Call Us +62 889 777 01 777
ID | EN

Call Us

+62 889 777 01 777

Beranda / Berita / Safeguarding Data In Google Cloud Platform by Using Backup and DR
Safeguarding Data In Google Cloud Platform by Using Backup and DR
03 Apr 2023

Dalam mengembangkan bisnis, penting untuk memperhatikan penyimpanan dan penyalinan data agar bisnis terus berkembang. Cara penyimpanan data selama ini masih tergantung dengan server tertentu di dalam satu organisasi, yang mana masih membutuhkan tenaga IT untuk memindahkan dan mengarsipkan data ke dalam piringan disket. Dengan cara ini, penyalinan dan pengarsipan data membutuhkan salinan berulang kali dan menghabiskan biaya besar. Pentingnya salinan data adalah untuk analisis, backup, pemulihan akibat serangan hacking, kerusakan dan keperluan lainnya.

Actifio hadir untuk membantu menjawab kekurangan tersebut dalam hal menyalin dan mengarsipkan data. Acitifio menggunakan teknologi virtualisasi dan perangkat lunak yang cerdas untuk dijalankan secara otomatis, terus menerus, membuat satu salinan data persis dari aplikasi produksi. Tetapi, per tanggal 24 Desember 2020, Actifio merupakan bagian dari Google Cloud.

Pencadangan dan DR adalah layanan di Google Cloud Platform untuk perlindungan data yang terpusat dan konsisten dengan aplikasi. Ini untuk pemulihan adalah komponen vital dalam rencana kelangsungan bisnis. Actifio merupakan platform yang menyediakan pencadangan, cloning, dan analitik untuk VM dan database local dengan memberikan RTO, RPO dan biaya yang rendah. Tetapi, semenjak tanggl 24 Desember 2020, Actifio merupakan bagian dari Google Cloud. Menurut Vice Precident dan General Manager Google Cloud, pengakuisisian ini menunjukkan Google Cloud untuk membantu perusahaan melindungi beban kerja di on-premise dan di cloud. Pelanggan Google Cloud akan terbantu dalam hal mencegah kehilangan data dan waktu karena ancaman eksternal, kegagalan jaringan, kesalah manusia, dan gangguan lainnya.

Dalam Google Cloud, service penyalinan data ini disebut Google Cloud Backup and Disaster Recovery (GCBDR). GCBDR adalah solusi pencadangan dan backup recovery yang handal dan terpusat untuk workloads berbasis cloud dan hybrid. GCBDR memungkinkan data pulih dengan cepat sehingga operasi bisnis dapat berjalan dengan cepat.

I.      CARA KERJA GOOGLE CLOUD BACKUP & DR

Google Cloud Backup and DR menyimpan data cadangan dalam format asli yang dapat dibaca oleh aplikasi, sehingga banyak beban kerja tersedia langsung dari penyimpanan cadangan jangka panjang tanpa perlu pergerakan atau terjemahan data yang memakan waktu. Setelah full backup terjadi, maka data backup selanjutnya terjadi secara incremental atau bertahap, memperbarui dan menyimpan data apapun yang telah berubah sejak pencadangan terakhir. Semua cadangan, termasuk aplikasi umum, VM VMware, VM Compute Engine, Database, dan sistem file di manage oleh console Google Cloud. Dengan begitu dapat mengerjakan backup secara banyak dan menghemat waktu untuk memanage rencana perlindungan data.

1)      Buat dan terapkan rencana cadangan

Setelah data di backup, gunakan Backup Plans tab di dalam management console untuk membuat aturan data-handling yang memanage aspek-aspek berikut:

·         Seberapa sering data aplikasi akan di backup

·         Seberapa lama cadanagn data aplikasi dipertahankan

·         Dimana dan bagaimana cadangan data aplikasi direplikasi

2)      Pulihkan data saat dibutuhkan

Setelah aplikasi membuat backup image berdasarkan backup plan yang telah dibuat, pulihkan data aplikasi dari gambar tersebut ke produksi kapan saja.

3)      Mengakses data yang telah di backup

Terdapat beberapa metode untuk mengakses data didalam produksi dan atau format penyimpanan lainnya yang dapat dipilih.

 

II.    KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN BACKUP & DR

Dalam Cloud Backup & DR terdapat beberapa keuntungan yang akan didapatkan customer :

1)      Mengelola pencadangan data dan memulihkan data dalam satu tempat

Dengan mengelola data dalam satu tempat dapat mengoptimalkan kinerja dan mengefisienkan waktu proses pencadangan data. Data juga dapat diatur dan dipulihkan di tempat yang sama dengan menggunakan console Google Cloud.

2)      Meminimalkan biaya seminimal mungkin

Google Cloud Backup & DR juga mengupayakan agar TCO bisa minimum atau total biaya kepemilikan untuk pencadangan data. Dengan menerapkan teknologi penyimpanan “incremental forever” untuk memastikan bahwa pembayaran sesuai dengan kebutuhan.

3)      Meminimalkan downtime berdasarkan permintaan

Dalam Google Cloud Backup & DR menawarkan Recovery Time Objective (RTO) dan Recovery Point Objective (RPO) yang rendah. Sehingga dalam mencadangkan dan data dengan cepat dalam operasi bisnis.

4)      Mengurangi space yang dibutuhkan untuk storing backups

Untuk menghindari penyimpanan data duplikat yang tidak perlu dan untuk menghemat ruang, maka diterapkan pendekatan “incremental-forever”. Pendekatan tersebut hanya akan menyimpan perubahan secara incremental, sehingga dapat menghemat storage dan biaya serta memulihkan data dengan cepat.

 

III.  FITUR BACKUP & DR

Selain keuntungan yang didapat dengan menggunakan Google Cloud Backup & DR,  mendukung customer dengan menyediakan dan meningkatkan fitur perlindungan layanan juga penting. Berikut layanan yang disediakan oleh GCBDR.

1)      “Incremental-forever” backups

2)      Instant mount and recovery

3)      Application-consistent database backups

4)      Reduced operational burden

5)      Broad database support

6)      Centralized management

7)      Plan-driven data management with automated retention

8)      Cross-region backups

9)      Flexible backup storage options

10)   Instant data access on-premises or in cloud

11)   Cross project recoveries

12)   Multi-region disaster recovery

13)   Virtual clones for test data management and ransomware recovery

14)   Data encryption in transit and at rest

 

IV. KOMPONEN BACKUP & DR SERVICE

Dalam arsitektur layanan Google Cloud Backup & DR melalui komponen berikut :

1)      Management console

Management console bertugas sebagai alat kontrol manajemen untuk pencadangan atau pemulihan data.

2)      Backup/recovery appliances

Backup/recovery appliances berfungsi untuk menangkap, memindahkan dan mengelola siklus hidup (lifecycle) dari data yang telah di backup di dalam perusahaan.

3)      Backup and DR agents

Backup and DR agents merupakan perangkat lunak untuk secara efisien menangkap data dari aplikasi produksi secara bertahap dan selamanya dan memberikan kesadaran aplikasi pada saat pemulihan data. Agents ini diinstall pada host aplikasi.

 

V.   TIPE STORAGE DI GOOGLE CLOUD BACKUP & DR

Data yang telah di backup disimpan didalam kumpulan snapshot local. Data tersebut dapat disalin ke storage dengan tujuan untuk penyimpanan jangka panjang. Dalam Google Cloud menawarkan jenis penyimpanan storage :

1)      Minimal capacity persistent disk

Gunakan jenis penyimpanan ini jika hanya ingin melindungi VM Compute Engine. Cadangan disimpan sebagai snapshot persistent disk asli dan tidak menggunakan penyimpanan local.

2)      Standard persistent disk

Jenis penyimpanan ini menawarkan storage block yang efisien, dimulai dengan persistent disk 4 TB. Ini direkomendasikan untuk VM VMWare Engine dan database atau aplikasi sistem file dengan I/O menengah ke atas.

3)      SSD persistent disk

Jenis penyimpanan ini menawarkan block storage yang cepat, dimulai dengan disk persistent 4 TB. Penggunaan storage ini disarankan untuk VM Google Cloud VMware Engine dan aplikasi sistem file atau database dengan I/O yang sangat tinggi.

 

Share This News
Related News
newimage
20 Oct

Kolaborasi Smartfren for Business dan Vonage Berikan Solusi Interaksi Bisnis dengan Pelanggan

newimage
12 Apr

Empower Your Digital Transformation with Google Cloud VMware Engine Solution

newimage
03 Apr

Safeguarding Data In Google Cloud Platform by Using Backup and DR

newimage
31 Mar

Understanding Stratozone's Workload Assessment Process