tag-loc
Download aplikasi mySF dan dapatkan lebih banyak hadiah WOW!
DOWNLOAD

Kenali 5 Modus Penipuan Toko Online Palsu Yang Sering Terjadi

Maraknya transaksi dagang online memicu munculnya modus penipuan yang lebih berkembang. Beberapa toko online palsu hadir di market place dan media sosial. Jika tidak berhati-hati, kamu bisa saja mengalami kerugian akibat salah bertransaksi. Apa saja hal yang perlu diperhatikan agar tidak tertipu dalam perdagangan online?  Simaklah tips mengenali modus penipuan toko online palsu berikut ini.

1. Modus penipuan toko online dengan menjual barang murah

Salah satu modus penipuan yang cukup sering dilakukan lewat toko online palsu adalah menjual barang dengan harga murah. Penawaran yang mereka berikan bahkan bisa mencapai hampir dari separuh dari harga barang di pasaran. Inilah alasan mengapa banyak konsumen dengan mudahnya tergiur. Biasanya, barang yang dijual adalah palsu atau memiliki kualitas lebih buruk daripada produk orisinal.

Agar kamu terhindar dari penipuan modus ini, ada baiknya untuk lebih teliti dalam mengamati dan menilai kualitas barang. Pastikan toko online yang dipilih punya sistem pengembalian barang agar kamu tidak mengalami kerugian setelah produk sampai ditanganmu.

2. Modus penipuan pencucian uang (money laundering)

Modus penipuan ini biasanya dilakukan oleh pihak ketiga yang berlaku layaknya seorang penjual. Penipu akan menghubungi korban pembeli dan penjual yang asli. Penipu akan menggiring konsumen untuk membayar transaksi kepada penjual asli, namun ia akan mengaku bahwa uang tersebut berasal darinya.

Pembeli akan mengalami kerugian karena sudah mengeluarkan uang, namun tidak mendapatkan barang. Penjual mendapatkan keuntungan karena barangnya sudah laku, dan penipu berhasil mendapatkan produk tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

3. Modus pencurian data lewat transaksi belanja

Berhati-hatilah dalam memberikan data pribadi atau foto selfie dengan kartu identitas. Modus ini biasanya dilakukan penipu yang menyamar sebagai pembeli terhadap pemilik usaha. Penipu biasanya berlagak berperan sebagai pembeli yang ingin melakukan membeli melalui toko online namun masih khawatir. Selanjutnya, penipu akan mengirimkan foto palsu dengan kartu identitas dan meminta penjual melakukan hal sama.

Setelah itu, penipu akan bertanya perihal OTP (One-Time Password) yang diterima penjual. Ini merupakan pertanda bahwa penipu sudah mencuri data identitas dan bermaksud membobol akun market place atau rekening penjual. Satu hal penting yang perlu kamu ingat, jangan pernah memberitahukan data pribadi atau OTP kepada orang yang tidak kamu kenal.

4. Modus penipuan lewat layanan Cash on Delivery (COD)

Layanan COD biasanya menjadi jaminan kepercayaan konsumen terhadap sebuah toko online. Akan tetapi, para penipu mulai memanfaatkannya sebagai salah satu modus operasinya. Tindak penipuan ini biasanya ditandai dengan kemunculan paket ‘misterius’ dengan sistem COD yang mengharuskan penerima membayar harga produk dan ongkos kirim kepada kurir usai menerima barang. Padahal si penerima atau orang lain yang tinggal serumah dengannya tidak memesan barang tersebut.

Untuk menghindari modus penipuan ini, ada baiknya kamu selalu teliti dengan setiap menerima barang dari transaksi online. Pastikan terlebih dahulu apakah orang-orang yang serumah denganmu benar-benar melakukan transaksi online atau tidak. 

5. Modus penipuan lewat biaya tambahan

Modus ini biasanya baru disadari ketika pembeli sudah membayar transaksi. Pihak penjual kemudian langsung menghubungi dan menyatakan bahwa biaya yang tercantum pada unggahan sudah tidak valid dan mengalami kenaikan. Pembeli mau tak mau membayar sisa kekurangan dari biaya yang sudah dibayarkan.

Kasus seperti ini masih diperdebatkan kebenarannya. Ada pihak penjual yang mengatakan bahwa hal ini merupakan ketidaksengajaan. Akan tetapi, ada juga pihak penjual yang memanfaatkan kondisi tersebut untuk menarik minat pembeli dan kemudian meminta tambahan biaya cukup besar.Nah, itulah cara mengenali modus penipuan toko online palsu yang harus kamu waspadai. Jangan sampai terjerat iming-iming harga murah namun malah berbuntut kerugian. Kalau kamu mencari hal yang lebih pasti, ikuti saja program SmartPoin dari smartfren. Kumpulkan dan tukarkan SmartPoin untuk mendapatkan beragam hadiah menarik. Mulai dari pulsa, paket data, hingga banyak program promosi lainnya, bisa kamu dapatkan dengan mudah. Jangan sampai kelewatan!

Berita Lainnya

© Copyright 2024 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty