tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Manajemen Waktu Secara Efektif, Apa Manfaat yang Akan Diperoleh?

Apa itu manajemen waktu? Manajemen waktu dapat diartikan sebagai suatu cara untuk memanfaatkan dan mengatur setiap bagian waktu dalam mengerjakan aktivitas yang telah direncanakan, dan harus diselesaikan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Tujuan utamanya adalah untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Pada umumnya, efektivitas dalam sebuah pekerjaan dapat dilihat dari tercapainya tujuan atau target yang sudah ditetapkan dalam manajemen waktu.

Lantas, seberapa penting penerapan manajemen waktu, termasuk dalam hal pekerjaan? Tentu saja sangat penting! Jika kamu bisa menerapkannya, maka tidak akan ada lagi pekerjaan yang molor dari deadline, semua pekerjaan terselesaikan, bahkan bisa menentukan kesuksesan karier. 

Manfaat Manajemen Waktu

Kemampuan dalam mengatur waktu secara efektif adalah keahlian yang penting dimiliki oleh setiap orang. Mungkin terlihat seperti hal yang berlawanan ketika kamu mendedikasikan waktu yang berharga untuk belajar mengenai manajemen waktu, daripada menggunakannya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Namun, manfaat yang akan didapatkan sangat besar. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan efisiensi dan produktivitas kerja. 
  • Reputasi profesional yang jauh lebih baik.
  • Meminimalisir stress.
  • Peningkatan kesempatan untuk maju dan juga berkembang.
  • Peluang yang jauh lebih besar untuk mewujudkan keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi. 

Tips Manajemen Waktu yang Efektif

manajemen waktu

Nah, berikut ini adalah beberapa tips manajemen waktu yang dapat kamu terapkan. Baik untuk kehidupan pribadi, maupun dalam hal pekerjaan. Simak satu per satu! 

1. Ciptakan rutinitas pagi

Kebanyakan orang sukses ternyata punya kegiatan rutin yang setiap pagi mereka lakukan, lho. Kegiatan ini bisa beragam mulai dari bangun lebih pagi, berolahraga, membaca berita, atau pun mempersiapkan membuat sarapan sehat. Rutinitas pagi inilah yang ternyata bisa menjadi pondasi awal untuk menyelesaikan hari. Dengan memiliki rutinitas di pagi hari, maka seseorang dapat menjadi lebih fokus dalam mencapai tujuannya.

2. Membuat perencanaan

Perencanaan akan mempermudah kamu dalam menentukan tugas apa saja yang harus lebih dulu dikerjakan. Dengan adanya perencanaan, maka kamu tidak memerlukan waktu lagi untuk berpikir tugas apa yang selanjutnya harus dilakukan. Kamu bisa membuat semacam daftar yang berisi list tugas-tugas yang harus diselesaikan mulai dari yang terpenting, hingga tugas yang dirasa memiliki waktu tenggang lebih banyak.

3. Disiplin waktu

Tentu saja, bagi kamu yang baru memulai menerapkan manajemen waktu perlu disiplin waktu yang tinggi. Kamu perlu membiasakan diri untuk bekerja dengan disiplin waktu, yang artinya kamu tidak boleh menunda-nunda pekerjaan lagi. Sebab, sikap tidak disiplin akan membuat pekerjaan semakin lama semakin menumpuk dan tidak segera terselesaikan.

4. Fokus dengan apa yang dikerjakan

Berusahalah untuk mengerjakan apa yang sudah kamu agendakan, dan jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan kamu. Misalnya, main game atau sering mengantuk saat bekerja, hal-hal seperti ini bisa menunda kesuksesanmu, lho.

5. Berani mengambil keputusan

Manajemen waktu tidak akan berkembang jika kamu tidak dapat mengambil keputusan untuk diri sendiri. Maka dari itu, mulai belajarlah untuk mengambil keputusan dengan bijak dan berani untuk mengambil risiko, karena sesungguhnya risiko yang kamu dapat dari sebuah pengambilan keputusan akan membuat diri kamu semakin berkembang.

6. Jaga kesehatan

Menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak tentunya akan membuatmu kelelahan. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan agar tidak mudah sakit, dan semua pekerjaan akan terselesai. Terapkan gaya hidup sehat dan sesekali berolahraga. Sesibuk apapun aktivitas yang tengah kamu jalani, kamu harus tetap sehat.

7. Hindari stres

Saat kamu merasa bahwa apa yang kamu kerjakan begitu berat, maka saat itu juga kamu akan kesulitan mengatur waktu untuk bekerja. Maka dari itu, hindari stres dan jangan lupa untuk melakukan relaksasi dengan mengerjakan apa yang kamu sukai. Lantas, bagaimana jika sudah terlanjur stres? 

Stres sendiri memiliki dampak yang berbeda pada setiap orang, di mana hal ini membuktikan bahwa manajemen stres memang merupakan sesuatu yang dapat dipelajari. Dimulai dari kesadaran akan pentingnya manajemen stres, secara otomatis manajemen waktu yang kamu miliki juga ikut berkembang. Jadi, mulailah menerapkan manajemen stres sebagai ritual wajib, jika kamu menginginkan manajemen waktu yang lebih efektif.

Baca juga: Efektif! 5 Tips Menabung Ini Cocok untuk Anak Muda

Manajemen waktu akan lebih mudah untuk dilakukan jika kamu menerapkan beberapa tips di atas. Ingatlah, waktu tidak akan dapat diulang sehingga kamu harus memanfaatkan waktu yang kamu miliki sebaik-baiknya. Jangan lupa juga untuk menetapkan tujuan secara jelas, sehingga kamu tahu untuk apa waktu kamu digunakan.

Ada banyak sekali tips dan trik seputar manajemen waktu yang bisa kamu pelajari secara cuma-cuma di internet. Tapi, pastikan kamu menemukan sumber yang terpercaya. Dan ingat, kamu tidak akan leluasa internetan kalau kuota internetmu terbatas. Maka dari itu, segera aktifkan paket internet dari Smartfren! Tersedia banyak sekali jenis paket internet yang ditawarkan, yang tentunya bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Cek informasi selengkapnya di sini!

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty