Call Us +62 889 777 01 777
ID | EN

Call Us

+62 889 777 01 777

Beranda / Berita / Alasan Banyak Perusahaan Beralih ke SD-WAN
Alasan Banyak Perusahaan Beralih ke SD-WAN
01 Mar 2022

WAN (Wide Area Network) tradisional telah lama menjadi pilihan dalam menghubungkan jaringan di perusahaan. Akan tetapi, meningkatnya penggunaan cloud atau cloud-centric Iistructure dalam beberapa tahun ke belakang membuat penggunaan WAN tradisional dinilai tidak lagi efektif karena membutuhkan biaya pengelolaan yang lebih mahal. Itulah sebabnya saat ini banyak perusahaan mulai beralih ke SD-WAN yang menawarkan biaya lebih murah namun keamanan data tinggi.

Apa yang dimaksud SD-WAN?

SD-WAN (Software Defined Wide Are Network) merupakan pengelolaan jaringan dengan memanfaatkan software (perangkat lunak) untuk mengarahkan lalu lintas data di perusahaan. Teknologi ini didukung oleh NGFW (Next Generation Firewall) yang dapat mendeteksi malware, mengenali aplikasi, mencegah intrusi, dan melindungi data dari virus.

Tak hanya itu, SD-WAN juga disokong dengan IPsec dan VPN. Kedua teknologi ini dapat membantu perusahaan menghindari gangguan ketika pengiriman data sedang dilakukan. Dengan begitu, SD-WAN membantu perusahaan mengelola jaringan dan memonitor traffic di perusahaan secara terupusat dan tanpa terkendala apa pun.

Apa saja keunggulan SD-WAN?

1.     Hemat biaya

Seperti yang sudah disebutkan di atas, biaya pengelolaan SD-WAN cenderung lebih murah daripada WAN tradisional. Hal ini memungkinkan lantaran SD-WAN tidak membutuhkan biaya investasi di muka serta memiliki konektivitas yang lebih sederhana. Sehingga, mengoptimalkan penggunaan fitur SaaS di dalam perusahaan bisa dengan biaya yang lebih hemat. Bahkan, perusahaan bisa mengelola jaringan WAN era selanjutnya seperti MPLS, LTE, internet broadband, dan lainnya.

2.     Fleksibel

Dukungan IPsec dan VPN tentu saja meningkatkan kinerja layanan pengelolaan jaringan ini. Sehingga, SD-WAN memungkinkan perusahaan untuk membuka jaringan baru tanpa mengganggu keamanan dan privasi data perusahaan. Tak hanya itu, layanan ini juga dapat membantu perusahaan melindungi aset-aset pentingnya saat diakses oleh berbagai pihak, seperti atasan, karyawan, vendor, pengunjung, dan lainnya.

3.     Aman

IPsec adalah rangkaian protokol jaringan aman yang mengotentikasi, mengintegrasikan, dan menyediakan privasi data antara dua entitas IP (protokol internet). Sementara itu, VPN (Virtual Network Protocol) dapat memungkinkan perusahaan untuk memperluas jaringan pribadinya melalui terowongan aman ke seluruh jaringan publik. Penggunaan kedua teknologi ini pada SD-WAN membuat jaringan perusahaan mampu melindungi data-data dari virus maupun malware.

4.     Bandwidth tinggi

SD-WAN didukung dengan high bandwidth. Layanan ini memungkinkan perusahaan mengirimkan data dalam jumlah besar secara bersamaan tanpa adanya gangguan dari pihak lain.

5.     Sederhana

Penggunaan perangkat lunak pada SD-WAN dimaksudkan untuk menyederhanakan infrastruktur WAN tradisional serta mengumpulkan banyak koneksi demi meningkatkan kinerja jaringan perusahaan. Dengan begitu, SD-WAN dapat membantu perusahaan untuk mengatasi masalah downtime yang dapat menghambat aktivitas perusahaan.

Gunakan SD-WAN dari Smarfren Business

Sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terdepan di Indonesia, Smartfren Business turut menyediakan teknologi SD-WAN dalam layanannya Managed SD-WAN untuk memenuhi seluruh kebutuhan Anda.

Share This News
Related News
newimage
20 Oct

Kolaborasi Smartfren for Business dan Vonage Berikan Solusi Interaksi Bisnis dengan Pelanggan

newimage
12 Apr

Empower Your Digital Transformation with Google Cloud VMware Engine Solution

newimage
03 Apr

Safeguarding Data In Google Cloud Platform by Using Backup and DR

newimage
31 Mar

Understanding Stratozone's Workload Assessment Process