7 Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kos

Mengatur keuangan bisa jadi tantangan tersendiri untuk anak kos. Tak cukup hanya memegang prinsip ‘ketatkan ikat pinggang’, kamu juga harus  menghindari kasus ‘lebih besar pasak daripada tiang’. Jangan sampai daftar belanja dan pengeluaran membuat kondisi keuangan kritis sebelum waktu gajian berikutnya tiba.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur keuangan untuk anak kos supaya tetap bisa memenuhi kebutuhan dan menabung. Nah, inilah tips mengatur keuangan yang baik untuk anak kos yang bisa diaplikasikan di dunia nyata. Simak yuk!

Tips Mengatur Keuangan Anak Kost

Hidup sebagai anak kos bukan hanya berlaku buat kamu yang masih kuliah dan ketergantungan dengan biaya dari orang tua. Kamu yang sudah bekerja dan menerima gaji bulanan pun harus pandai mengatur keuangan selama menjadi anak kos. Bagaimana caranya?

1. Buatlah pencatatan keuangan dengan baik

Hal pertama yang harus kamu sadari adalah jumlah total pendapatan yang bisa kamu dapatkan selama satu bulan. Baik yang menerima kiriman dari orang tua maupun pemasukan dari gaji bulanan, kamu pasti tahu jumlah nominal didapat setiap bulannya. Pastikan pengeluaran dalam satu bulan tidak melebihi pemasukan kamu.

Untuk itu, kamu perlu mencatat segala sesuatunya dengan baik. Mulailah dengan pengeluaran rutin setiap bulan, seperti membayar kos, listrik, pembelian air minum, makan sehari-hari, hingga paket data internet untuk mengerjakan tugas atau bekerja.

Jangan sampai ada satu pengeluaran yang luput dari pencatatan, ya. Sekecil apa pun pengeluaran harus masuk ke dalam buku catatan keuangan kamu. Tenang, sekarang sudah ada banyak aplikasi pencatatan keuangan yang bisa kamu dapatkan dengan gratis di smartphone. Silakan memanfaatkannya untuk mencatat keuangan selama satu bulan.

2. Menabunglah di awal bulan

Anak kos selalu identik dengan kondisi keuangan pas-pasan hingga sulit menyisihkan uang untuk menabung. Namun, hal itu sebenarnya bisa dihindari jika kamu menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung saat masih memiliki uang. Sisihkan sebagian uang saat kamu baru mendapatkan kiriman dari orang tua atau menerima gaji bulanan untuk dimasukkan dalam celengan atau kotak penyimpanan lainnya.

Tidak usah terlalu banyak, kamu bisa menyisihkan Rp100—Rp200 ribu saja setiap bulannya dan sudah cukup. Jika mampu lebih dari itu, pastinya akan menjadi tabungan yang lebih baik. Namun, jangan terlalu memaksakan diri jika kamu tidak bisa menabung dengan angka sebesar itu.

Buat tujuan yang jelas untuk tabungan tersebut supaya kamu lebih semangat melakukannya. Misalnya, kamu bisa menyebutnya sebagai ‘tabungan untuk traveling bareng teman‘. Tabungan itu juga nantinya bisa kamu gunakan untuk kepentingan lain, sebagai tambahan biaya menikah misalnya. Asyik kan?

3. Lakukan belanja bulanan dengan tertib

Sebagai anak kos, kamu harus bisa membuat daftar belanja bulanan yang tertib. Jangan sampai ada pengeluaran berlebihan untuk hal-hal tak penting.  Pastikan untuk mengalokasikan dana untuk belanja keperluan mandi, mencuci, dan bersih-bersih lainnya. Jangan lupa untuk menyiapkan persediaan makanan yang tahan lama dalam waktu-waktu tertentu.

Sebelum berbelanja, kamu perlu membuat daftar belanja bulanan. Hal ini perlu dilakukan supaya tidak ada barang yang terlupa. Daftar belanja bulanan ala anak kos ini juga bisa menghindarkan kamu dari barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan membuat pengeluaran membengkak.

4. Jangan tunda bayar tagihan

Tuntaskan semua kewajiban bulanan kamu tepat waktu. Jangan menunda pembayaran uang bulanan kos atau tagihan listrik. Menunda pembayaran berpotensi membuat dana khusus tersebut malah terpakai  untuk hal lain.

Beberapa tagihan bulanan juga bisa berbuntut denda akibat keterlambatan pembayaran. Nah, kamu tidak mau kan pengeluaran bertambah besar hanya untuk bayar denda? Jadi, segera bayarkan semua tagihan setelah kamu dapat pemasukan setiap bulannya.

5. Buat jatah pengeluaran harian

Menjadi anak kos bukan berarti tidak bisa bersenang-senang. Kamu sebenarnya masih bisa nongkrong sama teman, nonton bioskop, atau jajan makanan yang lagi hits di media sosial. Namun, kamu perlu membuat jatah pengeluaran harian dulu sebelumnya.

Sebagai contoh, kamu bisa bikin jatah pengeluaran harian sebesar Rp50.000. Jika kamu mengeluarkan uang lebih dari jatah yang sudah diatur sebelumnya, kurangi saja jatah pengeluaran pada hari berikutnya. Setiap selisih pengeluarannya nanti bisa kamu jadikan tambahan tabunganmu.

6. Bawa bekal sendiri

Beruntunglah jika kamu tinggal di sebuah kos yang menyediakan dapur umum. Jangan ragu memanfaatkan dapur tersebut untuk memasak. Cara ini bisa menghemat pengeluaran kamu setiap harinya.

Kamu juga wajib punya botol minum sendiri yang bisa dibawa ke mana pun. Membawa air minum sendiri bisa mengurangi pengeluaran membeli air minum kemasan saat kamu berada di luar.

Sekarang pun sudah banyak tempat-tempat umum yang menyediakan pengisian air minum secara gratis. Kamu bisa mengisi ulang botol minum kamu saat melewati tempat-tempat tersebut.

7. Bekerja paruh waktu

Mengatur keuangan tak hanya berkutat pada menghemat pengeluaran saja. Kamu juga perlu menambah pemasukan. Kamu bisa memilih pekerjaan paruh waktu untuk menambah pemasukan bulanan. Namun, kamu perlu mengatur pembagian waktu dengan baik agar tidak ada aktivitas lain yang terbengkalai.

Ada banyak peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa menjadi tutor bimbingan belajar, penyiar radio, atau penulis lepas di akhir pekan. Kamu juga bisa mulai bikin konten menarik untuk diunggah ke YouTube dan mendapatkan penghasilan dari AdSense.

Apa lagi sih, yang bisa dilakukan anak kos untuk mengatur keuangannya? Coba deh, mulai lebih selektif lagi dalam mencari barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari. Untuk paket dan kuota internet misalnya kamu bisa memilih tawaran dari smartfren.Akses internet yang stabil dengan jangkauan jaringan 4G di mana pun bisa kamu andalkan untuk menunjang berbagai aktivitasmu. Kuota besar dengan harga relatif terjangkau juga menjadi daya tarik dari paket istimewa smartfren. Tunggu apa lagi, temukan kartu perdana smartfren sekarang juga agar kamu bisa berselancar di dunia maya dengan nyaman.

Berita Lainnya

© Copyright 2021 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty