5 Jenis Investasi, Pemula Wajib Tahu Ini

Cara investasi untuk pemula nyatanya tidak sulit dengan apa yang dibayangkan banyak orang. Bagi Kamu yang ingin mengenal dunia investasi dari awal, berikut ini ada beberapa jenis investasi yang cocok untuk mulai ditekuni oleh para pemula.

Mengenal Jenis Investasi untuk Para Pemula

Saat ini telah tersedia beragam jenis investasi yang bisa Kamu pilih. Besaran modalnya pun bervariasi dengan perhitungan risiko yang sama, yaitu high risk – high return. Bagi pemula, ada baiknya memilih jenis investasi dengan risiko rendah terlebih dahulu agar bisa pelan-pelan mempelajari dunia investasi sambil terjun langsung di dalamnya.

Nah, berikut ini 5 jenis investasi yang cocok untuk dilakukan para pemula seperti yang dikutip dari IDXChannel.

1. Deposito

Deposito menjadi instrumen investasi yang sudah sejak lama dikenal. Instrumen investasi menjadi populer karena mudah untuk dilakukan dan relatif lebih stabil. Dengan bunga pendapatan berkisar antara 5% sampai 8%, deposito memiliki daya tarik yang besar bagi para investor pemula.

Selain itu, produk deposito juga dikelola langung oleh pihak bank dan Kamu tinggal menyetorkan sejumlah dana dan didiamkan saja dalam tempo waktu beberapa tahun.

2. Logam mulia

Selain deposito, investasi lainnya yang cocok dipilih oleh para pemula adalah logam mulia atau emas. Investasi ini menawarkan keuntungan yang lebih stabil dan cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Harga emas yang stabil dan cenderung naik menjadi alasan kenapa keuntungan yang ditawarkan lebih stabil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

3. Reksa dana

Reksa dana menjadi instrumen investasi yang cocok bagi Kamu yang ingin mulai mengenal pasar saham. Kamu cukup membeli penawaran-penawaran produk yang ditawarkan oleh manajemen investasi. Nantinya, merekalah yang akan mengelola dana di pasar saham.

Dana kelolaan ini disebarkan pada produk-produk investasi yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko agar bisa serendah mungkin. Oleh karena itu, reksa dana cocok bagi Kamu para pemula.

4. Saving Bonds Ritel (SBR)

Selain reksa dana, Kamu juga bisa mulai berinvestasi pada Saving Bonds Ritel (SBR). Pada dasarnya SBR adalah surat utang yang diterbitkan oleh negara yang bisa dibeli oleh siapa saja. Dalam instrumen ini, Kamu akan berperan sebagai pemberi pinjamaan kepada pemerintah.

Dengan adanya tangan pemerintah, tentunya berinvestasi SBR bisa lebih terjamin. Modal awal yang dikeluarkan pun rendah dan profit bunganya bisa mencapai 6,3% dalam satu tahun. Adapun untuk jangka waktunya hanya dua tahun dengan kesempatan bisa mencairkan investasi lebih awal lewat fasilitas Early Redemption.

5. Valuta asing (Valas)

Valuta asing atau valas menjadi instrumen investasi yang sudah cukup lama dikenal. Sistem yang mudah dipahami dan besaran modal yang bisa ditentukan sendiri menjadi alasan kenapa valas cocok untuk pemula.

Saat berinvestasi di valas, Kamu akan membeli mata uang asing dalam jumlah yang ditentukan sendiri. Mata uang asing ini bisa disimpan dalam jangka waktu tertentu atau dijual saat harganya sudah lebih tinggi dari saat Kamu membelinya.

Meskipun menjanjikan keuntungan yang besar, risiko yang dihadapi pun cenderung lebih tinggi. Hal ini disebabkan pergerakan nilai mata uang ini sangat bergantung pada kondisi perekonomian dan politik secara global.

Untuk mulai berinvestasi pun sekarang sangatlah mudah karena bisa dilakukan secara online. Kamu hanya tinggal memiliki sambungan internet yang bisa diandalkan untuk melakukannya. Bagi Kamu pengguna smartfren ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk cek nomor demi mengisi paket data dengan cepat.

Pertama adalah dengan melakukan panggilan ke *995# dan pilih INFO lalu tekan OK/YES/CALL. Cara kedua adalah dengan mengirimkan SMS ke 995 dengan mengetik “INFO.”

Cara ketiga adalah dengan menggunakan layanan aplikasi My Smartfren. Aplikasi ini akan menampilkan informasi seperti nomor smarfren, jumlah kuota terkini, transaksi pulsa sampai paket data.

Nah, itulah jenis investasi untuk pemula dan cara cek nomor smartfren. Bagi pengguna provider tersebut, jangan lewatkan untuk kesempatan mendapatkan bonus istimewa. Jadi, penasaran kan?

Berita Lainnya

© Copyright 2021 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty