tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Smartfren Bersama Perpusnas RI , PP GPMB dan FORMABI-KIP UIN Jakarta Kenalkan AI dan Literasi di Kalangan Gen Z

Smartfren bekerjasama dengan FORMABI-KIP (Forum Mahasiswa Bidikmisi Kip Kuliah) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Perpustakaan Nasional RI, dan PP GPMB (Gerakan Pembudayaan Minat Baca) telah berhasil menggelar Intensive Bidikmisi Class (IBC) bertempat di Ruang Serbaguna Lt 4 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada Sabtu (13/1/2024). Tema yang diangkat pada IBC kali ini adalah “Pengenalan Artificial Intelligence (AI) dan Tantangan Terhadap Gerakan Literasi di Masa Depan”.

Kegiatan dimulai dengan registrasi pada Pukul 10.00 WIB, diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai kalangan, mulai dari penerima KIP-Kuliah hingga masyarakat umum. Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari berbagai pihak, dimulai dengan sambutan dari Ketua Pelaksana IBC, Harun Nasution, perwakilan BPH Formabi-KIP, Siti Khodijah, Ketua PP GMPB Nasional, Bu Herlina Mustikasari, MA, Ph.D., dan Dewan Pertimbangan Organisasi yang juga leader Smartfren Community Jakarta Doni Renaldi S.H.

Setelah serangkaian sambutan, acara utama dimulai dengan pemaparan materi oleh narasumber, yang dimoderatori oleh Ratnasari, dimulai pukul 11.20 WIB. Head of Community Development & CSR Smartfren Telecom, yg juga salah satu Ketua PP GPMb, Dr. Dani M Akhyar, S.T. M.Si, memberikan pemaparan interaktif tentang pengenalan AI yang melibatkan audiens. Bahkan, narasumber menyediakan doorprize beragam untuk para hadirin yang berpartisipasi aktif, seperti menjawab pertanyaan, memberi pertanyaan, memfoto, dan posting di media sosial dengan tag akun yang ditentukan.

Pemaparan materi berlangsung hingga pukul 12.10 WIB, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Pertanyaan dibagi menjadi satu kloter, di mana kloter pertama diberi kesempatan untuk mengajukan 3 pertanyaan. Narasumber dengan sigap menjawab pertanyaan dari para peserta. Pada pukul 12.20 WIB, pemateri terakhir memberikan closing statement, diikuti oleh pengembalian acara kepada MC untuk pemberian sertifikat kepada narasumber dan foto bersama.

Sebelum acara berakhir pada pukul 12.25 WIB, dilakukan do’a bersama dan pembacaan hamdalah. Peserta umum dipersilakan membubarkan diri, sementara peserta penerima KIP melanjutkan kegiatan sosialisasi fasilitas perpustakaan dari pihak Perpusnas. Sosialisasi ini mencakup informasi mengenai fasilitas dari website Perpustakaan Nasional RI dan fasilitas di dalam gedung 24 lantai.

Setelah sosialisasi selesai, para peserta diundang untuk mengeksplorasi secara mandiri. Pihak kolaborator, Smartfren, mengumumkan pemenang doorprize dari Challenge dan memberikan hadiah kepada peserta yang beruntung. Smartfren juga menyediakan kartu perdana gratis dengan kuota internet hingga 9 Gigabytes kepada 30 pendaftar pertama kegiatan Intensive Bidikmisi-KIP Class.

Acara berakhir dengan sukses, meninggalkan kesan positif dan pengetahuan baru, terutama dalam memahami peran dan tantangan AI terhadap gerakan literasi di masa depan.

Dani Akhyar, dalam penutupnya menyampaikan bahwa Smartfren mempunyai salah satu misi yaitu Garda Stabilitas, yaitu membudayakan berinternet positif dan melek literasi digital ke masyarakat. Oleh karena itulah Smartfren terus berkomitmen untuk bekerjasama dengan berbagai pihak dalam mewujudkan hal tersebut.

Berita Lainnya

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty