tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Tidak Boleh Asal, Ternyata Begini Cara Membuat CV yang Tepat

Sebagai salah satu dokumen penting, Curriculum Vitae (CV) harus dilampirkan menjadi satu dengan surat lamaran pekerjaan. Tujuannya adalah supaya perusahaan dapat dengan mudah mengetahui siapa pelamar di perusahaan, dan nantinya CV tersebut akan dijadikan sebagai acuan dalam wawancara. Nah, CV ini juga akan menjadi komponen utama yang dilihat oleh Human Resource Department (HRD). Tidak hanya isinya saja yang menjadi perhatian HRD dan tim rekrutmen, tapi juga keseluruhan dari CV termasuk tampilannya. Itulah mengapa kamu perlu memahami cara membuat CV yang tepat, supaya menghasilkan CV yang menarik. Dengan begitu, akan semakin besar peluang untuk mendapatkan panggilan wawancara dari HRD.

Selain cara membuat CV yang tepat, kamu juga perlu tahu bahwa ada beberapa faktor yang menentukan CV kamu dianggap layak untuk dipertimbangkan oleh tim rekrutmen. 

Komponen CV yang Harus Diperhatikan

cara membuat cv
  1. Personal Statement. Buatlah personal statement pada bagian atas CV. Deskripsikan diri kamu secara singkat mengenai apa minat terbesar, serta kemampuan dalam bidang dan industri yang ingin dilamar. 
  2. Informasi pendukung. Perhatikan posisi dan pekerjaan yang ingin dilamar, lalu pilih kemampuan dan pencapaian yang sekiranya dibutuhkan untuk posisi dan pekerjaan tersebut.
  3. Ukuran kemampuan dan pencapaian. Kamu perlu mengukur secara konkret pencapaian apa saja yang telah diraih, dan kemampuan dalam setiap pengalaman yang dicantumkan.
  4. Jumlah halaman. Hindari membuat CV yang terlalu panjang berlembar-lembar, tapi maksimal 2 halaman saja.
  5. Desain CV. Desain CV haruslah clean dan profesional. Hal ini sangat penting, karena desain yang lega dan bersih akan membuat CV terlihat lebih menarik. Pilihlah desain yang simple tapi elegan, jangan terlalu penuh dengan warna dan gambar. 
  6. Kesesuaian CV dengan tipe industri atau perusahaan yang dituju. Sebenarnya tidak ada aturan pasti bagaimana cara membuat CV. Tapi yang paling penting adalah kamu harus melakukan penyesuaian konten dan desain CV dengan karakter perusahaan yang dituju. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu.
  7. Foto yang profesional. Meskipun sebenarnya menampilkan foto dalam CV bukanlah suatu kewajiban, tapi boleh saja jika kamu mencantumkannya. Jika kamu tidak ingin mencantumkan foto resmi dengan background merah atau biru, kamu bisa menggunakan foto casual dengan wajah yang tetap terlihat jelas dan tidak menggunakan filter tambahan. 
  8. Penggunaan bahasa. Pastikan kamu menggunakan bahasa dan istilah yang mudah dimengerti. Untuk mendeskripsikan sesuatu, sangat dianjurkan untuk menggunakan kata-kata yang profesional, tetapi dituliskan dalam kalimat yang sederhana.

Cara Membuat CV Secara Online

cara membuat cv

Supaya lebih mudah, kamu juga bisa membuat CV secara online. Ada aplikasi yang bisa digunakan secara gratis. Berikut ini rekomendasinya:

1.Canva 

Aplikasi ini memiliki beragam template yang bisa kamu pilih dan sesuai dengan CV yang kamu perlukan. Kamu bisa langsung membuat CV dengan membuat akun di laman canva.com. Jika sudah memiliki akun Canva, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pilih dari pustaka Canva atau melalui template-template CV yang telah disediakan. Atau kamu juga bisa desain dari awal dengan template A4 kosong.
  • Klik kotak teks untuk menambahkan pengalaman profesional yang pernah kamu miliki dengan mudah pada template yang telah tersedia.
  • Jangan lupa sesuaikan warna, font, dan tata letak sesuai kebutuhan.
  • Setelah selesai, kamu hanya perlu mengunduh CV lamaran kerja dalam format apapun sesuai yang kamu butuhkan, lalu sematkan secara online atau cetak. 

2. Kickresume

Kickresume ini adalah salah satu aplikasi untuk membuat CV dengan berbagai desain yang unik dan menarik. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis dan tanpa membuat akun pun bisa. Untuk pemula, kickresume sangat direkomendasikan karena tools-nya yang sangat mudah dipahami. Pada aplikasi Kickresume ini, tersedia fitur grammar checker yang bisa memudahkan kamu jika ingin membuat CV dalam Bahasa Inggris. Selain itu, kamu bisa menyesuaikan CV dengan background dan pekerjaan yang kamu lamar. Cara membuat CV melalui aplikasi ini adalah:

  • Kunjungi laman kickresume.com.
  • Lalu isi data diri secara lengkap. 
  • Apabila data sudah terisi dengan lengkap, maka kamu bisa langsung mengunduh CV dalam bentuk PDF.

3. CVMaker

Cara membuat CV secara online selanjutnya CV Maker. Tidak perlu mendaftar dengan akun baru untuk login, kamu bisa memulai login dengan akun Facebook lho. Kamu bisa menikmati beragam template yang telah disediakan oleh CV Maker. Situs yang satu ini terkenal lebih mudah dibanding situs-situs yang lain. CV Maker bisa menyimpan CV dalam format PDF, HTML, hingga TXT. Langkah-langkahnya adalah:

  • Login ke situs cvmkr.com atau kamu bisa login dengan akun Facebook.
  • Kemudian kamu pilih create CV.
  • Buatlah CV sesuai kreativitasmu.
  • Setelah selesai, kamu bisa langsung mengunduhnya. 

Baca juga: 8 Cara Mudah Aktivasi modem smartfren 

Jangan lupa double check saat membuat CV secara online!

Menurut survei yang dilakukan di Amerika pada 2016 lalu, hampir 60% lamaran pekerjaan yang dibaca oleh HRD maupun tim rekrutmen mengandung kesalahan penulisan (typo). Selain mengurangi profesionalitas, typo juga bisa menyebabkan kesalahan fatal lain seperti kesalahan informasi, atau bahkan lamaran kamu tidak terkirim ke penerima yang ditujukan.

Dapatkan pengalaman terbaik dalam mempraktekkan cara membuat CV secara online dengan layanan internet dari Smartfren. Dengan Smartfren, kamu akan mendapatkan koneksi internet yang stabil. Smartfren juga memiliki jangkauan full 4G di manapun. Dengan begitu, membuat CV secara online tidak akan terganggu. Ada banyak sekali pilihan paket internet yang ditawarkan oleh Smartfren. Tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Jadikan Smartfren sebagai sahabat terbaikmu, dan nikmati penawaran istimewanya! Temukan berbagai produk Smartfren, di sini.

Berita Lainnya

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty