Call Us +62 889 777 01 777
ID | EN

Call Us

+62 889 777 01 777

Beranda / Berita / 5 Keunggulan Jaringan SD-WAN Sebagai Solusi Keamanan Digital
5 Keunggulan Jaringan SD-WAN Sebagai Solusi Keamanan Digital
08 Mar 2022

Belakangan ini, SD-WAN (software defined wide area network) menjadi teknologi jaringan generasi terbaru yang diandalkan banyak perusahaan. Apalagi setelah terjadi pandemi yang cukup memberikan perubahan pada situasi kerja.

 

Kini, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan akses dimana saja dengan koneksi internet yang memadai untuk bisa mendapatkan akses data internal perusahaan, baik di data center kantor yang memerlukan akses pvn maupun yang memerlukan akses Cloud. Lalu, Apa saja keunggulan jaringan SD-WAN sebegai solusi kebutuhan digital? Berikut Informasinya.

 

5 Keunggulan Jaringan SD-WAN untuk Solusi Keamanan Digital

 

Selain berbagai kebutuhan digital, penggunaan aplikasi berbasis cloud juga membutuhkan kinerja ekstra jaringan. Selain itu, aspek keamanan digital antara satu sistem dengan sistem lainnya juga harus tetap terjaga.

 

Dibawah ini akan dibahas beberapa keunggulan yang diberikan SD-WAN jika dibandingkan dengan teknologi WAN konvensional.

 

1.      Andal

 

Untuk menjamin keandalan jaringan WAN, sebelumnya perusahaan harus menggunakan dua sambungan MPLS (Multiprotocol Label Switching). Dengan SD-WAN, pengelola jaringan dapat menggabungkan lebih dari satu jenis konektivitas.

 

Lalu lintas data dapat mengalir di dua atau lebih sambungan, misalnya broadband dan seluler (Long Term Evolution atau LTE, dan nantinya 5G). Selain itu, perusahaan juga bisa memanfaatkan jasa  dari beberapa penyedia saluran komunikasi berbeda.

 

Penggunaan berbagai jenis sambungan dan penyedia jasa layanan ini memastikan koneksi data yang lebih andal. Perusahaan dapat mempertahankan koneksi MPLS, namun dengan backup sambungan lain (internet atau seluler). Dengan SD-WAN, proses pengolahan data jadi lebih aman dan praktis.

 

Jika mencari perangkat komunikasi virtual untuk bisnis, ada baiknya mengandalkan [paket Zoom Business 300](https://www.smartfren.com/business/en/shop/zoom-business-300?product=1658) dari smartfren. Selain harganya relatif terjangkau, kapasitas ruang interaksinya pun bisa mencapai hingga 300 peserta.

 

2.      Aman

 

Meskipun tidak lagi menggunakan sambungan privat seperti WAN tradisional, jaringan SD-WAN tetap terjamin keamanannya. Saluran komunikasinya dilengkapi dengan proteksi khusus (secure tunnel) yang menggunakan enkripsi. Lalu lintas data tetap terlindungi.

 

Meskipun SD-WAN menggunakan sambungan publik seperti broadband atau jaringan seluler, privasi data perusahaan tetap terjaga. Tidak perlu khawatir berlebihan lagi soal keamanan digital pada jaringan kantor. Dengan situasi yang kondusif, produktivitas perusahaan juga bisa menjadi lebih baik.

 

3.      Hemat

 

Pemasangan SD-WAN di jaringan perusahaan dapat memangkas biaya maintenance dan bulanan hingga mencapai lebih dari 40 persen. Penghematan ini bisa terjadi karena perusahaan bisa beralih dari MPLS untuk sambungan privat ke jenis sambungan lain. Dengan mengandalkan internet, broadband dan LTE, perusahaan bisa mendapatkan performa dan perlindungan yang baik namun dengan tarif  lebih murah.

 

4.      Performa tinggi

 

Perusahaan dapat membangun jaringan SD-WAN dengan kapasitas bandwidth lebih tinggi dibandingkan jaringan WAN sebelumnya. Performa aplikasi SaaS (software as a service) juga  akan lebih optimal. Pengguna dapat langsung mengakses penyedia aplikasi SaaS dan layanan cloud langsung lewat Internet tanpa memutar jalur ke data center terlebih dahulu.

 

5. Pengelolaan lebih mudah

 

Kelebihan lain SD-WAN adalah kemudahan dalam pengelolaan jaringannya jika dibandingkan WAN tradisional. Pengelolaan dapat dilakukan secara terpusat, baik traffic maupun kebijakan keamanan (security policy). Lebih lanjut lagi, dengan model managed SD-WAN pengelolaan dapat dibantu oleh penyedia jasa managed service.

 

Nah, itulah 5 kelebihan teknologi jaringan SD-WAN untuk berbagai kebutuhan digital perusahaan. Jika membutuhkan perlengkapan dan teknologi untuk perusahaan, ada baiknya mengandalkan beragam produk yang ditawarkan smartfren. BUSINESS. Bahkan tersedia Paket Google Workspace Business Plus yang bisa diakses hingga 250 pengguna. Menarik ya?

Share This News
Related News
newimage
20 Oct

Kolaborasi Smartfren for Business dan Vonage Berikan Solusi Interaksi Bisnis dengan Pelanggan

newimage
12 Apr

Empower Your Digital Transformation with Google Cloud VMware Engine Solution

newimage
03 Apr

Safeguarding Data In Google Cloud Platform by Using Backup and DR

newimage
31 Mar

Understanding Stratozone's Workload Assessment Process