tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Roaming Data Adalah Layanan Data Lanjutan, Ternyata Ini Fungsinya!

roaming data adalah

Apakah kamu sudah sering mendengar istilah roaming, tetapi tidak tahu apa artinya? Istilah ini memang seringkali didengar pada musim tertentu, misalnya saat musim liburan di mana orang-orang banyak yang pergi liburan ke luar negeri dan juga saat musim haji tiba. Bahkan, istilah roaming semakin sering dengar apabila layanan yang ditawarkan dipromosikan melalui media elektronik dan surat kabar. Roaming data adalah sebuah acuan sambungan jaringan internet ponsel. Roaming data ini akan bekerja ketika pengguna ponsel tidak dapat terkoneksi dengan jaringan karena berada di luar jangkauan. Salah satu contohnya adalah ketika pengguna berada di luar negeri, sedangkan masih menggunakan provider dalam negeri.  

Pada saat di luar negeri, jaringan ponsel tidak dapat dijangkau, sehingga pada keadaan tersebut secara otomatis ponsel akan mencari jaringan lain yang ada di sekitar lokasi tersebut. Provider lokal atau dalam negeri biasanya bekerja sama dengan provider yang ada di lokasi tersebut (luar negeri), sehingga provider yang digunakan akan secara otomatis mengaktifkan fitur roaming. Sebagai catatan, fitur ini akan aktif jika kamu mendaftar atau mengaktifkan terlebih dahulu sebelum keberangkatan, ya. 

Biaya yang harus dikeluarkan supaya kamu bisa menggunakan roaming data cukup variatif, tergantung pada penyedia layanan internet yang digunakan. Pastinya biaya yang dikeluarkan sebanding dengan kebutuhannya, kok. Jika kamu ingin mendapatkan harga yang lebih murah, maka kamu bisa mencoba paket-paket roaming yang disediakan oleh provider. Jadi, nantinya biaya roaming data tidak langsung dipotong dari pulsa. Pembelian paket data juga harus dilakukan, karena jika tidak maka roaming data tidak akan aktif.

Fungsi Roaming Data Adalah? 

Selain memahami arti roaming data, kamu juga harus memahami fungsi dari roaming data itu sendiri. Fungsi roaming data adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna dapat melakukan penelusuran dengan browser.
  2. Dapat mengakses Facebook, Twitter, Instagram dan sosial media lainnya.
  3. Tetap terhubung dengan kontak Whatsapp dan juga melakukan pembaruan status Whatsapp. 
  4. Semua kegiatan yang berkaitan dengan jaringan internet tetap dapat berjalan, pastinya harus memiliki kuota yang cukup. 
  5. Pengguna ponsel dapat mengirimkan dan menerima pesan SMS, baik dalam bentuk teks maupun multimedia. 
  6. Dapat melakukan panggilan dan juga menerima panggilan.
  7. Dapat melakukan video call.
  8. Ketika berada di mode pesawat, maka panggilan telepon akan tersimpan dalam bentuk voice mail. 

Cara Menggunakan Roaming Data Adalah? 

Setelah arti roaming data dan fungsinya, kini saatnya kamu memahami cara menggunakannya. Hal pertama yang perlu diketahui sebelum menggunakan roaming data adalah membeli paket kuota dari operator yang bersangkutan. Terkadang, ada paket lengkap untuk sekali pembelian, dari mulai panggilan telepon, SMS, dan kuota internet. Penggunaan roaming data pada dasarnya sangat mudah, yaitu seperti penggunaan ponsel biasanya. Sebagai pengguna, kamu dapat melakukan panggilan, SMS, berselancar di internet maupun menggunakan sosial media. 

Sebelum menggunakan roaming data, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara melakukan pengaturan pada ponsel. Berikut ini adalah cara mengaktifkan roaming data bagi pengguna ponsel android:

  1. Pertama, buka menu pengaturan atau setting yang ada di ponsel.
  2. Lalu cari dan masuk ke menu kartu SIM.
  3. Selanjutnya ketuk menu Roaming Data, dan pilih aktifkan Roaming Data.
  4. Setelah itu, matikan ponsel dan nyalakan kembali (restart).
  5. Apabila sudah menyala kembali, hubungkan dengan jaringan internet dan roaming data akan secara otomatis aktif

Sedangkan apabila kamu menggunakan ponsel iPhone, maka lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu pengaturan yang ada, lalu cari dan pilih menu Data seluler.
  • Langkah selanjutnya adalah buka Pengaturan Data Seluler dan aktifkan Roaming Data.

Cara Mengaktifkan Roaming Data Internasional Smartfren

Kalau kamu adalah pengguna Smartfren, kamu dapat mengaktifkan data roaming saat masih di dalam negeri atau setibanya di destinasi tujuan. Smartfren saat ini tengah mengembangkan jaringan roaming internasional di 15 negara, lho. Nah, berikut ini adalah tips untuk mengaktifkan data roaming internasional Smartfren:

1. Kunjungi Galeri Smartfren

Pilihan ini bisa dilakukan jika kamu ingin mendapatkan panduan lebih jelas dan lengkap mengenai informasi data roaming internasional smartfren. Kamu akan dibantu secara langsung oleh customer service untuk aktivasi paket data roaming internasional sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Sangat mudah dan praktis, bukan?

2. Melalui USSD *123#

Tidak ada waktu untuk pergi ke Galeri Smartfren? Jangan khawatir, karena kamu bisa tetap aktivasi paket data roaming sendiri. Caranya juga tidak sulit. Kamu tinggal melakukan panggilan ke nomor *123#, setelah tersambung maka akan muncul beberapa pilihan. Pilihlah opsi “roaming“, lalu pilih paket yang ingin kamu beli. Paket akan aktif setelah pembelian, dan nomor akan bisa langsung dipakai setelah sampai di destinasi tujuan. 

3. Melalui Aplikasi MySmartfren

Aktivasi paket data roaming juga dapat dilakukan lewat aplikasi MySmartfren. Kamu bisa memilih layanan prepaid roaming service “0 rupiah” untuk aktivasi roaming pertama kali, lho. Silakan kamu pilih paket roaming sesuai kebutuhan selama perjalanan nanti, ya! Jika sudah berada di luar negeri dan baru ingin mengaktifkan paket data roaming, kamu pun bisa mengandalkan aplikasi MySmartfren. Selama kamu terhubung dengan wifi dan bisa mengakses aplikasinya, maka kamu bisa aktivasi paket data roaming

Baca juga: Gampang Banget! Ini 3 Cara Registrasi Kartu Smartfren Unlimited

4. Mengunjungi Situs Smartfren

Ada banyak sekali informasi penting yang tersedia di situs resmi Smartfren, salah satunya adalah tentang pilihan paket data roaming-nya. Nah, kamu bisa menemukan beragam paket beserta jumlah kuota dan destinasi yang dituju. Ada juga video tutorial aktivasi paket data roaming-nya!

Tapi sebelumnya, pastikan dulu SIM card yang kamu gunakan sudah bisa mendukung aktivasi data roaming internasional. Pastikan juga perangkat atau ponsel yang kamu pakai bisa digunakan di luar negeri. Setelah melakukan instruksi yang ada di atas, segera periksa status internasional roaming apakah sudah aktif atau belum. Kamu juga bisa cek dan mendapatkan informasi lebih lengkap dari website Smartfren!

Berita Lainnya

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty