tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

10 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Minim

Mengelola keuangan rumah tangga memang gampang-gampang susah. Kebutuhan bulanan harus dipenuhi, namun menabung juga penting untuk dana darurat. Jika ingin mengelola keuangan dengan baik, ada beberapa langkah nih, yang bisa Kamu coba. Yuk, simak 10 cara efektif mengelola keuangan rumah tangga di bawah ini.

1. Hitung penghasilan bulanan

Dalam merencanakan keuangan rumah tangga, pendapatan bersih yang dibawa pulang adalah satu-satunya pendapatan yang perlu dicatat. Lupakan tentang penghasilan sebelum pajak.

2. Lacak pengeluaran

Cara ini membuat Kamu melihat lebih baik untuk apa saja uangmu dihabiskan. Kamu juga bisa tahu jenis pengeluaran apa saja yang bisa dipangkas.

3. Petakan tujuan keuangan yang ingin dicapai

Selain kebutuhan bulanan, Kamu harus memikirkan tentang persiapan dana untuk sekolah anak. Apa pun tujuanmu, pikirkan lebih masak setiap pos pengeluaran baik untuk yang jangka panjang atau pendek.

4. Buat daftar anggaran

Buatlah anggaran yang mendukung tujuanmu. Pertimbangkan untuk memulai anggaran dengan konsep 50/30/20, yaitu: 50% dari pendapatan untuk kebutuhan bulanan; 30% untuk “keinginan”, seperti hiburan dan makan di luar; dan 20% untuk tabungan.

5. Ajak seluruh keluarga untuk berdiskusi

Berbicara tentang perkara keuangan bisa dibilang merupakan salah satu hal paling sulit. Namun, percakapan ini sebenarnya dapat memperkuat keuangan dan hubungan antara setiap anggota keluarga.

6. Atur jadwal pembayaran tagihan bulanan

Jangan sampai Kamu kena denda! Pastikan pendapatan bulananmu tersedia ketika jadwal membayar tagihan datang.

7. Susun daftar belanjaan sebelum membeli

Salah satu cara terbaik untuk tetap berpegang pada anggaran adalah dengan membuat daftar belanja. Tulislah apa saja barang yang akan Kamu beli. Bawalah daftar itu bersamamu dan pastikan untuk membeli hanya barang-barang yang ada pada daftar.

8. Cari cara untuk meningkatkan pendapatan dan tabungan

Carilah pekerjaan sampingan jika memungkinkan. Cermat berbelanja dalam memilih produk terjangkau atau barang diskon juga bisa membantu menghemat pengeluaran.

9. Luangkan waktu untuk mengevaluasi kembali anggaran

Anggaran juga bisa berubah karena kebutuhan keluarga yang berubah. Bersiaplah untuk membuat penyesuaian pada anggaranmu setelah beberapa bulan menjalankan perencanaan keuangan.

10. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Jika digunakan secara bertanggung jawab, kartu kredit bisa menjadi alat keuangan yang cukup membantu. Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon atau promo lainnya. Gunakan untuk kebutuhan penting saja dan jangan menuruti keinginan pribadi. Ingatlah untuk selalu melunasi tunggakan setiap bulan.

Nah, itulah 10 cara efektif mengelola keuangan rumah tangga yang bisa Kamu ikuti. Kalau Kamu lagi berbelanja kebutuhan rumah tangga secara online, pastikan jaringan internet ponselmu kuat dan cepat, ya. Layanan paket internet smartfren tersedia untukmu yang butuh internet tangguh dengan harga terjangkau.

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty