Ingin Pindah Kerja Saat Pandemi? Simak dulu Tipsnya

Mengundurkan diri dari tempat kerja atau resign dan pindah ke kantor baru adalah hal yang lumrah terjadi di tengah dunia kerja. Motif pindah kerja ini ada bermacam-macam, tapi yang sering dikemukakan biasanya dua hal, ingin mencari tantangan baru atau ingin meningkatkan pendapatan bulanan. Nah, ada juga beberapa tips pindah kerja yang harus kamu perhatikan agar semua prosesnya berjalan lancar.

Tips Pindah Kerja Saat Pandemi

Di tengah kondisi pandemi seperti ini, resign dan pindah tempat kerja menjadi sebuah keputusan yang perlu dipertimbangkan masak-masak. Berikut ini adalah beberapa tips pindah kerja saat pandemi yang harus diperhatikan saat kamu ingin resign.

1. Waktu yang tepat

Resign bukan hanya sekadar memanfaatkan peluang yang ada, tapi juga soal memilih waktu yang tepat. Secara umum, ada dua periode yang biasa digunakan orang-orang untuk resign dan berpindah tempat kerja yang baru, yaitu momen setelah mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) dan saat awal tahun.

Momen setelah THR menjadi yang paling benar untuk dilakukan karena kondisi keuangan kamu seharusnya dalam kondisi yang baik. Sementara itu, pindah kerja pada awal tahun biasanya didasari pada keinginan untuk mencari situasi baru semata.

2. Dapat kerja dulu, baru resign

Mengundurkan diri sebelum mendapatkan pekerjaan baru sebenarnya bukan langkah yang tepat, apalagi di saat pandemi ini. Cobalah pikirkan matang-matang jika kamu ingin resign sebelum mendapatkan pekerjaan baru. Apalagi situasi dunia kerja saat ini tidak sedang menentu akibat pandemi yang berkepanjangan.

Telah memiliki pekerjaan baru sebelum resign bisa menghadirkan keamanan dan stabilitas keuangan kamu untuk masa sekarang dan di masa depan. Syukur-syukur jika di pekerjaan baru nanti kamu mengalami kenaikan gaji yang signifikan.

3. Teliti sebelum menerima tawaran baru

Meskipun dalam situasi yang tidak menentu, lowongan pekerjaan tentu saja masih terbuka meskipun mungkin tidak sebanyak seperti biasa. Bukan tidak mungkin ada beberapa perusahaan yang mengontak kamu secara langsung untuk menawarkan bekerja di tempat mereka.

Nah, sebelum memutuskan pindah cobalah untuk teliti terlebih dahulu tentang tawaran yang ditawarkan dan latar belakang perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk melihat berapa persen kenaikan gaji yang akan diterima dan benefit apa saja yang mereka tawarkan di luar gaji.

Setelah itu, coba teliti lebih jauh latar belakang perusahaan tersebut. Apakah performa mereka sedang dalam kondisi terbaik dan bisa bertahan dalam jangka waktu cukup lama? Percuma saja kamu menerima gaji lebih besar, tapi ternyata perusahaannya hanya berumur satu atau dua tahun. Ini adalah salah satu tips pindah kerja saat pandemi yang perlu kami ingat.

4. Persaingan di pasaran

Situasi pandemi juga menyebabkan angkatan kerja banyak yang masih menganggur. Hasilnya adalah permintaan akan pekerjaan jauh lebih besar dibandingkan dengan penawarannya sehingga persaingan para pencari kerja semakin ketat.

Oleh karena itu, kamu perlu melihat lagi industri pekerjaan yang sedang kamu geluti sekarang. Bagaimana situasi persaingannya di tengah pandemi seperti ini? Berdasarkan survei dari JobStreet, ada lima jenis pekerjaan yang paling diminati saat ini, yaitu administrasi, sales, akuntansi, teknik, dan teknologi informasi.

5. Kembangkan potensi diri

Jika memang kamu berniat untuk resign demi kehidupan yang lebih baik, ada baiknya kamu menggali potensi diri lebih dalam. Jangan malas untuk mengikuti kursus-kursus online dengan variasi skill yang berbeda-beda. Hal ini bisa membuat kamu punya nilai lebih dalam persaingan kerja nantinya.

Keputusan untuk pindah kerja di masa pandemi seperti ini memang jauh lebih menantang dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Namun, bukan berarti tidak layak untuk dicoba. Selain untuk menambah penghasilan, berkarya di tempat baru juga bisa mengasah kemampuan potensi kamu lebih dalam lagi.Nah, itulah tips pindah kerja di waktu pandemi yang perlu kamu perhatikan. Bagi yang tengah mencari kerja, kamu harus tetap bisa dihubungi kapan saja karena para recruiter di luar sana bisa menghubungi sewaktu-waktu. Oleh karena itu, smartphone kamu harus tetap dalam kondisi online selalu. Bagi pengguna smartfren, kamu bisa mengecek masa aktif kartu kamu dengan melakukan panggilan ke *999# atau dengan mengirimkan SMS ke 999 dengan menuliskan pesan “CEK”. Itu dia cara mengecek masa aktif kartu smartfren. Mudah sekali kan?

Berita Lainnya

© Copyright 2021 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty