tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Mengenal Apa itu Preppy Style dan Tips Padu 5 Padan Gaya Terbaiknya

Kalau berbicara soal busana old fashion yang tengah jadi tren, tentu tidak akan lepas dari preppy style. Preppy style ini sebenarnya sempat populer di kalangan mahasiswa Inggris dan Amerika di era 60-an hingga 80-an, lho. Di Amerika, preppy style biasanya identik dengan A-line skirt, kemeja, dan blouse. Tidak hanya style casual, tapi preppy look juga sangat mudah dipadupadankan dengan outfit apapun. Gaya ini dapat membuat penampilanmu terkesan lebih rapi dan pastinya tetap stylish dan chic. Tapi, buat kamu yang ingin tampil ala preppy style harus pintar memadupadankan item fashion supaya penampilanmu tidak terkesan monoton.

Menilik Asal Usul Preppy Style

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa preppy style terinspirasi dari gaya pakaian mahasiswa Amerika di era tahun 60-an hingga 80-an. Para pelajar dari sekolah elit di New England banyak yang masuk ke sekolah khusus untuk mempersiapkan masuk ke universitas bergengsi seperti Ivy League. Gaya pelajar menengah ke atas tersebut yang selanjutnya menjadi perhatian dalam dunia fashion. Preppy sendiri diambil dari kata pre-college dan preparatory. 

Dilansir dari laman sammydvintage, Lisa Brinbach menuliskan ide untuk mengadopsi gaya preppy tersebut pada bukunya yang berjudul Official Preppy Handbook, terbit pada 1980. Lisa Brinbach menegaskan bahwa fashion preppy yang identik dengan busana formal atau seragam yang nyaman dan bisa digunakan untuk sehari-hari. Sesuai dengan latar belakangnya, fashion preppy melambangkan kecerdasan, prestisius, dan juga penuh keanggunan.

Preppy diibaratkan sebagai style “pemuda elit” yang sanggup membeli pakaian mahal dari bahan-bahan yang terbaik. Banyak dari mahasiswa universitas bergengsi seperti Harvard, Yale, hingga Princeton yang menggunakan gaya ini bahkan sejak tahun 1912. Keunikan lainnya adalah bahwa style ini pada tahun 1950-1980 banyak dipengaruhi oleh fashion sporty. Sehingga, gaya preppy banyak digunakan pada pakaian casual dan juga olahraga.  Olahraga yang sering dikaitkan dengan gaya ini adalah berkuda, berlayar, golf dan lain sebagainya.

Tips Padu Padan ala Preppy Style

preppy style

Untuk menciptakan tampilan ala preppy style, kamu bisa coba praktekkan tips mix and match di bawah ini:

1. Rok dan long outer

Padu padan rok yang berwarna netral atau bermotif kotak-kotak bisa memperkuat preppy looks kamu, lho. Memang ada banyak motif yang bisa dipilih, namun motif plaid biasanya paling banyak dipilih untuk style ini. Kamu bisa menambahkan long outer berwarna abu-abu dengan sneakers berwarna hitam putih. Agar menambah kesan mahasiswa, kamu juga bisa menjijing totebag bermuatan besar.

Sedangkan untuk hijabers, gaya yang satu ini akan memperlihatkan tampilan yang lebih anggun. Kamu bisa memilih long vest rajut bermotif, dan kenakan sebagai luaran kaos panjang warna hitammu. Jangan lupa padukan dengan rok warna coklat, dan ankle boots. Selain itu, kamu juga bisa mengenakan baret hat sebagai penunjang penampilanmu.

2. Tampil monokrom dengan warna hitam dan putih

Inspirasi gaya preppy look selanjutnya, kamu bisa memadupadankan crop top dengan rok mini berwarna hitam. Tak dapat dipungkiri, bahwa monokrom memang selalu keren! Agar semakin stylish, kamu bisa menambahkan blazer warna putih dan slip on berwarna hitam.

Sedangkan untuk hijabers, kalau ingin bergaya lebih simple, gaya yang satu ini bisa jadi pilihan. Padukan rompi rajut warna hitam putih dengan kemeja putih. Lalu untuk celananya paling gampang pakai saja jeans yang simple, modis, terlihat nyaman dan tetap rapi.

3. Tampil retro dengan crop sweater ala Taylor Swift

Salah satu selebriti yang paling terkenal dengan preppy style adalah Taylor Swift. Taylor Swift tampak bergaya preppy dengan mengenakan crop sweater warna kuning dan rok mini bernuansa mint-green. Tidak lupa juga menambahkan sepatu dengan warna orange soft yang dipadukan dengan kacamata hitam serta tas berwarna abu-abu. Taylor Swift tampil bak retro dalam preppy look, meskipun permainan warnanya beragam tapi ia tetap chic dan trendy.

Sweater, vest rajut, dan outer memang berperan penting untuk membuat penampilanmu menjadi lebih preppy. Gaya ini cukup identik dengan paduan antara kemeja polos dan sweater atau vest yang berleher V, hingga outer lainnya. Bagi perempuan, penampilan preppy juga bisa didapatkan dengan menambahkan pita pada bagian depan kemeja.

Tampilan preppy lainnya bisa berupa padu padan turtleneck atau kaos dengan blazer atau outer yang berwarna netral seperti hitam, putih, atau coklat. Tentunya dengan pakaian seperti itu akan membuat kesan formal dan sangat elegan. Untuk menambah warna supaya tidak terkesan monoton, kamu bisa memasukkan warna yang  bold sebagai hint dalam tampilanmu.

4. Cute dengan padu padan oversize shirt dan legging

Untuk kamu yang ingin bergaya preppy dengan tampilan yang manis, kamu bisa mencontek style ini. Perpaduan antara kemeja dengan sweatshirt sebagai atasan, lalu tambahan jaket.  Agar terkesan lebih cute, kamu bisa menambahkan legging atau stocking. Sebagai pelengkap, kamu bisa memakai flat shoes atau boots sebagai alas kaki.

Sementara untuk gaya hijab, gaya yang satu ini akan mengesankan khas oversize style. Pilihlah rompi rajut warna coklat yang cukup panjang dan oversize, kemudian padukan dengan rok warna krem atau warna netral lainnya. Jangan lupa kenakan heels warna hitam agar lebih on point!

5. Gunakan sepatu yang terkesan formal namun tetap nyaman

Kamu bisa menggunakan sepatu model loafers untuk kesan preppy yang formal dan elegan, namun tetap santai. Atau bisa juga menggunakan sepatu oxford yang membuat kesan rapi dan formal. Pastikan kamu menggunakan sepatu yang berwarna soft, ya.

Baca juga: Meski Simple, Trend Fashion Hijab Ini Bisa Bikin Tampilanmu Menawan

Sebenarnya preppy style bisa diartikan lebih dari sekadar fashion, namun juga gaya hidup. Gaya hidup preppy mengharuskan kamu untuk hidup berpendidikan, sopan, dan juga tepat waktu. Diibaratkan, sikap dan pakaian yang akan berbicara mengenai status kamu. Gimana, tertarik untuk tampil ala preppy style? Kamu bisa mulai berburu fashion items di marketplace kesayangan. Tapi sebelum itu, beli paket internet Smartfren dulu!Dengan layanan internet dari Smartfren, kamu bisa akses internet dengan jaringan full 4G setiap saat. Temukan penawaran terbaik dari Smartfren sekarang juga!

Berita Lainnya

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty