tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

5 Cara Mempercepat Koneksi Internet di HP Android yang Perlu Dikuasai

Rasanya, hampir tidak ada orang yang mau punya jaringan internet yang lambat alias lemot. Semua orang pasti ingin memiliki jaringan internet dengan kecepatan cepat dan stabil. Tapi, bagaimana sih cara mempercepat koneksi internet di HP Android? Tenang, di bawah ini akan dibagikan bagaimana tipsnya. So, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Saat ini, Smartfren merupakan salah satu provider yang digunakan oleh banyak orang di Indonesia. Karena gebrakan Smartfren dengan paket unlimited yang dibanderol dengan harga murah, Smartfren berhasil mendapatkan hati pengguna internet untuk beralih ke kartu Smartfren. Supaya dapat terhindar dari keluhan koneksi internet yang buruk, ada beberapa cara mempercepat koneksi internet Smartfren yang perlu dipahami. Cara mempercepat koneksi internet Smartfren ini dapat digunakan pada seluruh merk HP Android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan lainnya.

Penting untuk diingat, bahwa cara mempercepat koneksi internet ini tidak akan berdampak apapun bagi kartu dan HP. Pasalnya, cara ini tidak menggunakan cara ilegal. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja simak ulasannya di bawah ini:

1. Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Set APN Smartfren

Pada umumnya, APN digunakan untuk menemukan dan memberikan alamat IP yang tepat, dan harus diidentifikasi oleh perangkat di jaringan. Jadi jika APN kamu salah tulis atau salah format, maka dapat dipastikan internet tidak akan berjalan. Pada kartu Smartfren, biasanya APN sudah diatur secara default. Tapi APN bawaan tersebut biasanya cenderung lambat.

Maka, mengatur atau mengganti APN Smartfren merupakan salah cara mempercepat dan memperkuat jaringan internet. Tapi perlu diketahui dan diingat bahwa pada saat mengatur APN, kamu harus menuliskannya secara benar. Karena salah sedikit saja, bisa berakibat fatal (jaringan internet mati). Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, kamu harus buka Pengaturan (Settings), lalu pilih Pengaturan Jaringan (Mobile Network Settings).
  • Setelah itu, pilih Kartu Smartfren. Jika Smartfren berada pada SIM 1 maka pilih slot 1, begitu juga sebaliknya.
  • Jika sudah masuk di pengaturan, lalu pilih Nama Titik Akses (APN).
  • Kemudian pilih Add Access Point atau ikon + dan masukkan APN.

2. Pakai Aplikasi Penguat Jaringan Internet

Dengan aplikasi penguat sinyal, kamu juga bisa mempercepat koneksi internet Smartfren. Kamu bisa mencoba beberapa aplikasi penguat sinyal yang bisa ditemukan di Google Play Store dan mengunduhnya secara gratis. Aplikasi tersebut adalah:

  • Internet Booster & Optimizer
  • Connection Stabilizer Booster
  • Network Signal Booster

3. Gunakan Mode Pesawat atau Restart HP

Mode pesawat juga bisa membantu mempercepat koneksi internet. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat, tunggu beberapa detik, lalu matikan mode pesawat itu lagi. Melakukan hal tersebut sama dengan melakukan refresh atau restart jaringan internet. Pada dasarnya, saat kamu melakukan restart jaringan menggunakan mode pesawat, maka jaringan tersebut akan berganti IP dan mencari IP lain yang baru. Sehingga hal tersebut bisa membantu mempercepat koneksi internet.

Restart HP juga dapat dilakukan. Cara ini biasanya digunakan saat HP mengalami sedikit error ketika ingin mempercepat jaringan internet. Restart merupakan mengembalikan sistem dalam keadaan normal kembali sama seperti refresh

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Kenapa harus hapus aplikasi yang tidak perlu? karena aplikasi-aplikasi tersebut akan otomatis berjalan di latar belakang. Jika aplikasi tersebut cukup banyak, tentunya akan membuat sistem operasi semakin lambat. Terlebih jika data seluler sedang aktif.

5. Bersihkan Cache

Cara mempercepat koneksi selanjutnya adalah rajin membersihkan cache atau file sampah. Hal ini penting, karena cache yang menumpuk akan menurunkan kecepatan internet. Pasalnya, cache yang terlalu banyak akan membebani sistem. File cache inilah yang bisa membuat penyimpanan HP cepat penuh.

Baca juga: 3 Cara Mudah Aktifkan Paket Internet Smartfren

Saat ini, Smartfren merupakan salah satu provider andalan yang banyak digunakan oleh orang di Indonesia. Smartfren merupakan salah satu provider telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang populer berkat jaringan 4G LTE super cepat dan murah yang ditawarkannya. Dengan mempraktekkan cara mempercepat koneksi internet di atas, kamu akan lebih nyaman saat internetan pakai Smartfren. Tak perlu takut kehabisan pulsa, kamu bisa internetan sepanjang hari!

Pilihan paket internet dari Smartfren sangat beragam dan tersedia untuk mengikuti keinginan dan kebutuhanmu. Ada banyak pilihan paket internet Nonstop dengan jumlah kuota yang banyak. Cara mengaktifkannya juga sangat mudah. Kamu bisa hubungi *123# atau install aplikasi MySmartfren. Beli pulsa dan paket internet melalui aplikasi juga sangat mudah. Setelah berhasil install aplikasi MySmartfren, buka aplikasi dan login menggunakan nomor Smartfren milikmu. Kemudian, pilih menu paket yang ingin dibeli dan tekan tombol ‘Beli’. Maka pilihan paket internet Smartfren akan muncul dan kamu bisa pilih salah satu yang diinginkan. Klik ‘Beli Sekarang’, lalu konfirmasi pembayaran.

Pastikan saldo pulsa cukup untuk membeli paket yang kamu inginkan, ya. Atau, kamu juga bisa memilih metode pembayaran lainnya yang tersedia lengkap.

Berita Lainnya

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty