tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Mudahnya Jadi Youtuber Profesional, Terapkan 8 Langkah Ini!

mudahnya jadi youtuber

Di era serba teknologi seperti sekarang ini, semakin banyak orang yang menjalani karier sebagai seorang Youtuber. Saat melihat Youtuber sukses, kamu mungkin akan bergumam betapa mudahnya jadi Youtuber. Hanya membuat channel di Youtube yang terbilang gampang, seseorang memang bisa mendulang kesuksesan dan kepopularitasan. Namun kamu harus tahu, bahwa menjadi seorang Youtuber tidak sekadar membuat channel YouTube saja. Jika ingin jadi Youtuber profesional, tentu saja diperlukan persiapan yang lebih serius.

Mudahnya Jadi Youtuber Profesional

mudahnya jadi youtuber

Nah, berikut ini ada beberapa langkah mudah menjadi Youtuber sukses yang bisa kamu simak dan praktikkan.

1. Tentukan kesuksesan yang ingin diraih

Langkah pertama untuk mewujudkan impian mudahnya jadi Youtuber adalah menentukan jenis sukses yang ingin kamu raih. Hal ini penting karena akan membuat kamu fokus dengan apa yang ingin dicapai. Dengan begitu, hal-hal yang mengganggu prioritas langkah kamu bisa diabaikan. Setidaknya ada tiga jenis kesuksesan sebagai Youtuber, yaitu:

  • Jumlah subscriber
  • Engagement
  • Monetisasi

Bisa saja kamu hanya fokus pada salah satu tujuan di atas. Namun, kamu bisa juga lho memilih ketiganya sesuai prioritas dan perkembangan channel kamu.

2. Pasang target yang terukur

Setelah memiliki tujuan, jangan lupa untuk menentukan goal yang terukur. Kenapa hal ini penting? Alasan utamanya adalah memastikan tingkat kesuksesan dapat diukur. Oleh karena itu, kamu harus memasang target supaya keinginan kamu tercapai dengan tepat waktu. Dengan memiliki target, maka kamu akan menjadi lebih disiplin dan lebih mudah dalam menyusun rencana ke depan. 

3. Pilih niche yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan

Cara mudahnya jadi Youtuber sukses berikutnya adalah memilih niche yang sesuai minat dan kemampuan. Niche adalah topik khusus sesuai dengan target viewer kamu. Contohnya adalah music, gaming, dan beberapa niche lain. Memilih niche yang tepat akan membantu kamu produktif. Sebab, kamu akan menikmati pekerjaan tersebut sehingga bisa terus menghasilkan konten kreatif. 

4. Tentukan tipe konten

Setelah memilih niche, akan lebih mudah lagi jika kamu menentukan tipe konten. Apa saja tipe konten yang bisa kamu buat?

  • Educate. Viewer akan mendapatkan suatu pengetahuan yang bisa meningkatkan kesadaran dan pemahaman mereka akan sesuatu.
  • Entertain. Viewer akan terhibur dengan konten yang kamu buat. Biasanya, konten dengan jenis ini adalah yang paling banyak di-share sehingga sangat cocok untuk meningkatkan engagement.
  • Convert. Viewer akan menjadi terdorong untuk melakukan sesuatu. Baik itu pembelian, berlangganan, dan masih banyak lagi.

Sebaiknya kamu tetap fokus pada satu tipe konten. Selain mudah dalam mengembangkan channel, juga membantu membentuk niche yang kuat. Hal ini sangat penting, sebab akan membuat audiens melihat kamu sebagai spesialis atas niche tersebut.

5. Temukan ciri khas kamu sebagai Youtuber

Saat memutuskan menjadi Youtuber, itu artinya kamu harus siap untuk bersaing dengan jutaan akun YouTube lainnya. Tanpa memiliki ciri khas yang kuat, tentunya akan sulit untuk dikenal dan menjadi channel YouTuber yang besar. Artinya, menentukan niche dan tipe konten yang spesifik saja belum cukup. Menemukan ciri khas kamu adalah langkah wajib dalam cara mudahnya jadi Youtuber. Ciri khas bisa berupa setting ruangan, atribut yang kamu pakai, gaya bahasa, dan lain sebagainya.

6. Rancang konten yang menarik

Materi konten yang menarik merupakan salah satu alasan mengapa sebuah video YouTube mampu menjaring banyak penonton, bahkan menduduki tangga trending. Maka dari itu, kamu perlu merancang konten yang menarik khususnya bagi segmen pasar yang kamu tuju.

7. Siapkan peralatan yang diperlukan

Peralatan adalah salah satu investasi utama cara mudahnya jadi Youtuber sukses. Dengan menggunakan peralatan yang memadai, maka rancangan konten kamu akan dapat dijalankan dengan keren dan ciamik. Memangnya, apa saja sih peralatan yang diperlukan untuk menjadi seorang Youtuber?

  • Teleprompter, yaitu layar untuk menampilkan skrip konten. Dengan alat ini, kamu tidak perlu menghafal seluruh isi skrip.
  • Mikrofon eksternal.
  • Lighting.
  • Kamera.
  • Aplikasi video editing.

8. Fokus saat pembuatan video

Setelah peralatan produksi siap, langkah selanjutnya adalah fokus saat pembuatan video. Tujuannya adalah supaya proses produksi video lebih lancar dan efisien. Dengan proses produksi yang baik, maka video YouTube kamu akan semakin berkualitas.

Baca juga: Meski Simple, Trend Fashion Hijab Ini Bisa Bikin Tampilanmu Menawan

Nah, itu tadi 8 langkah mudahnya jadi Youtuber profesional. Selain komitmen dan juga mempunyai alat yang mumpuni, paket internet yang cepat juga akan membawamu menjadi seorang Youtuber yang sukses. Sebab, dengan koneksi yang cepat dan stabil kamu akan lebih nyaman internetan . Mencari ide dan upload video juga akan menjadi lebih mudah dengan smartfren. Kamu bisa memilih paket Unlimited Nonstop yang bisa diakses selama 24 jam bebas worry. Penasaran mau coba menggunakan paket Unlimited Nonstop dari smartfren?

Berita Lainnya

© Copyright 2022 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty