5 Ciri Penipuan Toko Online di Instagram yang Perlu Diwaspadai

Tingginya transaksi belanja turut memicu kemunculan banyak toko online penipu di Instagram. Agar terhindar dari tindak penipuan, ada baiknya Kamu lebih berhati-hati dalam memilih akun seller yang ada. Nah, berikut ini tanda-tanda toko online palsu di Instagram yang patut diwaspadai.

1. Feed Mencurigakan

Akun seller yang kerap melakukan penipuan biasanya tidak terlalu memerhatikan tampilan keseluruhan akun. Indikasinya bisa terlihat dari kualitas foto yang buruk dan tidak beraturan. Ada juga akun penipu yang biasanya mengambil foto dari feed akun lain. Pastikan seller pilihanmu memiliki feed buatan sendiri dan kualitas yang baik.

2. Kolom Komentar Tidak Aktif

Akun seller penipu biasanya enggan mengaktifkan kolom komentar. Ini mereka lakukan untuk menghindari interaksi berlebihan dari para konsumen. Calon pembeli juga tidak bisa melihat keluhan atau komentar buruk dari konsumen lain. Nah, ada baiknya kamu menghindari akun media sosial seller yang seperti ini, ya!

3. Followers Palsu

Akun online shop yang punya followers puluhan atau ratusan ribu itu belum tentu bisa dipercaya. Periksa lebih dulu apakah jumlah pengikut akun tersebut sebanding dengan jumlah like dan comment-nya. Jika jumlah follower-nya lebih banyak daripada jumlah interaksi konsumen di berbagai feed, bisa dibilang akun ini mencurigakan.

4. Harga Tidak Masuk Akal

Periksa lebih dulu harga yang ditawarkan di akun itu dengan harga retail sesungguhnya. Kalau selisih harganya sangat jauh (lebih murah di toko online), besar kemungkinannya itu barang palsu atau replika. Barang seperti itu biasanya memiliki kualitas yang buruk. Buat apa keluar uang kalau harus berbuntut sial?

5. Sering Berganti Nama

Kamu bisa hindari modus penipuan seperti ini dengan klik tiga titik di pojok kanan atas akun tersebut, kemudian pilih “Tentang Akun Ini” lalu klik “Nama Pengguna Sebelumnya.” Dari situ, kamu biasa menyelidiki akun seller. Biasanya, penjual yang mencurigakan kerap bergonta-ganti nama akun dengan layanan atau penjualan produk yang nyaris serupa.

Belanja online di Instagram aman dan nyaman dengan smartfren

Nah, itu dia 5 ciri toko online palsu di Instagram yang patut diwaspadai. Kalau Kamu mau belanja online, coba deh gunakan layanan smartfren. Kamu nggak perlu khawatir boros kuota saat scrolling Instagram berjam-jam buat riset online shop yang trusted dan pilih-pilih produk yang mau dibeli. Yuk, cobain smartfren sekarang!

Berita Lainnya

© Copyright 2021 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty