berlimpah dan cita rasa yang lezat. Cara membuatnya juga tidak susah kok. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, bawang putih, dan bawang merah sampai harum.

Masukkan tomat, taoge, dan kol. Aduk sampai layu. Tambahkan mi, ayam, kecap manis, garam, merica, dan gula. Aduk rata. Masukkan air kaldu. Masak sampai matang dan meresap.

Masukkan cuka dan daun bawang. Aduk rata. Sajikan mi aceh bersama acar ketimun dan emping goreng.

5. Mongolian Beef

Fun fact: Ternyata daging Sapi Mongolia sebenarnya adalah hidangan tumis yang berasal dari Taiwan, lho! Caranya pun cukup mudah, iris perut sapi melawan serat (butiran adalah panjang steak) dengan potongan sekitar 6 mm, lalu masukkan ke dalam kantong ziplock dengan tepung jagung.

Tekan-tekan daging dalam kantong untuk memastikan setiap bagian terlapisi sepenuhnya dengan tepung jagung dan diamkan. Tambahkan minyak canola ke wajan besar dan panaskan dengan api sedang.

Setelah itu, masukkan daging ke dalam wajan dalam posisi single layer dan masak setiap sisi selama 1 menit. Saat daging selesai dimasak, keluarkan dari wajan. Tambahkan jahe dan bawang putih ke dalam wajan dan tumis selama 10-15 detik.

Tambahkan kecap asin, air dan gula merah tua ke dalam wajan dan biarkan mendidih. Tambahkan juga daging kembali dan biarkan saus mengental selama 20-30 detik. Selesai dan sajikan.

Nah, itulah resep olahan daging sapi sederhana yang bisa kamu coba buat di rumah. Kalau ingin mencari resep simpel lainnya, coba deh, browsing pakai layanan fitur smartfren. Koneksi internetnya stabil bikin aktivitas browsing jaditanpa gangguan. Kuotanya juga nggak boros. Nggak percaya? Cobain sendiri, deh.

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty