tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Ingin Tampil Luar Biasa? Kuasai 5 Tips Meningkatkan Skill Public Speaking Ini

Tahukah kamu, bahwa yang disebut dengan public speaking itu bukan sekadar berbicara  di depan umum saja? Sebab, yang disebut dengan public speaking itu adalah cara berkomunikasi di depan umum yang baik dengan sistematika, dan juga aturan tertentu.  Ketika seseorang dapat melakukan komunikasi di depan banyak orang dengan cara yang baik, maka hal itu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi dirinya.

Menurut catatan sejarah, istilah public speaking pada mulanya diartikan oleh para ahli retorika sebagai kemampuan atau seni berbicara. Kemudian istilah ini berkembang sejak abad sebelum masehi. Pada saat itu, istilah ini sangat identik dengan pidato, lalu dalam perkembangannya, mulai didefinisikan oleh para ahli. Menurut kamus Merriam-Webster, public speaking didefinisikan sebagai aksi, tindakan, atau seni dalam berbicara yang biasanya dilakukan di depan sekelompok besar orang.

Apa Saja Metode Public Speaking?

Setidaknya, ada empat metode yang sering digunakan untuk berbicara di depan umum. Kamu bisa menggunakan salah satu cara atau beberapa cara sekaligus dengan menyesuaikan kondisi.Yuk, langsung saja simak metode-metodenya.

1. Metode Impromptu atau Ad Libitum

Metode impromptu adalah cara berbicara di depan umum tanpa adanya catatan atau naskah sama sekali. Bahkan catatan mengenai apa saja yang perlu diingat dan dipelajari juga tidak ada. Metode ini pada umumnya dilakukan karena kebutuhan yang mendesak. Metode impromptu ini dilakukan secara spontanitas. Dalam dunia siaran, ad libitum berarti berbicara tanpa adanya naskah atau script. Dengan demikian, metode ini sangat mengandalkan kemampuan personal public speaker.

2. Metode Reading Manuscript

Berbicara di depan umum dengan metode ini dilakukan dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya. Naskah yang dibaca biasanya memiliki isi yang penting. Contoh public speaking yang menggunakan metode ini adalah pidato di upacara, pengumuman genting mengenai kebijakan publik, pengumuman pemilu, dan lain sebagainya.

3. Metode Memoriter

Dengan metode hafalan atau memoriter ini, maka pembicara tidak lagi menggunakan teks saat tampil di depan umum karena isi teks yang telah disiapkan sebelumnya telah dihafalkan. Cara ini sangat menantang, karena metode ini hanya disarankan untuk kamu yang mempunyai daya ingat yang tajam. Tidak hanya itu, kamu juga dituntut untuk menguasai ide, gagasan, serta susunan bahasa yang ada di dalam teks. Bagi kamu yang memiliki kemampuan improvisasi dalam komunikasi dan retorika, maka sangat cocok dengan metode ini karena metode hafalan sangat dipengaruhi oleh kemampuan pembicara dalam menyampaikan emosi melalui pidatonya.

4. Metode Using Note

Metode using note adalah metode yang paling direkomendasikan, karena metode ini dilakukan dengan cara menuliskan kisi-kisi, outline, atau garis besar dari bahasan yang ingin disampaikan kepada audience. Untuk kamu yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam melakukan public speaking, metode menggunakan catatan kecil ini sangat disarankan.

Tips Meningkatkan Skill Public Speaking

Jika kamu ingin tampil di depan umum, namun bingung harus memulai darimana, maka kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini. Berikut ini adalah tips dalam melakukan public speaking yang akan membuatmu terlihat luar biasa.

1. Kenali audiens yang menjadi target 

Mengenali audiens atau publik pada saat hendak berbicara di depan umum akan sangat dapat membantu pembicara lebih mudah diterima. Orang lain yang menjadi audiens akan merasa lebih diperhatikan, memiliki kecocokan, serta ketertarikan. Adapun hal-hal yang perlu dikenali dari audiens di antaranya adalah seperti latar belakang, bahasa, usia, suku, pendidikan, dan tujuan diadakannya acara tersebut.

2. Kuasai materi

Penguasaan materi yang baik adalah kunci sukses dari public speaking. Hal ini menjadi penting, karena jika seseorang pembicara berbicara di depan umum, maka ia menjadi pusat perhatian dari semua orang. Selain itu, penguasaan materi yang baik saat berbicara di depan umum juga sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang saat membawakan materinya. Maka dari itu, menjadi penting memiliki topik atau isu yang lebih dikuasai, dibandingkan asal pilih.

3. Susunlah poin-poin penting

Penyusunan poin-poin penting berupa outline, bertujuan untuk mengantisipasi daya ingat yang sangat terbatas. Catatlah hal-hal penting yang ingin dibicarakan agar pembicaraan fokus dan tidak melebar kemana-mana. Selain itu juga untuk mempermudah alur penyampaian materi.

4. Siapkan alat bantu

Alat bantu dapat digunakan untuk membuat public speaking lebih menarik. Seperti penggunaan alat peraga, demonstrasi, slide powerpoint, video, dan lainnya.

5. Latihan secukupnya

Sebelum tampil di depan umum, pastikan kamu melakukan latihan terlebih dahulu. Latihan dimaksudkan supaya pada saat berbicara di depan umum kamu dapat meminimalisir suatu kesalahan. Selain itu proses public speaking juga akan berjalan lancar. Latihan dapat dilakukan secara mandiri di depan cermin atau pun di depan orang lain yang kamu percaya.

Baca juga: Mendambakan Internet Cepat? Coba Akali Pakai 7 Tips Ini

Dapatkan berbagai tips seputar skill komunikasi lainnya di internet. Kamu juga bisa menyaksikan pembicara-pembicara handal di YouTube, dan perhatikan bagaimana cara mereka membawa diri saat tampil di depan umum. Tapi sebelum itu, pastikan dulu bahwa internetmu terkoneksi pada jaringan full 4G dari Smartfren. Kamu bisa beli paket Unlimited Nonstop Smartfren. Dengan paket Unlimited Nonstop dari Smartfren, kamu bisa merasakan pengalaman internetan sepuasnya sepanjang hari. Jadi, tunggu apa lagi? Aktifkan segera paket Smartfren-mu!

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty