tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Wajib Dicoba! 5 Cara Menghemat Baterai HP Agar Tidak Boros

Siapa yang tak jengkel, jika HP tiba-tiba mati karena kehabisan baterai. Melihat mobilitas penggunaan HP yang semakin meningkat, sebaiknya kamu mengetahui cara menghemat baterai HP agar tidak boros. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah jangan menggunakan HP saat sedang mengisi daya. Pasalnya, menggunakan HP saat sedang mengisi daya dapat meningkatkan temperatur pada baterai. Kemudian, temperatur akan berpengaruh terhadap daya hidup baterai, sehingga apabila temperatur tinggi maka akan meningkatkan tekanan pada baterai dan membuatnya kehilangan efektivitas lebih cepat. 

Untuk itu, sangat penting menahan diri untuk tidak memainkan HP saat sedang mengisi daya. Selain itu, temperatur HP juga bisa naik ketika kamu menaruh HP di bawah bantal atau material isolator lain saat sedang mengisi daya, meletakkan HP di dasbor mobil saat panas, serta meletakkan HP yang sedang diisi daya di atas mesin ataupun alat elektronik lainnya. Jadi, perhatikan hal ini baik-baik, ya

Kenapa Baterai HP Cepat Habis? 

cara menghemat baterai

Banyak orang yang beranggapan bahwa baterai HP cepat habis karena mengisi daya baterai semalaman. Padahal, hal tersebut kemungkinan sudah tidak berlaku untuk sebagian besar HP, mengingat saat ini kebanyakan HP sudah dibekali sistem yang akan menghentikan daya listrik secara otomatis ketika baterai telah terisi penuh. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan cara agar baterai HP awet dengan menjaga siklus pengisian daya secara teratur. Maksudnya, kamu bisa mengisi daya HP saat baterainya sudah 40% dan cabut kabel charger ketika baterai sudah terisi sekitar 80%. Selain sebagai cara agar baterai HP awet, cara ini juga berguna untuk menjaga siklus baterai HP agar tidak merusak sistem di dalamnya.

Cara Menghemat Baterai HP

Ada beberapa langkah mudah yang dapat diterapkan agar baterai HP Android milikmu bisa bertahan lebih lama. Berikut ini adalah cara hemat baterai HP yang perlu kamu praktikkan. 

1. Aktifkan Dark Mode

Sebagian besar dari HP Android telah dibekali dengan fitur mode gelap (Dark Mode). Selain nyaman di mata, mode ini ternyata juga bisa menghemat daya baterai, khususnya pada HP Android dengan layar OLED. Pada layar OLED, piksel akan mati jika menampilkan warna hitam, sehingga hal ini dapat membuat baterai menjadi tahan lama. Agar lebih efektif, kamu juga dapat mengaktifkan Dark Mode di berbagai aplikasi lain seperti di Instagram, WhatsApp, dan juga YouTube.

2. Matikan Fitur GPS

Seperti yang telah diketahui, bahwa fitur GPS memiliki kemampuan untuk melacak lokasi secara real-time. Namun, jika diaktifkan secara terus-menerus, fitur ini nyatanya dapat menguras daya baterai HP. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu hanya mengaktifkan fitur GPS jika kamu memang sedang benar-benar membutuhkannya, seperti ketika sedang mencari rute ke suatu lokasi. Untuk dapat menonaktifkan fitur ini, kamu bisa langsung pergi ke menu Settings, lalu pilih Location dan geser toggle Location Service. Fitur GPS juga dapat dimatikan dengan memilih opsi yang ada di menu-bar yang terletak di halaman utama HP.

3. Selalu Gunakan WiFi

Data seluler yang aktif secara terus-menerus juga dapat mempercepat konsumsi daya baterai HP Android. Cara menghemat baterai HP selanjutnya adalah kamu dapat mematikan data seluler dan beralih menggunakan koneksi WiFi. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur Airplane Mode untuk lebih mengoptimalkan penggunaan baterai. Meskipun demikian, fitur Airplane Mode ini akan menonaktifkan layanan provider sehingga HP tidak dapat menerima panggilan maupun SMS.

4. Hindari Widgets dan Wallpaper Bergerak

Live Wallpaper memang terlihat menarik karena mampu menampilkan animasi bergerak. Namun, pemakaian fitur ini sebaiknya dihindari jika kamu ingin baterai HP lebih awet. Selain itu, fitur Widget yang hadir di layar homescreen juga bisa berpotensi meningkatkan konsumsi daya baterai. Maka dari itu, periksalah widget mana yang tidak terlalu dibutuhkan, lalu segera nonaktifkan. Langkah ini bisa membantu kamu dalam menghemat pemakaian baterai HP. 

5. Aktifkan Power Saving Mode

Jika baterai HP Android berada dalam keadaan kritis, maka kamu dapat mengaktifkan Power Saving Mode. Mode khusus ini bisa memperpanjang pemakaian daya baterai dengan mengurangi pemakaian CPU, penggunaan jaringan, serta tingkat kecerahan layar. Hingga kini, beberapa vendor smartphone bahkan turut menyediakan Power Saving Mode tambahan yang bisa menghemat baterai lebih jauh lagi dengan mematikan hampir semua fungsi perangkat kecuali yang paling dasar, yaitu telepon dan SMS.

Baca juga: Mendambakan Internet Cepat? Coba Akali Pakai 7 Tips Ini

Apabila kamu sudah melakukan berbagai cara menghemat baterai HP seperti yang telah disebutkan di atas tetapi tetap saja baterainya boros, mungkin kamu bisa mendatangi service center dari merek HP yang kamu miliki untuk mengganti atau memperbaiki baterainya. Jika kamu sudah lelah melihat baterai HP yang boros dan sulit untuk diperbaiki, mungkin sudah saatnya kamu mengganti HP lama dengan HP baru yang memiliki spesifikasi dan kualitas baterai yang lebih baik?

Kalau urusan baterai HP sudah beres, kini saatnya memastikan internetmu terkoneksi pada jaringan full 4G dari Smartfren. Kamu bisa beli paket Unlimited Nonstop Smartfren, dan nikmati internetan sepuasnya sepanjang hari selama 24 jam bebas worry. Tunggu apa lagi? Aktifkan paket Smartfren-mu sekarang juga!

Berita Lainnya

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty