7 Rekomendasi Aplikasi Kolaborasi Kerja Terbaik Saat WFH

Situasi pandemi membuat orang-orang beradaptasi agar tetap produktif meskipun kerja dari rumah. Selain koneksi internet yang stabil, bagi mereka yang work from home (WFH)juga perlu menggunakan bantuan aplikasi online collaboration agar koordinasi di antara rekan kerja bisa tetap terjalin.

Aplikasi ini bisa membantu agar progres pekerjaan setiap orang tetap bisa terpantau baik sehingga kinerja tim jadi lebih produktif. Yuk, simak rekomendasi aplikasi kerja di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Kolaborasi Kerja Terbaik

Bekerja dari rumah membuat komunikasi antara rekan satu tim menjadi faktor penting agar kerja bisa lebih efektif dan efisien. Saat ini tersedia banyak sekali aplikasi pendukung agar kolaborasi bisa tetap terjalin selama remote working atau WFH. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Slack

Bisa dibilang Slack menjadi aplikasi kolaborasi yang saat ini paling populer di dunia. Platform-nya dibangun sedemikian rupa sehingga bisa melakukan sinkronisasi dengan beberapa layanan lain dan juga tersedia dalam dua versi, yaitu mobile dan desktop. Hal yang paling berguna dari fungsi komunikasinya adalah kemampuan untuk mengatur percakapan ke dalam beberapa grup, bisa berupa grup yang spesifik ataupun grup yang lebih umum.

Menariknya lagi, Slack juga menyediakan layanan panggilan video sehingga penggunanya tidak perlu lagi berpindah program hanya untuk melakukan virtual meeting. Namun, Slack baru bisa berfungsi secara penuh jika pengguna menggunakannya yang versi premium.

2. Trello

Project management menjadi salah satu skill yang harus dimiliki oleh para supervisor atau manajer di mana pun. Nah, Trello menjadi salah satu aplikasi yang bisa memudahkan pekerjaan mengkoordinasikan beberapa pekerjaan hanya dari satu platform saja.

Cara menggunakannya pun sangat mudah dan intuitif. Pengguna bisa membuat beberapa board sekaligus dan menamakannya sesuai dengan project yang sedang dikerjakan. Untuk melibatkan rekan kerja, pengguna tinggal memasukkan siapa-siapa saja yang terlibat dalam project tersebut ke dalam board.

Selain itu, Trello juga bisa diintegrasikan dengan beberapa aplikasi lainnya, seperti GitHub, Google Drive, Slack, dan Evernote. Nilai plusnya lagi, Trello versi gratisnya sudah sangat membantu untuk menjalankan pekerjaan project management.

3. Asana

Layanan ini sudah tersedia sejak tahun 2008 lalu dan telah digunakan oleh beberapa perusahaan ternama seperti Uber, Intel, Pinterest, TED, dan yang lainnya. Asana dirancang untuk memudahkan memantau pekerjaan para karyawan untuk mencapai target yang disepakati bersama.

Pengguna bisa membuat daftar pekerjaan yang sedang dikerjakan, mengatur pengingat tenggat waktu, sampai mendelegasikan sebuah pekerjaan kepada kolega. Asana memudahkan semua pengaturan pekerjaan dan bisa memfasilitasi komunikasi secara langsung pada pekerjaan yang sedang dilaksanakan.

4. Flock

Aplikasi ini hadir sebagai alternatif lainnya dari Slack. Secara konsep hampir sama, yaitu difokuskan sebagai alat komunikasi yang juga bisa digunakan sebagai alat kolaborasi. Flock menyediakan layanan untuk percakapan secara pribadi ataupun dalam bentuk grup.

Pengguna bisa mencari sesuatu seperti pesan, file, tautan dengan mudah hanya dengan mencarinya dengan kata kunci yang disasar. Selain itu, Flock juga menghadirkan panggilan audio dan video, fitur berbagi layar, dan fitur produktivitas lainnya seperti pembuat polling, pengingat, sampai mendelegasikan tugas ke rekan kerja.

5. Podio

Podio hadir sebagai platform online yang fleksibel untuk bekerja dan berkomunikasi dalam satu tim. Fiturnya memudahkan pengguna untuk mendelegasikan pekerjaan yang telah didaftarkan di dalamnya. Sama seperti layanan serupa, Podio juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi file, melihat status pekerjaan yang sedang berjalan, dan mendapatkan umpan balik secara langsung dari anggota tim. Semua fitur ini hadir dengan tampilan antarmuka yang sangat bersahabat.

Menariknya lagi, Podio hadir dengan tampilan yang juga bersahabat pada versi mobile-nya sehingga memudahkan bagi para pengguna yang cara kerjanya lebih banyak menggunakan smartphone.

6. Monday

Salah satu hal paling menyulitkan untuk bisa memantau pekerjaan adalah banyaknya aplikasi yang harus dibuka hanya untuk melihat perkembangan sebuah project. Biasanya para pekerja harus menggunakan Slack, surel, Excel, dan yang lainnya. Namun, pengguna layanan Monday bisa mensinkronisasikan semua channel tersebut ke dalam satu platform saja.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan modifikasi di Monday tanpa harus memiliki kemampuan untuk coding. Dengan Monday ini pengguna bisa secara otomatis memasukkan data, membuat alur kerja, mendelegasikan tugas, dan memantau perkembangan sebuah pekerjaan dengan mudah.

7. ClickUp

Buat kamu yang mencari layanan kolaborasi gratis, ClickUp bisa jadi pilihan yang tepat. Layanan ini didukung dengan fitur yang sangat berguna untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan rekan kerja. Mulai dari fitur delegasi kerja, fitur chat, notifikasi, dan yang lainnya.

Untuk memudahkan pengerjaan sebuah dokumen, ClickUp memungkinkan pengguna meninggalkan komentar, melakukan delegasi, dan berkomunikasi dengan rekan kerja langsung dari dokumen yang sedang dibuka.

Fitur manajemennya juga mencakup daftar checklist, pengingat, mengurutkan pekerjaan berdasarkan prioritasnya sampai melakukan filter berdasarkan beberapa tipe.

Selain tujuh rekomendasi di atas, tentunya masih tersedia lebih banyak lagi layanan kolaborasi kerja yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kamu masing-masing. Untuk bisa menggunakannya, kamu membutuhkan koneksi internet yang bisa diandalkan dan kuota yang tidak mudah habis.Layanan smartfren bisa bantu memudahkanmu dalam akses 7 aplikasi kerja terbaik yang ada di atas. Kamu bisa dengan mudah mengetahui kuota smartfren dengan cara melakukan panggilan ke *995# atau dengan mengirimkan SMS ke 995 dengan mengetik “Cek.” Bagaimana? Mudah kan cara mengecek kuota smartfren?

Berita Lainnya

© Copyright 2021 smartfren. All Rights Reserved

SmartyChatBot
Chat with Smarty