tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Sukseskan Frugal Living dengan 8 Tips Cerdas Ini!

Tahukah kamu, bahwa terlalu sering belanja hal-hal di luar kebutuhan dapat berdampak buruk bagi kesehatan finansial? Karena barang belanjaan, akhirnya kamu batal menabung, gagal mempunyai dana darurat, atau bahkan skip membayar premi asuransi. Jika hal semacam ini sering terjadi, mungkin kamu bisa coba dulu gaya hidup frugal living.

Kamu bisa memulai hidup frugal living dengan cara mengubah mindset. Kemudian mulailah menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik, seperti membedakan keinginan dan kebutuhan. Sebelum apapun, kamu memang dituntut harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Kebutuhan yaitu sesuatu yang kamu butuhkan untuk hidup, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Namun kebutuhan tersebut juga bisa menjadi suatu keinginan jika sudah terpenuhi. Kamu tentu butuh makan 3 kali sehari, namun apakah minum kopi setiap hari perlu? Nah, kamu bisa menghemat dengan minum kopi seminggu atau sebulan sekali. Lalu gunakan uang yang kamu hemat untuk hal penting lainnya. Kemudian, lakukan evaluasi pengeluaran dan tentukan prioritas. Mana saja yang kamu butuh, dan mana saja yang kamu belum perlu. 

Ingin tahu lebih banyak seputar frugal living? Simak ulasan di bawah ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Frugal Living?

Frugal living dapat diartikan sebagai sebuah cara konsep yang di mana kamu sepenuhnya menyadari semua keputusan kamu dalam mengatur uang. Itu artinya, kamu akan memilih prioritas akan hal-hal yang penting untuk kamu. Setelah itu, kamu akan mengurangi budget dari aspek lain yang mungkin tidak terlalu penting. Dengan kata lain, kamu perlu berhemat agar kamu bisa memenuhi kebutuhan yang kamu anggap penting. Apakah frugal living sama dengan pelit? Tentu saja tidak!

Frugal living sangat berbeda dengan menjadi orang pelit. Biasanya, orang pelit akan selalu memilih untuk membeli hal termurah, dan bahkan tidak membeli sama sekali. Namun, frugal living memikirkan masalah kualitas. Misalnya kamu menyukai sepatu, sepatu A lebih murah namun hanya akan bertahan beberapa bulan. Sedangkan sepatu B lebih mahal, namun bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Orang yang pelit akan membeli sepatu A, atau tidak membeli sama sekali. Sementara, orang dengan konsep frugal living akan memilih Sepatu B, tapi tidak membeli sepatu lagi selama beberapa tahun ke depan karena fungsi sepatunya yang masih baik. Frugal living dapat membantu kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan, tapi juga membantu kamu untuk mengerem saat ingin belanja yang tidak penting. 

Tips Menjalankan Frugal Living

Jika kamu berniat untuk menerapkan frugal living, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar hidup lebih hemat dan berkesadaran seperti dilansir dari Wealth Simple:

1. Kelola pengeluaran dengan tepat

Mulailah dengan memilih metode penganggaran (budgeting), bisa menggunakan seperti aplikasi money tracking, jurnal, atau spreadsheet excel. Mulailah dengan melacak berapa banyak uang yang kamu belanjakan dan membagi transaksi tersebut ke dalam kategori.

2. Melunasi utang

Cara mudah untuk menghemat uang, adalah dengan membayar kembali pinjaman atau utang. Jadwalkan pembayaran utang dan jangan menundanya supaya kamu mendapatkan tingkat bunga yang lebih rendah.

3. Kecilkan rumah

Jika kamu dapat memotong biaya rumah, maka kamu akan memiliki lebih banyak uang untuk hal-hal lain seperti dana pensiun atau memulai bisnis kamu sendiri.

4. Belanja barang bekas

Berbelanja bekas adalah salah satu tips hidup hemat yang tidak lekang oleh waktu. Kamu bisa membeli mobil bekas atau baju preloved dengan harga miring, tetapi berkualitas baik. Percayalah, hampir semua barang akan berharga jauh lebih murah jika bukan barang baru. 

5. Beli kupon diskon 

Cara paling mudah untuk menghemat uang di toko adalah dengan membeli kartu hadiah (gift card) diskon dan menggunakannya saat kamu berbelanja. Kamu juga bisa melihat diskon atau promo dan membandingkan harga di e-commerce sebelum membeli barang yang diinginkan. 

6. Meal preparation

Perencanaan makan atau meal preparation juga dapat menghemat uang untuk makanan sekaligus menghilangkan pemborosan. Agar perencanaan makan bisa efektif, buka lemari es, freezer, dan dapur kamu, lalu lihat apa yang kamu miliki. Cobalah untuk merencanakan makanan dengan apa yang sudah kamu miliki daripada membeli semua bahan dalam satu waktu.

7. Investasi 

Kamu juga dapat menginvestasikan uang di rekening pensiun dan memilih reksa dana yang akan tumbuh seiring waktu. Berinvestasi berarti mengambil risiko bahwa nilai uang yang kamu miliki mungkin turun, tetapi pada akhirnya kamu akan menghasilkan lebih banyak.

8. Bandingkan barang 

Kebanyakan orang jarang berganti merek, kecuali mereka memiliki alasan yang cukup baik. Ini membuatnya sangat mudah untuk berbelanja, tetapi juga mudah untuk membayar lebih dari yang disadari. Cobalah untuk membandingkan spesifikasi dan harga sebuah barang dari berbagai merek. Kemudian, pilihlah yang harganya paling masuk akal dan sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. 

Baca juga: Jangan Asal! Perhatikan 4 Tips Memilih Provider Internet Terbaik

Yuk, hidup lebih hemat! Dengan hidup lebih hemat, maka kamu bisa memastikan kondisi keuangan yang lebih sehat. Urusan paket data internet juga harus memilih yang tepat. Supaya lebih hemat, kamu perlu mengandalkan layanan internet dengan jaringan full 4G seperti Smartfren. Ada banyak sekali pilihan paket internet yang ditawarkan Smartfren, yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Langsung saja kunjungi laman Smartfren.com sekarang juga. Jangan lewatkan promo yang sedang berlaku, ya!

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty